Review Buku Make Time

Make Time adalah buku karya Jake Knapp dan John Zeratsky yang membahas bagaimana membuat waktu untuk dirimu sendiri disaat kesibukan melandamu. Jake dan John adalah mantan pekerja di industri teknologi. John mendedikasikan 10 tahun bekerja di Google membangun Gmail dan Google Hangout. Jake bekerja 15 tahun sebagai designer untuk perusahaan besar, salah satunya adalah Youtube. Mereka bertemu di Google Venture saat mengembangkan metodologi Design Sprint. Mereka menggunakan strategi dan taktik yang dituliskan di dalam buku ini untuk menyediakan waktu mengejar passion mereka sesungguhnya. Dan mereka pun berganti karir, Jake menjadi penulis profesional sedangkan John menyediakan waktu untuk berlayar jarak jauh.

Rumusan Masalah

Di era modern dan super sibuk seperti saat ini sering kali kita merasa kekurangan waktu untuk melakukan pekerjaan atau hal penting yang ingin kita selesaikan. Kesibukan terkadang menjadi jebakan, sibuk membuat kita melakukan pekerjaan yang seharusnya kita bisa kerjakan nanti. Dan saat kita lelah dengan kesibukan itu, kita habiskan waktu untuk sosial media, film, email, chatting, dan sebagainya.

Supaya memiliki waktu lebih sehingga dapat melakukan hal yang benar-benar ingin dikerjakan, kita harus berhenti menjadi sibuk dengan pekerjaan yang tidak perlu dilakukan dan hindari distraksi yang tidak perlu. Terdengar mudah, namun kita harus memahami sebab utama yang membuat sibuk dan mudah terdistraksi. Menjadi produktif bukanlah solusi mengatasi kesibukan. Keinginan yang kuat pun tidak cukup untuk menghindari distraksi. Yang kita perlukan adalah langkah praktis untuk diimplementasikan ke dalam kehidupan sehari-hari.

Tujuan

Tujuan dari buku ini adalah membantu membuat waktu untuk diri sendiri. Sehingga kita dapat melakukan hal yang ingin kita kerjakan.

Nantikan kisah selanjutnya..