Game Development #Intro

Hollo, pada artikel ini kita akan membahas seputar tentang game development. Game development, proses membuat game yang diimplementasikan oleh kawan-kawan game developer.

Tentunya dalam pembuatan game, terdapat banyak genre dalam game itu sendiri seperti Casual, Action, Adventure, RPG(Role Playing Game) dsb. Game developer dituntut untuk membuat game yang enjoyable untuk para pemainnya berdasarkan dari genre game yang dibuat oleh game developer tersebut. Untuk membuat game-nya menarik para game developer harus memikirkan bagaimana game yang dibuatnya memiliki nilai enjoyable dari segi cerita dan interaksi pada game, agar pemain dapat tetap menikmati game tersebut.

Ok, mari kita bahas sedikit tentang Game Engine apa saja yang digunakan untuk membuat game.

Construct 2

Construct 2 adalah game engine yang dapat membuat game 2D tanpa harus ngoding. Oleh karena itu Construct 2 sering sekali digunakan untuk prototyping karena cepat pada proses pembuatannya. Karena pembuatan game pada Construct 2 tidak memerlukan codingan, Construct 2 cocok untuk para Hobbyist dan mereka yang baru masuk ke dalam dunia game developer.

Unity 3D

Unity 3D sudah menjadi sahabat para indie game developer. Hal ini dikarenakan penggunaannya yang dapat digunakan secara gratis (Personal Edition), penggunaannya yang relatif mudah dan fleksibel dalam pembuatan game. Tentunya untuk membuat game pada Unity diperlukan skill programming (coding), bahasa pemrogramman yang digunakan pada Unity adalah C# dan JavaScript. Karena penggunaannya yang fleksibel Unity sering dipakai oleh kawan-kawan game developer untuk membuat game yang bermacam-macam.

Sekian sedikit pembahasan kita mengenai sedikit tentang game development.

Cheers…