Bersuara Adalah Kewajiban

Dewasa ini banyak hal/sesuatu yang saya rasa tidak wajar diwajibkan — di negara bebas khususnya di negara-negara Eropa, kebebasan merupakan sesuatu yang sudah biasa dilakukan. Seperti membebaskan hak masyarakatnya untuk melakukan sesuatu. Namun, menurut saya, bersuara pada pemilihan umum atau referendum seharusnya wajib. Di negara demokrasi, semua orang seharusnya berpartisipasi dalam proses demokrasinya supaya hasil pemilihan/referendum benar-benar mencerminkan keinginan masyarakat.

Dapatkah sistem demokrasi disebut efektif kalau tidak semua orang bersuara? Di negara asal saya, UK, masyarakat tidak wajib bersuara pada pemilihan umum atau referendum dan sebenarnya jumlah orang yang tidak bersuara relatif tinggi. Sebagai contoh, pada referendum ‘Brexit’ beberapa bulan lalu, hanya 72% dari masyarakat UK bersuara. Lebih parah lagi, pada pemilihan umum (tahun kemarin), hanya 66% dari masyarakat UK bersuara. Artinya hasil pemilihan/referendum hanya mencerminkan pandangan/keinginan separuh masyarakat (bukan seluruh masyarakat).

Dengan demikian ada kesenjangan antara persentase masyarakat yang akan merasakan efek dari ‘Brexit’ atau pemilihan umum (yaitu 100%), dan persentase masyarakat yang bersuara untuk menentukan hasilnya. Menurut saya itu sangat aneh dan juga sangat mengkhawatirkan. Bayangkan kalau 100% dari masyarakat UK menyertakan suaranya pada referendum ‘Brexit’ atau pemilihan umum pada saat itu. Kalaupun hasilnya tetap sama, setidaknya ia bisa dikatakan mencerminkan keinginan masyarakat. Itu merupakan prinsip dasar sistem demokrasi ‘kan?


Bersuara pada pemilihan atau referendum bukan hanya hak melainkan kewajiban. Menurut saya kita berkewajiban berpartisipasi dalam proses demokrasi supaya hasil pemilihan atau referendum benar-benar mencerminkan keinginan dan kebutuhan masyarakat. Sistem demokrasi memang tidak sempurna karena partai/calon/opsi yang terpilih itu yang didukung mayoritas, bukan 100% dari masyarakat. Namun, menurut saya, lebih baik merasa kecewa karena partai/calon yang anda pilih pada akhirnya tidak berhasil daripada tidak bersuara sama sekali.