Hacktiv8 Week 3

Happy weekend, semua! Time for another blog post!

Untuk week 3, saya belajar berbagai hal baru terkait DOM, Javascript events, scope, serta berbagai hal lain seperti dev tools ,gambar SVG, ekosistem developer, dll

Hari-1

Hari pertama dimulai dengan berbagai permainan yang menurut saya cukup menyenangkan dibandingkan minggu — minggu sebelumnya. Kami harus memainkan 2 game yang cukup mengasah otak. Meskipun ada beberapa level yang tidak bisa saya selesaikan, namun logika saya jadi lebih terasah ketika menyelesaikan permainan. Berikutnya saya memahami apa itu DOM (Document Object Model) serta memahami Dev Tools yang terdapat pada browser Google Chrome.

Hari-2

Pada hari ini saya mulai belajar tentang events secara umum maupun objek serta memahami kembali tentang scope pada Javascript. Berikutnya saya juga memainkan game pada Codewars.

Hari-3

Di hari ke-3 kegiatan koding pun akhirnya dimulai. Saya harus menyelesaikan 3 buah tugas pada hari ini, yaitu membuat tulisan yang berwarna — warni, mengubah text style dengan event listener serta membuat slider gallery sederhana.

Hari-4

Pada hari ini saya belajar untuk mengenal sebuah gambar SVG. Bagaimana cara membuat dan apa keuntungan yang dimiliki dengan menggunakan gambar berbasis vektor tersebut. Berikutnya saya harus membuat sebuah permainan tebak angka sederhana.

Hari-5

Selain mempelajari ekosistem developer yang ada saat ini, kegiatan utama yang dilakukan pada hari terakhir minggu ketiga ini adalah membuat website menjadi lebih interaktif dengan berbagai Javascript events. Adapun berbagai elemen yang perlu ditambahkan pada website yaitu sebagai berikut:

  • Menambahkan media interaktif seperti video, audio atau google maps.
  • Menambahkan tombol social media.
  • Serta menambahkan berbagai elemen interaktif lainnya seperti pada saat click, hover, key press maupun pengisian form.
Show your support

Clapping shows how much you appreciated TA’s story.