KAPANKAH WAKTU YANG TEPAT UNTUK BEROLAHRAGA?

Olahraga. Satu kegiatan yang satu ini terbilang penting namun begitu sering diabaikan bagi sebagian orang. Alasan sibuk, tak memiliki banyak waktu, dan malas seringkali menjadi kambing hitam bagi seseorang untuk tidak berolahraga. Padahal olahraga bermanfaat untuk menjaga tubuh tetap sehat, bugar, dan jauh dari berbagai penyakit. Nah, bagi Anda yang ingin memulai berolahraga tak ada salahnya menyimak tips dari veganesia tentang cara berolahraga yang tepat.

Waktu yang tepat untuk berolahraga terbagi menjadi 3 yaitu pagi, siang, dan malam. Jika Anda lebih memiliki waktu luang di pagi hari Anda dapat memilih waktu antara jam 05.00–06.30 untuk melakukan olahraga ringan seperti jogging atau yoga. Jika jam 06.30–09.00 dapat Anda manfaatkan untuk olahraga lari. Luangkanlah waktu 30–60 menit untuk berolahraga sebelum Anda melakukan aktivitas lainnya ya. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan sebelum berolahraga untuk menghindari cedera otot. Pemanasan ini sangat penting karena pagi hari Anda belum banyak melakukan aktivitas bergerak. Selain pemanasan ada baiknya jika Anda mengisi perut dengan makanan tinggi karbohidrat untuk cadangan glikogen, air mineral, roti, buah, atau sandwich 60 menit sebelum olahraga.

Selain pagi, Anda juga bisa berolahraga saat siang hari jam 12.00–17.00. Pada saat siang hari udara terkontaminasi dengan radikal bebas sehingga menyebabkan tubuh akan cepat berinteraksi dengan panas. Bagi Anda yang obesitas, Anda dapat memilih waktu ini untuk berolahraga. Tapi jangan melakukannya di pinggir jalan raya karena membahayakan kesehatan. Pilihlah tempat yang teduh dan sejuk seperti taman kota atau sejenisnya. Hindari menggunakan jaket karena jaket dapat menghalangi tubuh untuk berkeringat normal.

Waktu berolahraga selanjutnya adalah malam hari sekitar jam 19.00–21.00. Bagi Anda yang ingin berolahraga malam hari sebaiknya memperhatikan kondisi tubuh, jangan sampai Anda memaksakan diri untuk berolahraga padahal tubuh sudah lelah. Selain itu, sisakan waktu dua jam setelah berolahraga untuk istirahat. Jangan langsung tidur seusai berolahraga ya, karena pada saat itu denyut nadi masih tinggi. Bisa-bisa Anda malah kesulitan tidur nantinya. Pilihlah jenis olahraga ringan seperti jalan kaki atau bersepeda.

Itulah beberapa waktu tepat untuk berolahraga yang dapat veganesia bagikan kepada Anda. Jangan lupa untuk follow IG @veganesia dan kunjungi web www.veganesia.com seusai membaca tips ini. Salam sehat.