Quality of Life dan Teknologi

Quality of life (QOL) is the general well-being of individuals and societies, outlining negative and positive features of life. It observes life satisfaction, including everything from physical health, family, education, employment, wealth, religious beliefs, finance and the environment. — https://en.wikipedia.org/wiki/Quality_of_life

Tulisan ini akan membahas tekonologi, khususnya komponen PC. Pada dasarnya teknologi digunakan untuk mempermudah bukan mempersulit. Oh iya QOL ini tidak sama dengan standar jadi kalaupun tidak terpenuhi juga tidak apa-apa. Sebenarnya QOL ini bikin dilema, disatu sisi bisa membuat hidup lebih baik, disatu sisi bikin manja.

1. Solid-state drive(SSD)

Percaya ga percaya. Dengan membeli SSD berarti saya membeli waktu. Dengan menggunakan SSD berarti saya menghemat waktu boot up ketika menyalakan PC. Saya butuh waktu kurang dari 20 detik untuk bisa masuk desktop. Emang sih PC bisa ditinggal waktu boot up. Sebagai perbandingan saja speed hard disk yang masih menggunakan piringan.

Benhmark sebelah kiri menggunakan Kingston HyperX 3K. Sebelah kanan merupakan hard disk bawaan ketika membeli laptop yaitu Hitachi hts545050a7e380.

Secara harga, SSD memang lebih mahal dari segi kapasitas penyimpanan tetapi SSD saat ini harganya jauh lebih murah daripada dulu. Sebagai perbandingan saja, harga SSD 120GB 1 tahun lalu harganya hampir sama dengan SSD 240GB saat ini. Bahkan chipset yang digunakan saat ini lebih baik sehingga process read dan write bisa 1:1. SSD saat ini juga tidak manja seperti dulu, write cycle nya jauh lebih waras daripada hard disk yang menggunakan piringan. Percayalah dengan saya, sekali anda menggunakan SSD, anda akan sulit pindah ke lain hati. Saya malah pernah menyesal membeli HDD WD Black 1 TB karena terlalu berisik. Harusnya saya membeli SSD lagi untuk digunakan sebagai RAID0.

2. 144Hz Monitor

Barang ini bisa dibilang mahal tetapi faktanya barang ini adalah barang yang paling lama digunakan. Seberapa sering sih ganti monitor? Saya sih jarang. Bahkan monitor yang saya beli 7 tahun lalu masih bisa digunakan.

Monitor ini sebenarnya bukan untuk casual user sih. Lebih cenderung untuk power user yang udah tahu kebutuhannya. Sebelum membeli barang ini juga harus banyak pertimbangan seperti mana yang lebih penting warna atau response time. Kebanyakan sih monitor 144Hz udah banyak ada fitur anti blur, low blue light, dan tetek bengek lainnya.


Sebenernya udah sih 2 barang ini aja yang ningkatin quality of life paling signifikan. Kalo VGA ya udah wajar lah bisa ningkatin quality of life kalo dipake buat maen game. Untuk sebagian orang CPU bagus juga bisa ningkatin quality of life karena bisa mempercepat prosess rendering.

Mau tahu barang paling ga penting dan beli aja kalo kebanyakan duit? Mechanical keyboard. Bisa dibilang mechanical keyboard memberikan quality of life paling sedikit diantara barang-barang lainnya. Emang sih mechanical keyboard nyaman dipake ngetik(less strain). Mechanical keyboard bisa dipake lama tapi yakinin dulu itu uang berlebih ga akan dipake.

Like what you read? Give Adrianus Tirta a round of applause.

From a quick cheer to a standing ovation, clap to show how much you enjoyed this story.