Ciri-ciri, penyebab, dan pengobatan kanker payudara stadium 2

Ciri-ciri, penyebab, dan pengobatan kanker payudara stadium 2

Pengertian kanker payudara

Kanker payudara stadium 2 merupakan penyakit yang dapat menyerang seluruh bagian tubuh. Tubuh Anda secara teratur memproduksi sel baru yang berguna untuk pertumbuhan serta untuk menggantikan sel yang rusak atau yang sakit. Secara normal, sel tumbuh dan berkembang dengan cara yang tetap. Namun, ada pula pertumbuhan yang tidak terkontrol yang kemudian tampak menjadi benjolan yang disebut tumor. Tumor terdiri dari tumor jinak dan tumor ganas. Tumor jinak timbul ketika terjadi pertumbuhan sel tidak normal yang tidak melewati batas jaringan, tumbuh lamban, bersimpai, dan berselaput pembungkus sehingga mudah dioperasi dan diangkat. Sedangkan tumor ganas atau kanker adalah pertumbuhan sel abnormal yang tumbuh cepat, tidak bersimpai, dan tumbuhnya menyusup ke bagian lain melalui pembuluh getah bening.

Pada kanker payudara stadium 2 sel-sel kanker sudah semakin berkembang dan semakin tumbuh membesar. Pada stadium 2 penderita harus segera mengobatinya, apabila tidak segera diobati maka sel-sel kanker ini akan semakin berkembang menjadi kanker stadium 3. Kemungkinan sembuh pada kanker payudara stadium 2 sekitar 30–40%. Untuk dapat mengobati kanker stadium 2 maka anda harus mengenali terlebih dulu ciri-ciri dari kanker payudara yang di derita.

Ciri-ciri kanker payudara stadium 2

Pada stadium dua, sel kanker dapat menginfeksi kelenjar getah bening di daerah ketiak. Puting juga dapat mengeluarkan cairan berwarna kehijauan atau nanah secara tiba-tiba. Dan selanjutnya akan timbul luka pada daerah sekitar payudara dan ketiak yang tidak kunjung sembuh disertai nyeri.

  1. Terdapat benjolan yang besar pada bagian payudara dan sekitar ketiak
  2. Kulit pada benjolan akan mengerut dan berubah menjadi kasar
  3. Payudara akan terasa nyeri karena disebabkan sel-sel kanker pada stadium 2 ini sudah semakin berkembang dan menjalar ke bagian ketiak
  4. Berubahnya warna puting payudara dan mengeluarkan darah secara mendadak
  5. kulit pada payudara berubah menjadi warna kecoklatan

penyebab terjadinya kanker payudara stadium 2

Penyebab terjadinya kanker payudara stadium 2 tidak jauh berbeda dengan kanker payudara stadium 1. Berikut ini diantaranya penyebab kanker payudara:

  • Mengonsumsi rokok
  • Mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung alkohol
  • Makan makanan yang mengandung zat berbahaya
  • Kurang aktivitas olahraga
  • Mempunyai berat badan yang berlebih
  • Kurang mengonsumsi buah dan sayur
  • Kurang minum air putih yang higenis

Cara mencegah kanker payudara stadium 2

  • Pencegahan yang dapat dilakukan secara sendiri dirumah seperti yang dilakukan untuk mengetahui gejala kanker payudara stadium 2, caranya dengan:

Perhatikan bentuk payudara dengan posisi tangan diatas dan ketika tangan berada di pinggir apakah ada benjolan yang muncul atau tidak. Setelah itu tekan payudara secara perlahan dan lembut dengan pola memutar atau naik turun untuk mengecek terdapat benjolan atau tidak. Lalu perlahan puting payudara anda apakah mengeluarkan cairan susu, nanah atau cairan kehijauan atau tidak.

  • Menghindari makanan yang kurang sehat
  • Memperbanyak makan buah dan sayur
  • Melakukan olahraga secara rutin, Olahraga yang dapat anda lakukan adalah olahraga yang ringan seperti jalan sehat, renang, atau lari pagi
  • Tidak mengonsumsi alkohol dan juga rokok

Pengobatan kanker payudara stadium 2

Hampir semua obat kanker payudara dilakukan dengan metode yang sama, hanya saja tergantung tingkat keparahan kanker yang diderita pasien. Beberapa cara medis yang dilakukan paisen penderita kanker payudara stadium 2:

  • Pembedahan; Tindakan ini dilakukan untuk mengangkat sel kanker di payudara atau untuk menghilangkan payudara agar sel kanker benar-benar terbuang semua.
  • Radioterapi; Durasi yang dilakukan radioterapi biasanya selama 8 menit tergantung kondisi pasien. Radioterapi tidak menimbulkan rasa sakit dan nyeri, namun akan menimbulkan efek samping yang berbeda-beda pada setiap pasien penderita kanker payudara.
  • Kemoterapi; Kemoterapi biasanya dilakukan setelah pasien melakukan operasi, dengan memasukan obat anti kanker ke tubuh pasien. Hal ini dilakukan untuk mencegah sel kanker kembali muncul. Kemoterapi memiliki efek samping seperi timbul rasa mual, perubahan warna kulit hingga rambut rontok.
  • Lumpektomi; Tindakan ini merupakan pengangkatan sel kanker dengan sedikit jaringan payudara disekitarnya, namun tidak mengangkat habis payudara. Jaringan yang masih tertinggal diharapkan mampu menumbuhkan payudara yang baru secara alami.
  • Mastektomi; Pengangkatan sebagian atau seluruh payudara namun jangan kawatir. setelah melakukan pengangktan payudara akan timbul payudara yang baru lagi.

Bisa juga dengan mengobati secara tradisional menggunakan obat herbal yang sudah teruji oleh BPOM dan juga DINKES. Yang sudah mempunyai kepercayaan di mata masyarakat dan memberikan efek samping yang baik. Dan harusnya sudah mendapat lebel halal dari MUI. Seperti halnya obat produk dari De Nature Indonesia yang sudah terkenal di mana saja. Obat yang di produksi oleh Denature bisa menyembuhkan penyakit yang anda derita seperti kanker payudara stadium 2.

obat kanker payudara

Bagi anda yang membutuhkan obat herbal dari De Nature Indonesia dan juga ingin menanyakan seputar penyakit kanker payudara bisa menghubungi nomer dibawah ini.

customer service
Like what you read? Give Obat Tradisional De Nature a round of applause.

From a quick cheer to a standing ovation, clap to show how much you enjoyed this story.