tobasatu.com, Medan | Sebanyak 27 lembaga pendidikan tinggi se-Indonesia Barat dan Tengah akan bertemu di Medan guna membicarakan mengenai sebuah proyek kerjasama di bidang penelitian dan inovasi yang diberi nama Higher Education Leadership and Management (HELM), yang didukung oleh USAID.

Untuk itu, sebanyak 27 utusan lembaga pendidikan tinggi tersebut akan bertem di Medan selama 2 hari yakni pada Rabu — Kamis (27–28/4/2016), guna membicarakan kelanjutan kerjasama tersebut.

Vicki P. Wijaya selaku communication Manager USAID HELM kepada wartawan di Medan, Rabu (27/4/2016) menyatakan pertemuan ini merupakan pertemuan lanjutan dari yang pernah digelar sebelumnya di Yogyakarta pada 28–29 September 2015 lalu.

Pertemuan selama dua hari itu akhirnya membentuk sebuah jaringan yang disebut sebagai HELM Collaboration and Innovation (COIN) Network, dimana saat ini telah memiliki komite dengan susunan satu koordinator, satu sekretaris, dan empat bagian yang masing-masing mengurusi lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (LPPM), sains dan publikasi, inovasi, serta komersialisasi.

Setelah terbentuknya jaringan ini, maka USAID HELM harus memastikan bahwa di masa depan jaringan ini dapat menjadi suatu lembaga yang bekerja secara berkelanjutan, yang akhirnya dapat mendukung setiap lembaga pendidikan tinggi dalam berperan aktif membudayakan kerjasama di antara mereka dengan para pemangku kepentingan lainnya.

Selain bekerjasama lewat penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, peningkatan komunikasi dan interaksi antara lembaga pendidikan tinggi dan para pemegang kepentingan juga berbentuk saling bertukar pengalaman dalam hal kerjasama, bersama-sama menilik masalah yang terjadi di masyarakat, atau berbagi kisah sukses pada masing-masing lembaga.

Dikatakan Vicky, pertemuan itu antara lain memiliki tujuan untuk menguatkan kapasitas lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat para mitra USAID HELM, meresmikan struktur organisasi jaringan COIN dan program-programnya, mengembangkan rencana kerja komite COIN, meningkatkan kerjasama antara para mitra USAID HELM dalam menjalankan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta memperbanyak jumlah penerbitan yang berkaitan dengan penelitian.

Lewat pertemuan itu nantinya diharapkan dapat mencari cara bagaimana memperbanyak penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang sifatnya inovatif dan dapat dikomersialisasi.

Peserta yang akan hadir dalam pertemuan ini merupakan perwakilan dari 27 mitra USAID HELM yang hampir seluruhnya merupakan ketua lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat di kampus masing-masing. (ts-09)

The post 27 Lembaga Pendidikan Tinggi Sepakat Jalin Kerjasama Penelitian dan Inovasi USAID HELM appeared first on tobasatu.com.

via tobasatu.com http://ift.tt/1QAihdG

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.