Hacktiv8 Week 2

Selamat malam, semua!

Hari ini saya akan melapor kegiatan yang sudah saya selesaikan di minggu ke-2 (8 – 14 Agustus)kursus bersama Hacktiv8. Mulai saat ini, penulisan blog akan diurutkan berdasarkan kegiatan yang dilakukan per-harinya.

Hari-1

Pada hari pertama saya belajar untuk mengembangkan bagaimana memiliki pola pikir yang baik dengan growth mindset. Mempelajari aspek — aspek yang diperlukan dalam manajemen waktu dan menghasilkan hasil yang terbaik dengan cara belajar yang baik dan benar. Saya juga mempelajari apa saja proses ketika bekerja dalam pengembangan software serta cara melakukan pair programming.

Hari-2

Saya mulai mempelajari dasar — dasar yang diperlukan dalam programming menggunakan Javascript. Yang dipelajari mencakup tipe — tipe data (berupa angka, string, boolean dan array), sistem angka (desimal, biner, oktal, heksadesimal) serta pengertian objek pada Javascript dan JSON (Javascript Object Notation).

Hari-3

Saya belajar mengenal apa itu algoritma, cara pembuatan flow chart serta cara menulis pseudocose dalam berbagai bahasa baik bahasa manusia maupun pemrograman. Berikut saya mendalami cara penulisan kode Javascript yang baik dengan mengacu pada code style and guide, mengenali function & method, exception & error handling, scope, recursion dan type conversion.

Hari-4

Mengenali perkembgangan pemrograman Javascript saat ini, pengenalan Node.js, transpilation dan transpiler. Pada hari ini juga saya mulai membuat berbagai aplikasi dengan Javascript. Kode saya dibuat dan diimplementasikan pada CodePen. Berikut berbagai program yang dibuat:

  • Membuat fungsi dasar matematika
  • Membuat permainan gunting, batu dan kertas
  • Membuat Contact List

Dalam pembuatan berbagai program tersebut saya memiliki berbagai jenis kesulitan karena belum memahami materi. Sehingga saya memutuskan untuk belajar Javascript dari awal melalui website codecademy.

Membuat program list kontak dengan Javascipt pada CodePen

Hari-5

Pada hari ini saya memahami apa itu web literacy dan berbagai jenis digital skills yang perlu dimiliki tiap orang. Saya juga memahami makna dari open source software serta licensing. Kegiatan dalam satu minggu pun diakhiri dengan membuat sebuah program yang bebas. Saya memilih untuk membuat sebuah aplikasi to-do-list sederhana dengan menggunakan Javascript.

Membuat program to-do-list sederhana dengan Javascipt pada CodePen
One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.