Resident Evil Evolution in My Story

Siapa yang tidak kenal Resident Evil? Pasti semua orang sudah pernah mendengar kata tersebut dari yang sekedar hanya tahu sampai yang benar-benar tahu kata-kata tersebut. Kebanyakan orang pasti pernah mendengar kata ini dari sebuah film series yang pertama kali muncul tahun 2002 dengan judul “Resident Evil” dan tak sedikit orang pula yang mendengar kata tersebut dari game buatan CAPCOM pada tahun 1996 dengan judul yang sama dengan filmnya.

Pada kali ini saya berfokus pada perkembangan grafik dari game Resident Evil yang sudah saya pribadi mainkan sendiri hingga sekarang.

Resident Evil (1996)

Resident Evil (1996)

Game ini yang menjadi cikal bakal game Resident Evil Series hingga saat ini, pertama kali dirilis tahun 1996 dengan role playing yaitu Survival Horror dan yang pasti saya tidak memainkan game ini pada tahun tersebut. Game ini rilis dapat dimainkan di PlayStation 1 dan saya termasuk yang sangat terlambat memainkan game ini karena baru memainkan nya sekitar tahun 2004 yang mana saat itu saya mendapat konsol game untuk pertama kalinya. Grafik pada game ini termasuk sudah bagus menurut saya diluar dari story yang membuat nya semakin menarik, walaupun jika dilihat masih banyak gerakan yang kaku dan masih belum berbentuk seperti karakter lebih terlihat seperti susunan bangun ruang yang digabungkan hingga menjadi seperti karakter manusia yang ditampilkan.

Resident Evil 2 dan Resident Evil 3: Nemesis

Resident 2 dan Resident 3: Nemesis

Tahun 1998, CAPCOM merilis game Resident Evil 2 dan selang hanya sekitar 1 tahun CAPCOM merilis game Resident Evil 3: Nemesis dengan role playing yang sama yaitu Survival Horror. Alasan saya menggabungkan kedua game diatas dikarenakan perbedaan grafik yang sangat signifkan dari kedua game ini dengan sebelumnya yang dapat dikatakan sangat bagus dan hampir mirip nya grafik yang disajikan. Gerakan dari para karakter yang semakin halus, efek-efek yang semakin yang di perhalus seperti efek ledakan dan api, grafik yang ditampilkan yang sudah hampir seperti gambar asli pada umumnya tidak seperti game sebelumnya.

Resident Evil 4

Resident Evil 4

Game ini benar-benar membuat game resident evil sebelumnya patut ditinggalkan ya itu menurut saya. Game Resident Evil 4 dirilis pada tahun 2005 dengan role playing Third-Person Perspective dan Survival Horror yang membuat game ini sangat berbeda dari game sebelumnya, yang dimana game sebelumnya kita bermain seperti kita menjadi Tuhan (mungkin), melihat sebuah ruang yang kecil dan hanya sebatas ruangan itu yang bisa kita telusuri tanpa berganti ruangan, sedangkan pada game Resident Evil 4, kita dapat menelusuri sebuah tempat yang amat besar dengan view dekat dengan karakter tidak dari view acak (mungkin lebih tepat seperti CCTV) seperti sebelumnya. Grafik yang disajikan jauh sangat bagus dari game sebelumnya karakter yang sudah mirip seperti manusia walaupun ada beberapa yang masih kaku seperti rambut dan mata, efek yang dihasilkan sudah terlihat nyata dan masih banyak lagi keunggulan dari game ini yang membuat nya berbeda dari game sebelumnya.

Resident Evil 5

Resident Evil 5

Resident Evil 5 dirilis pada tahun 2009 dengan role yang sama seperti sebelumnya yaitu Third-Person Perspective dan Survival Horror. Game ini menurut saya dapat dikatakan kurang berhasil dikarenakan tidak banyak nya peminat yang bermain game ini. Diluar dari asumsi saya tadi, game ini lah yang dapat dikatakan awal mula grafik yang sangat bagus dari beberapa series sebelumnya. Grafik yang sangat halus terkesan tidak ada kaku sama sekali, tiap detail dari game ini diperhatikan seperti rambut karakter yang ditiup angin hingga detail dari erupsi lava gunung berapi pun diperhatikan. Game ini juga dapat dimainkan online menggunakan internet untuk membuka achievement yang tidak akan terbuka jika dimainkan secara offline.

Resident Evil 6

Resident Evil 6

Setelah gagal di Resident Evil 5 CAPCOM merilis game Resident Evil 6 pada tahun 2012 dengan role yang sama seperti sebelumnya yaitu Third-Person Perspective dan Survival Horror. Perbedaan dari game ini dengan game Resident Evil 5 terletak pada banyak nya story dari karakter yang dapat kita pilih dan grafik yang sebagian besar dipertajam hingga benar-benar seperti asli. Game ini yang menawarkan pertama kalinya kita dapat bermain multiplayer dengan pemain lain yang sebelumnya di series sebelumnya tidak pernah ada.

Resident Evil 7: Biohazard

Resident Evil 7: Biohazard

CAPCOM kembali membuat gebrakan dengan merilis Resident Evil 7: Biohazard pada tahun 2017 dengan role playing yang berbeda dari series sebelumnya yaitu First-Person Perspective dan Survival Horror yang membuat kita dapat merasakan menjadi karakter utama dalam game ini. Tidak dapat dipungkiri berbeda nya game ini dengan series sebelumnya membuat peminat menjadi semakin tertarik dengan game ini. Grafik yang ditampilkan benar-benar seperti nyata, detail yang membuat kita semakin tertarik untuk berlama-lama bermain dan story yang membuat nya semakin menarik. Game ini juga dapat dimainkan dengan menggunakan perangkat VR (Virtual Reality) yang membuat para pemain seperti benar-benar masuk ke dalam game ini dan menjadi pengalaman sekali dapat bertemu zombie yang benar-benar dapat diliat mata.

Ending..

Perkembangan game Resident Evil menurut saya benar-benar sangat bagus dalam story maupun grafik nya. Story yang menarik walaupun tidak menyambung dari game sebelumnya ke game selanjutnya tidak membuat peminat semakin meninggalkan game ini. Perubahan grafik yang pada dasarnya hanya susunan bangun ruang yang digabungkan hingga menjadi benar-benar seperti asli sampai saat ini, itulah yang menjadikan game ini semakin menarik dimainkan menurut saya.

Terima kasih sudah membaca..

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.