Malu Tapi Mau, Akhirnya Reza Rahadian Kecup Bibir Chelsea Islan Dalam Teater ‘Bunga Penutup Abadi’ !

Sedangkan untuk Reza Rahadian sendiri adalah sosok pribumi kelas menengah namun dirinya terpelajar. Reza dan Chelsea pertama saling kenal lantaran dirinya diajak berkunjung ke kediaman Chelsea oleh seorang sahabat dan kemudian sang sahabatnya tersebut meninggalkan Reza Rahadian sendiri dirumah tersebut.

Semua kisah tersebut ada dalam sebuah teater yang bertajuk Bunga Penutup Abad yang digelar di Gedung Kesenian Jakarta, pada Rabu, 24 Agustus 2016 malam. Bunga Penutup Abad sendiri diilhami dari novel Bumi Manusia dan Anak Semua Bangsa milik Pramoedya Ananta Tour.

Teater yang berdurasi sekitar 120 menit ini dibuat untuk mengenang 10 tahun meninggalnya sang sastrawan Tanah Air. Teater tersebut disutradarai oleh Wawan Sofwan, dan diperankan oleh Happy Salma, Reza Rahadian, Chelsea Islan dan Lukman Sardi.

Pada saat sang ibundanya keluar, akhirnya kepanikan Reza hilang lantaran Chelsea Islan tidak memberitahu kepada sang ibunda, kalau dirinya telah berhasil dicium oleh seorang pria diddepannya. Kepada sang ibunda, Chelsea hanya mengakui, kalau dirinya hanya di puji oleh Reza Rahadian.

Inilah dialog sang ibunda Chelsea karena mendapatkan pangeduan dari Chelsea, “Berani kamu memuji wanita Indo?,” tanya sang ibu kepada Reza Rahadian. Sambil menunduk, Reza Rahadian mengatakan. “Kami diajarkan untuk jujur kepada siapa pun,” jawab Reza Rahadian. Jawaban Reza Rahadian membuat ibunda Chelsea Islan senang.

Seperti diketahui, ibunda dari Chelsea Islan sendiri merupakan seorang wanita yang sangat tegar namun rapuh. Sementara itu, Chelsea sendiri terlahir dari rahim sang ibu karena pernikahan tidak sah dengan seorang pria asal Belanda. Ketika kecil, ibunda Chelsea Islan dijual kepada pria Belanda oleh orang tuanya.

Bahkan beberapa waktu lalu Reza Rahadian telah berani mencium wanita berdarah Indo Belanda tersebut. Namun pada saat akan dicium, Chelsea Islan berteriak memanggil ibundanya, karena hal itulah yang membuat Reza panik bukan kepayang.

Siapa yang tidak mengenal aktor top Indonesia tahun ini, yaa dia adalah Reza Rahadian. Seperti diketahui sampai saat ini banyak kabar yang memberitakan akan kisah asmara Reza Rahadian dengan rekan sesama aktrisnya, Chelsea Islan.

Adegan itu terungkap saat Minke bertamu ke rumah Annelies. Dia memuja kecantikan paras wanita yang ditaksirnya itu dan mendaratkan ciuman di pipinya. Kisah asmara yang ditampilkan karakter Minke dan Annelies menghiasi prahara kisah keluarga Nyai Ontosoroh. Kisah ketiganya terungkap dalam lembar nostalgia lewat surat-surat yang dikirim pegawainya saat mendampingi Annelies ke Belanda.

Berkat keterlibatan Reza Rahadian dan pemain lain, penjualan tiket Bunga Penutup Abad begitu laris. Awalnya teater ini dijadwalkan digelar di Gedung Kesenian Jakarta pada 25–26 Agustus, tapi jadwal diperpanjang sampai 27 Agustus.

Hal ini menjadi penyemangat dan memberi motivasi sendiri bagi aktor peraih gelar Pemeran Utama Pria Terbaik dalam Festival Film Indonesia 2013 tersebut. “Belum pentas ya, jadi kita lihat nanti saja (ketagihan main teater). Ini saja sampai nambah hari, hahaha . Tapi yang jelas, kalau buat saya yang mendorong semangat adalah saya tidak mau mengecewakan orang yang sudah borong tiket. Itu salah satu booster saya.

Saya tidak boleh mengecewakan banyak orang kalau saya jelek,” ungkapnya. Teater Bunga Penutup Abad diangkat dari novel karya Pramoedya Ananta Toer berjudul Bumi Manusia dan Anak Semua Bangsa .

Naskah Bunga Penutup Abad sudah digarap sejak setahun lalu dan mengalami pengubahan sampai 10 kali. Ceritanya mengambil sudut pandang kisah cinta melalui surat-surat. Bunga Penutup Abad menjadi semacam transisi antara Bumi Manusia dan Anak Semua Bangsa.

