Ternyata Aku Baru Tahu! Ternyata Begini Cara Kerja Mesin Jahit

Saat saya melihat-lihat baju, ternyata pada sisi bagian celana dan baju robek. Ketika itu dipikiran saya terlintas bagaimakah suatu mesin jahit bekerja untuk kain kita? Nah, jika ingin tahu jawabannya, maka cara refensi yang benar untuk mengetahui tentang sekilas itu.

Sejarah dari Mesin Jahit Sendiri

Mungkin sebelum ditemukannya sebuah mesin jahit, menjahit pakaian untuk menutup aurat hanya dilakukan dengan benang dan hanya sebuah jarum yang ditemukan pada pertama kalinya pada abad-abad masa ke-14 dan sesudah itu mulalah dipatenkan oleh Charles Weisenthal pada tahun sebelum kita lahir, pada tahun 1755 “untuk pakai pada sebuah mesin jahit.

Pada 35 tahun kemudian pada tahun 1790, orang yang namanya Thomas Saint juga telah mematenkan mesin jahit yang dibuatnya sendiri, yang ternyata tidak berhasil untuk digunakan seluruhnya. Nah saat itulah banyak orang yang berusaha juga untuk membuat mesin jahit, namun juga ternyata gatot (gagal total).

Kemudian baru berikutnya pada tahun 1830, Barthelemy Thimonnier penjahit yang lahir asli di Prancis ini berhasil membuat sebuah mesin jahit yang ternyata dapat berkerja dengan memakai sebuah benang dan juga jarum bordir. Mesin yang dibuatnya ini, namun ternyata bukan disambut dengan meriah tapi malah disambut dengan buruk oleh kalangan masyarakat sana.

Karena dianggap akan menimbulkan atau menciptakat seorang menjadi pengangguran atau tidak punya pekerjaan.

Setelah itu pada tahun 1846, Elias Howe lahir di asal Amerika Serikat, juga berhasil sama kayak Barthelemy. Namun, dia membuatnya dengan cara dua benang dari arah yang berlawnan dan jarumnya juga yang memiliki lubang pada ujungnya. Dan tahun berikutna, pada tahun 1860, Isaac Singer membuat atau menemukan mesin jahit yang ternyata dapat digerakkan dengan memakai kayuhan pedal kaki yang setelah itu dipasarkan secara luas.

Cara Kerja Mesin yang Memakai 2 Benang

Pertama, Benang yang awal ada pada ujung jarum yang berlubang, dan sedangkan jarum kedua digulung di dalam sekoci. 
Kedua, Kemudian jarum tersebut, setelah itu membawa benang pertama menembus kain sampai mencapai posisi yang terjauh. 
Ketiga, Saat jarum naik ke benang pertama ditinggal dan setelah itu akan membentuk sebuah lengkungan.
Keempat, Hook atau kait yang berada pada luar sekoci, setelah itu akan mengait benang dan akan membawanya mengelilingi sekoci, dan pada akhirnya benang kedua dapat masuk diantara lengkungan pertama tadi. 
Kelima, Terakhir setelah benang yang kedua masuk ke lengkungan benang yang pertama tersebut, jarum akan kembali sendiri turun dan yang akibatnya benang pertama mengencang sendiri dan mengikat benang yang kedua setelah itu.

Untuk lebih jelasnya, kamu akan tahu cara kerjanya di bawah ini:

-Nah, untuk pada bagian bawah kain yang terdapat pada gerigi yang akan berfungsi untuk menggeser sebuah kain, dan yang akhirnya jarum akan terus berada pada beberapa milimeter dari posisi tusukkan jarum pada sebelumnya. Di bawahnya akan tahu apa saja jenis mesin jahit:

Berdasarkan cara kerja operasionalnya:

Pertama, Mesin Jahit Manual atau Mekanik
Kedua, Mesin Jahit Listrik 
Ketiga, Mesin Jahit Komputer

Di bawah lagi, kamu akan tahu mesin jahit yang berdasarkan fungsi dan mekanisme kerjanya:

-Needle, straight stutch atau swing machine (Mesin jahit ini dipakai untuk menjahit secara luas).
-Overlock/Safety-stitch Swing Machine (Mesin jahit yang ini akan berfungsi sebagai menjahit tepian kain untuk mengunci serta akan mempercantik kain kamu, yang punya kreatif tinggi). 
-Zigzag Sitch Swing Machine (Mesin jahit ini dipakai untuk menjahit secara zigzag).
-Buttonhole Swing Machine (Mesin jahit ini dipakai untuk menjahit kancing baju, ini dapat digunakan kalau kancing kamu hilang). 
-Automatic Swing Machine (Mesin jahit yang multifungsi yang dapat berguna seperti 4 mesin jahit untuk di atas). 
-Swing Machine For Leather or Heavy Weight Material (Mesin jahit yang ini dapat berfungsi untuk industri-industri, pada pembuatan sepatu, tas dan lainnya).

Apakah Anda Membutuhkan Mesin Jahit Portable Berkualitas?

Click Here>>”Mesin Jahit Portable Berkualitas”