Javascript itu mudah ketika kita tidak paham

Tri Hargianto
2 min readMay 16, 2020
Photo by Irvan Smith on Unsplash

Di awal kemunculannya, JavaScript hanyalah sebuah scripting languange yang hanya berguna untuk membuat website sedikit lebih interaktif seperti contohnya Prompt, Alert yang mengganggu, Mouse berkedip, Tulisan berjalan, dll sehingga Javascript memang dirancang agar mudah dipelajari, ringan, dan bisa langung dipakai. Bahkan untuk menulis “hello world” tidak perlu repot-repot menyusun struktur kode di awal.

Saya teringat pertama kali menulis kode Javascript. Waktu itu langsung menggunakan jQuery dan mencoba menerapkan teknologi AJAX, bahkan saya tidak tau callback itu apa, scope itu cara kerja persisnya gimana, this itu apa, dll. Sampai sekarang pun masih banyak yang saya belum tau proses behind the scene dari tiap kode yang saya tulis. Karena memang, saya mengakui Javascript sangatlah mudah ketika kita memulai menggunakannya bahkan ketika ada API baru, saya langsung dapat menggunakannya tanpa perlu mendalami cara kerjanya secara lebih dalam.

Berbeda dengan bahasa pemrograman lain seperti C yang mengharuskan kita untuk mempelajari lebih dalam terlebih dahulu sebelum dapat menulis program aplikasi secara utuh. Well, sekali lagi, Javascript memang dirancang agar mudah dipelajari dan dipakai.

Namun, kemudahan Javascript membuat sedikit orang yang merelakan waktunya untuk mendalami JavaScript itu sendiri. Saya sering melihat kebanyakan orang (termasuk saya) sering kali menyalahkan konsep JavaScript yang dinilai aneh dibanding menyalahkan ketidakpahaman dengan Javascript itu sendiri.

Pada akhirnya, beberapa tahun belakangan hal itu mengganggu pikiran saya, ketidakpahaman saya secara penuh tentang bagaimana Javascript bekerja membuat saya tidak percaya diri dengan kode yang saya tulis. Bukan berarti aplikasi yang saya buat tidak berjalan dengan semestinya, aplikasi yang pernah saya buat baik-baik saja bahkan aplikasi bikinan saya beberapa tahun lalu masih berjalan normal sampai sekarang.

Well, semakin saya menyelam semakin banyak konsep di Javascript yang menurut saya susah maupun unik.

Dan itu menambah kepercayaan diri saya untuk membaca maupun menulis kode 😁

--

--