Keren! Kini Google Bisa Pahami Perintah Suara Dengan Bahasa Jawa Dan Sunda

Foto: klikdroid.com

Tak hanya bahasa Nasional, Google kini memungkinkan penggunanya memberi perintah dengan bahasa daerah seperti Jawa dan Sunda. Kemampuan itu bisa ditemukan di aplikasi Google dengan menggunakan input suara.

Penelusuran suara bisa dilakukan pada aplikasi Google dengan mengubah pengaturan menjadi bahasa Jawa atau Sunda. Uniknya, pengguna juga bisa mencari informasi dengan menggunakan kedua bahasa tersebut.

Sekadar informasi, untuk membuat Google bisa memahami perintah dalam bahasa Jawa dan Sunda, Google juga bekerja sama dengan tiga Perguruan Tinggi di Indonesia.

Tak hanya itu, raksasa mesin pencarian ini juga bekerja sama dengan penutur asli untuk mengumpulkan contoh percakapan dan frasa. Google akan mempelajari dan meningkatkan akurasi bahasa dari waktu ke waktu berkat teknologi kecerdasan buatan berupa machine learning.

“Penelusuran dalam bahasa Jawa merupakan salah satu penelusuran terpopuler di Google, seperti ‘lagu dolanan anak’ atau ‘bal-balan dino iki’ sebagai keyword yang paling sering dicari oleh netizen di Pulau Jawa,” ungkap perwakilan Google.

Google mengatakan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara yang banyak menggunakan penelusuran suara di dunia. Pertumbuhannya dilaporkan 50% lebih tinggi di atas pertumbuhan global.

Sumber: Dirangkum dari okezone.com

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.