Prediksi dan Tren Digital Marketing di Tahun 2015

Tahun 2015, digital marketing masih menjadi strategi yang sangat direkomendasikan untuk mempromosikan bisnis Anda. Namun, di tahun 2015 strategi digital marketing memiliki beberapa perubahan karena perilaku konsumen yang lebih berkembang, sehingga Anda tidak dapat lagi menggunakan strategi yang telah Anda terapkan di tahun sebelumnya. Tahun 2015 akan menjadi tahun yang lebih mendekatkan Anda sebagai pemasar dengan konsumen. Lalu, seperti apa prediksi dan tren digital marketing yang akan terjadi pada tahun ini?

  1. Dialog Secara Langsung Menjadi Bagian Penting

Dialog secara real-time akan menjadi strategi yang sangat penting dalam menangani kebutuhan pelanggan dengan cepat. Hal tersebut dikarenakan semakin banyak orang yang terus tertarik ke arah komunikasi yang berbasis pesan, dan Anda harus membuka saluran yang baru untuk menciptakan komunikasi guna mempertahankan dialog yang konstruktif dengan karyawan dan pelanggan Anda.

2. Pendekatan dengan Konsumen

Kini Anda akan memiliki lebih banyak informasi dan media untuk membuat kampanye iklan yang relevan daripada tahun sebelumnya dan konsumen akan semakin mengharapkan iklan yang mereka lihat dapat lebih relevan di semua saluran. Dengan begitu, Anda dapat lebih dekat dengan konsumen yang akan lebih mudah tertarik dengan iklan yang Anda tawarkan.

3. Perangkat Mobile Masih Menjadi Target

Strategi digital marketing tahun ini masih menyasar para pengguna perangkat mobile sebagai target. Hal tersebut bukan tanpa alasan. Saat ini, pengujung internet lebih banyak berasal dari pengguna perangkat mobile dibandingkan dengan pengguna perangkat desktop.

4. Pertumbuhan Penduduk Semakin Meningkat

Populasi manusia di dunia akan terus berkembang selama 10 tahun ke depan, dan sebagian besar pertumbuhan terjadi di negara-negara berkembang. Dalam waktu tiga tahun ke depan, pengguna ponsel pun akan semakin meningkat yang pada awalnya hanya 61,1% akan menjadi menjadi 69,4% dari populasi global. Maka dari itu, karena semakin banyak orang yang akan menjadi pengguna mobile, bisnis dan pemasar juga harus berkembang untuk mengimbanginya.

Dasar-dasar pemasaran akan selalu sama, namun strategi yang Anda rancang harus dirubah sesuai dengan perkembangan teknologi. Selain itu, Anda juga harus selalu update tentang tren yang sedang populer, agar Anda dapat lebih mudah menentukan target konsumen dan rancangan kampanye yang akan Anda buat.

Lalu, apa yang Anda pikirkan untuk melakukan perubahan yang signifikan pada strategi digital marketing Anda di tahun ini? Anda harus menentukannya sesegera mungkin, karena digital marketing akan selalu menjadi senjata yang paling penting bagi masa depan bisnis Anda.