Saya sama Lukman dan Chelsea rasanya panggung bukan sesuatu yang biasa, lebih sering di film. Jadi buat kami, ini sesuatu yang excited (dan) baru,” ucap Reza. Aktor kelahiran Bogor, 5 Maret 1987, ini pun mengatakan, keterlibatannya dalam panggung teater kali ini ingin menunjukkan bahwa seorang aktor bisa bermain di tempat lain. Karena itu, dia tertarik untuk bisa berdiri di panggung.

“Saya harap mudah-mudahan selain teater bisa kembali diminati banyak orang, juga ada aktor dan aktris kita mau mencoba teater. Kalau ramai pasti akan makin diminati masyarakat dan temanteman aktor-aktris lain yang terlibat di TV dan film mau juga terlibat dalam pentas teater,” tuturnya.

Salah satu bukti totalitas yang ditunjukkan seluruh pemain dalam panggung teater ini, ada sebuah adegan kejutan yang diberikan dari chemistry yang terbangun sangat baik antara Reza Rahadian (Minke) dan Chelsea Islan (Annelies), yaitu sebuah kecupan yang didaratkan Reza ke pipi dan bibir Chelsea Islan.

“Latihan, misalnya, setiap hari harusnya saya latihan. Tapi di tengah ada jadwal lain yang saya harus kerjakan, tiga jam itu biasanya pagi kita kasih buat latihan. Proses latihan dari Mei. Kalau enggak ketemu Chelsea, saya latihan sama Kang Wawan. Begitu juga sebaliknya, pokoknya jangan sampai putus.

Saya deg degan banget karena sudah lama nggak naik panggung teater, saya tahu ini live dan monolognya banyak sekali,” ujar Reza Rahardian kepada KORAN SINDO seusai geladi bersih Bunga Penutup Abad di Gedung Kesenian Jakarta, Rabu (24/8) malam.

Bergabung di pentas teater menjadi pengalaman baru setelah berkarier profesional di layar lebar bagi aktor yang memulai dunia seni peran lewat panggung teater dan menjadi model majalah ini. Walaupun pernah mencicipinya saat masih di bangku sekolah, mereka mengaku masih menemukan berbagai jenis kesulitan. “Sulitnya ya menghafal naskah, blocking, timing dengan musik, set baru kita hari ini semua serba baru.

AKTOR Reza Rahadian akhirnya melakoni peran dan pengalaman baru bermain di panggung teater.

Bersama aktor-aktris lain, seperti Lukman Sardi, Happy Salma, dan Chelsea Islan, Reza menunjukkan totalitas di panggung teater bertajuk Bunga Penutup Abad yang digelar di Gedung Kesenian Jakarta, 25–27 Agustus 2016.

Totalitasnya sebagai seorang aktor sama sekali tidak berkurang ketika menjajal medium baru panggung teater. Pemilik nama lengkap Reza Rahadian Matulessy ini pun mengaku, untuk bermain dalam medium berbeda, seperti panggung teater, memang dibutuhkan banyak persiapan dan banyak hal yang dikorbankan untuk bisa terlibat dalam Teater Bunga Penutup Abad ini. Karena masing-masing pemain memiliki jadwal dan kesibukan berbeda satu sama lain, Reza pun selalu berusaha tidak berhenti latihan.

Apalagi “Bunga Penutup Abad” merupakan pertunjukan teater yang juga mengangkat tentang kebudayaan. Netter pun lantas mengkritik keras pementasan teater yang diproduseri oleh Happy Salma ini.

“Budaya ind. ga sperti ini mskipun pntas seni tp hrsnya ttap gak boleh sperti ini kn ya,” komentar netter. “Teater budaya ya. Ciuman publik termasuk budaya Indonesia ngga sih?” tambah yang lain. “Wow Jaman dulu udh vulgar gini.. Hdp budaya indo,” seru lainnya.

Reza Rahadian dan Chelsea Islan kembali beradu peran. Namun bukan di layar lebar, kali ini kedua bintang film “Rudy Habibie” itu beradu akting di pementasan teater “Bunga Penutup Abad”.

Berperan sebagai Minke dan Annelies yang sedang jatuh cinta, keduanya pun tanpa ragu berciuman di atas panggung. Hal ini tentu saja berhasil membuat fans Chelsea dan Reza histeris saat tahu idolanya berciuman langsung di depan mereka.

Namun rupanya, ciuman yang dilakukan oleh Reza dan Chelsea ini juga mendapat kecaman dari netter. Pasalnya banyak dari mereka yang kurang setuju jika pementasan teater di Indonesia harus dibumbui dengan adegan vulgar seperti berciuman.


Originally published at tiaratna1.livejournal.com.

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.