Tips Mengurangi Kalori Pada Nasi

Nasi merupakan makanan pokok Indonesia yang tak dapat dihindarkan, namun tidak bagi para pelaku diet atau penderita diabetes. Mereka rela mengurangi konsumsi nasi demi bisa menurunkan berat badan dan kesehatan. Kalori dalam nasi memang dapat meningkatkan berat badan terlebih jika tidak diimbangi dengan aktivitas gerak yang cukup. