Rebusan Daun Kecubung

Kecubung sering juga dikenal dengan nama korantungan, tahuntungan, kacubung, cubung, kacobhung, cobhung, kucubu, kecubeung, torn mabo. Tanaman perdu ini merupakan tanaman solanaceae dengan bunga berbentuk terompet. Tanaman ini banyak dijumpai di pekarangan-pekarangan rumah. Bunga kecubung memiliki berbagai macam warna, ada yang berwarna putih atau lembayung, merah, dan ungu. Kecubung berasa pedas, pahit, hangat, dan bersifat racun. Tanaman ini sebetulnya banyak dimanfaatkan oleh para leluhur sebagai obat tradisional yang ampuh mengatasi berbagai macam penyakit, namun kini justru banyak disalahgunakan karena adanya efek halusinasi.

MANFAAT KECUBUNG

Kecubung berkhasiat sebagai antibatuk (antitusif), antirematik, antiasmatik, penghilang nyeri (analgesik), afrodisiak dan pemati rasa (anestetik). Adanya manfaat ini menjadikan tanaman sering digunakan sebagai obat rematik, sakit pinggang, sesak napas, peradangan, serta menghilangkan ketombe. Manfaat lainnya ada pada bagian biji, bijinya memiliki potensi sebagai larvasida alami terutama terhadap larva Aedes aegypti penyebab penyakit demam berdarah.

Kandungan toksik atau racun pada kecubung sangat berbahaya sehingga perlu berhati-hati dalam memanfaatkan tanaman ini meskipun sebagai obat herbal. Kandungan racun yang sangat tinggi banyak dijumpai tanaman dengan bunga berwarna putih. Pemakaian sebagai obat tradisional hanya dianjurkan untuk pemakain obat luar saja. Berikut ini beberapa contoh ramuan herbal untuk mengobati berbagai macam penyakit:

Manfaat Rebusan Daun Kecubung

OBAT REMATIK

MENGOBATI BISUL

MENGOBATI SAKIT PINGGANG

MENGOBATI BENGKAK KARENA TERPUKUL

MENGOBATI SESAK NAPAS

MENGOBATI RADANG ANAK TELINGA

MENGHILANGKAN KETOMBE