tobasatu.com, Medan | Persatuan Dokter Umum Indonesia (PDUI) Sumatera Utara (Sumut) meminta dukungan Komisi E DPRD Sumut terhadap penolakan mereka tentang kebijakan pendidikan spesialis Dokter Layanan Primer (DLP) yang wajib diikuti selama 2 hingga 3 tahun.

“DLP ini sangat merugikan dokter umum. Karena untuk menempuh jadi dokter saja sudah sulit. Di pendidikan S1 makan waktu 6 tahun harus ujian lagi Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD). Setelah itu internsip 1 tahun. Ini sudah membuat dokter itu mandiri jadi tidak harus lagi ikut DLP,” ujar Ketua PDUI Sumut, Dedi Irawan Nasution di ruang rapat Komisi E DPRD Sumut, Senin (22/2/2016).

Menurutnya, pendidikan DLP ini sampai 2 hingga 3 tahun sehingga ini merugikan dokter karena sekolah terlalu lama dan biaya besar.

“DLP ini tidak harus diwajibkan pemerintah. Kalau memang diharuskan baiknya diletakkan di kurikulum pendidikan saja. Misalnya S 1 ditambah SKS nya karena beban materi DLP menyangkut 3 hal yakni kedokteran keluarga, kesehatan masyarakat dan kedokteran komunitas. Atau dibuat pada pendidikan S2 khusus pelayanan primer,” ucapnya.

Untuk itu, lanjut Dedi, atas penolakan ini PDUI meminta dukungan DPRD Sumut agar ikut menyuarakan ke pemerintah agar DLP tidak diwajibkan karena ini sudah berjalan sesuai dengan UU no 23 tahun 2013 tentang pendidikan kedokteran.

“Kami secara tegas menyatakan sikap menolak pendidikan DLP dan mendorong peningkatan kompetensi dokter umum melalui Continuing profesional development (CPD) yang terstruktur dan dilaksanakan oleh PDU dan IDI. Kita juga bersama IDI akan melakukan advokasi penolakan dokter layanan primer seluruh cabang dan komisariat di seluruh Indonesia serta akan melakukan aksi nasional sebagai jalan terakhir bila aspirasi dokter tidak dipenuhi,” tuturnya.

Ketua Komisi E DPRD Sumut, Syamsul Qodri, menyatakan, dukungannya terhadap pernyataan sikap PDUI Sumut atas penolakan kewajiban DLP.

“Kita sepakat dengan PDUI. Lebih baik DLP dimasukkan saja di pendidikan S 1 dan S 2. Kita secepatnya menyatakan dukungan ini ke pemerintah pusat,” tuturnya. (ts-02)

The post

Minta Dukungan DPRD Sumut

PDUI Tolak Pendidikan Spesialis Dokter Layanan Primer appeared first on tobasatu.com.

via tobasatu.com http://ift.tt/1SMVVMM

Show your support

Clapping shows how much you appreciated tobasatu’s story.