PT Gunung Gilead Memperoleh Sertifikat SMK3 dari Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri

PT Gunung Gilead
Jul 4 · 5 min read
Sertifikat Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja Gunung Gilead

PT Gunung Gilead -Bekerja di manapun, pastinya mempunyai resikonya masing-masing, termasuk ketika Anda sedang bekerja di balik meja sekalipun. Untuk memastikan hal tersebut, tentunya sebuah perusahaan yang baik, akan membekali para karyawannya dengan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) yang tepat dan lengkap. Gunung Gilead adalah salah satu perusahaan yang melakukan hal tersebut. Ini yang memuat kesehatan serta faktor keselamatan kerja, jadi terasa lebih baik, sekaligus membuat para karyawan merasa terlindungi ketika sedang bekerja.

Mengenal apa itu SMK3

Sebelum membahas lebih lanjut tentang SMK3 atau Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja yang diperoleh oleh PT. Gunung Gilead, ada baiknya jika mengenal terlebih dahulu apa itu SMK3. SMK3 ini sendiri adalah sebuah upaya untuk melindungi para tenaga kerja dari berbagai macam hal yang tidak diinginkan. Hal ini sendiri akan dibangun dalam bentuk struktur organisasi, perencanaan yang matang, tanggung jawab, pelaksanaan, prosedur yang tepat, proses dan juga sumberdaya yang ada. Karena hal tersebut tentunya dibutuhkan untuk pengembangan, pencapaian, penerapan, pengkajian, dan juga pemeliharaan berbagai macam kebijakan keselamatan dan juga kesehatan para tenaga kerja dalam rangka mengendalikan resiko yang tentunya berhubungan dengan kegiatan kerja. Agar para tenaga kerja dapat bekerja secara aman, efisien, produktif dan pastinya terlindungi. Hal ini seperti yang tercantum dalam Permenaker no : PER.05/MEN/1996.

Proses pembentukan SMK3 di PT. Gunung Gilead

Proses pembentukan SMK3 di PT. Gunung Gilead sendiri adalah dengan memberikan sebuah pernyataan tertulis yang tentunya ditandatangani oleh pihak pengusaha atau juga para pengurus, yang isinya memuat keseluruhan visi dan tujuan perusahaan, dan komitmennya serta tekad dalam melaksanakan kegiatan K3. Dalam hal ini juga dibuat kerangka dan juga program kerja yang akan mencakup kegiatan perusahaan secara menyeluruh dan bersifat umum.

Kemudian proses tersebut akan dilanjutkan dengan proses pembuatan K3 melalui proses komunikasi antara pengurus dan juga wakil tenaga kerja, untuk kemudian menjelaskan kepada seluruh para pekerja, termasuk para pemasok dan juga pelanggan, tentang kegiatan K3 tersebut. Hingga akhirnya program SMK3 ini benar-benar bisa diaplikasikan, diberikan dan dilakukan secara terus menerus oleh para peserta, dan tentunya dipantau oleh pihak perusahaan.

Gunung Gilead memperoleh SMK3

Dengan adanya program pelaksanaan program SMK3 yang berkelanjutan seperti ini, wajar jika akhirnya PT. Gunung Gilead, memperoleh piagam penghargaan SMK3 dari Kementerian Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, pada tahun 2018 silam. Tidak main-main, berkat konsistensinya tersebut, penghargan yang diberikan adalah tingkat emas. Karena seperti diketahui bersama, penghargaan yang diberikan tersebut akan dibagi ke dalam beberapa kategori. Gunung Gilead sendiri masuk ke dalam kategori penghargaan Sistem Manajemen K2 / SMK3, dari 5 jenis kategori yang ada, seperti Penghargaan Kecelakaan Nihil, Penghargaan Program Pencegahan & Penanggulangan HIV-AIDS (P2HIV-AIDS) di tempat kerja, penghargaan Pembina K3, Penghargaan Peduli HIV-AIDS di tempat kerja dan tentu saja Penghargaan Sistem Manajemen K3. Dibandingkan tahun-tahun sebelumnya pemberian penghargaan seperti ini terus mengalami peningkatan, dan PT. Gunung Gilead adalah salah satunya.

Tentunya perolehan penghargaan ini tidak sembarangan, ada serangkaian proses yang tentunya dilakukan agar penghargaan tersebut diperoleh, mulai dari tahap pertama, yaitu Current System Appraisal, dimana pada tahap kick off ini, akan dilihat berbagai macam sistem SMK3 yang telah dan akan dijalankan, jika lulus tahap ini, maka akan masuk ke tahap berikutnya.

