Turman Man
2 min readFeb 11, 2017

www.kuncikomputer.com — kali ini saya akan menuliskan materi tentang algoritma pemrograman yaitu tentang flowchart program. didalam flowchart program terdapat simbol-simbol yang digunakan untuk menggambarkan sebuah sistem hingga selesai. didalam sebuah sistem tentunya ada alur yang dapat dilakukan oleh sistem dan alur tersebut di buat menggunakn flowchart program. pada pembahasan nantinya saya akan membahas tentang pengertian dari flowchart program, sombol flowchart dan contoh dari flowchart program beserta penjelasan dari contoh tersebut. oke mending kita langsung saja keartikel saya kali ini tentang Pengertian Flowchart Program, Simbol Flowchart Dan Contohnya.

seperti biasa sebelum saya menuliskan lebih banyak lagi tentang artikel saya kali ini, saya sebagi penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya nantinya.

Pengertian Flowchart Program, Simbol Flowchart Dan Contohnya

Pengertian flowchart program

flowchart program yaitu suatu skema atau bagan yg menggambarkan urutan kegiatan dari suatu program dari awal sampai akhir. tujuan dari lowchart program yaitu untuk mengetahui alur kerja dari sebuah program saat program itu berjalan. yang diperhatikan dari flowchart program yaitu semuanya mulai dari deklarasi variabel, data yang diinputkan, data yang diproses, percabangan, data yang dioutputkan hingga selesai. untuk itu diperlukan simbol simbol flowchart yang digunakan dalam membuat alur dari system. berikut ini adalah simbol simbol dari flowchart program.

Simbol Flowchart

simbol flowchart program

berdasrkan simbol simbol diatas dan penjelasannya anda dapat melihat dan menggunakannya untuk membuat flowchart program sesuai sstem yang akan anda buat atau anda kembangkan. dan disini saya akan membuat contoh untuk flowchart program sederhana dan penjelasannya.

Contoh Flowchart Program

contoh flowchart program

Penjelasan dari contoh diatas adalah sebagai berikut :

—Mulai

—mendeklarasikan dari (Panjang, Lebar, Luas)

—Input Panjang, Lebar

proses (—Hitung Luas=Panjang * Lebar)

—Tampil Luas

—Selesai

mungkin itu saja yang dapat saya tuliskan tentang flowchart program dan semoga anda mengerti serta bisa memahami tentang penjelasan yang saya berikan diatas.

sekian tutorial yang dapat saya berikan kali ini semoga bermanfaat, sekali lagi saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya diatas.

Baca Juga :