Berikutnya masuk ke tahap kedua, yaitu Design & Development. Dimana pada tahap ini, pelaksanaan training awareness dan juga pembuatan prosedur, dokumentasi akan dilakukan. Dalam kegiatan ini akan disampaikan dalam bentuk presentasi diskusi dan tanya jawab.

Memasuki tahap ketiga, adalah implementation System, yang berdasarkan PP No 50 tahun 2012. Dimana para peserta akan dibimbing dalam proses konsultasi untuk menjalankan prosedur dan komitmennya seperti yang diberikan pada tahap kedua.

Tahap keempat atau tahap terakhir, yang tidak lain adalah Audit & Review. Ini adalah proses audit tentang hasil training yang dilakukan. Dalam hal ini, PT. Gunung Gilead berhasil lulus, hingga akhirnya memperoleh sertifikasi tersebut.

Manfaat SMK3 dan piagam penghargaan SMK3 bagi Gunung Gilead

SMK3 sendiri tentunya memberikan manfaat yang besar bagi para pekerja yang bekerja di perusahaan Gunung Gilead itu sendiri, seperti ;

Mampu melindungi para pekerja

Dalam hal ini melindungi para pekerja dari berbagai bentuk kecelakaan dan juga penyakit yang terjadi akibat pekerjaan yang ada. Karena bagaimanapun para pekerja adalah aset penting bagi perusahaan. Dengan diterapkannya K3, maka angka kecelakaan pun dapat dikurangi, atau bahkan ditiadakan.

Membuat para pekerja semakin giat bekerja

Secara tidak langsung hal ini akan membuat para pekerja jadi giat bekerja. Karena para pekerja sendiri tahu, bahwa dirinya terlindungi, baik menggunakan perlengkapan keselamatan yang ada, juga terproteksi dalam hal kesehatan, jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan ketika sedang bekerja. Ini yang secara tidak langsung membuat para pekerja jadi lebih bersemangat dalam hal bekerja.

Sedangkan manfaat yang diberikan berkat diperolehnya penghargaan SMK3 pada Gunung Gilead sendiri, antara lain ;

Patuh terhadap Undang-Undang

Berbagai perusahaan yang mematuhi undang-undang yang ada, biasanya lebih sehat dan juga exist. Karena bagaimanapun juga undang-undang dibuat untuk kemaslahatan bersama. Dengan demikian, maka keberlangsungan perusahaan juga akan jadi lebih terjaga.

Mampu meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan

Dengan diterapkannya SMK3 dengan baik, dan bahkan diperolehnya penghargaan tersebut, tentunya sangat mempengaruhi tingkat kepuasan para pelanggan. Karena bagaimanapun, para pelanggan biasanya mensyaratkan para pemasok yang mereka gunakan untuk menerapkan SMK3 atau juga OHSAS 18001. Karena seperti diketahui bersama dengan adanya sistem seperti ini, maka prosesnya akan jauh lebih aman, tertib dan juga bersih. Hasilnya kualitas produk yang dihasilkan jadi lebih baik, dan mampu mengurangi tingkat cacat produk.

Mampu membuat sistem manajemen yang lebih efektif

Secara tidak langsung diperolehnya penghargaan tersebut, memberikan dampak pada manajemen keselamatan itu sendiri. Hasilnya jadi jauh lebih tertata dengan baik. Berbagai macam hal jadi jauh terorganisir, terarah, dan tetap berada di dalam koridor yang tepat. Ini juga yang membuat kinerja perusahan jadi jauh lebih terarah dan jauh lebih baik. hasilnya efektivitas kerja, baik untuk para pegawai maupun para pekerja, jadi jauh lebih baik.

Jadi dengan kata lain, adanya penghargaan SMK3 dari kementerian Ketenagakerjaan tersebut, tentunya memberikan dampak positif bagi pihak perusahaan untuk semakin lebih baik. Tidak hanya itu, adanya penghargaan seperti ini, tentunya memberikan kesan positif, bagi para pelanggan, dan juga para karyawan.

Bahwa PT. Gunung Gilead ini, serius dan benar-benar memperhatikan keselamatan para pekerjanya, dan bukan hanya membahas masalah kualitas produk yang dihasilkan. Karena kombinasi kedua hal tersebut, tentunya memberikan dampak positif terhadap keberlangsungan perusahaan itu sendiri.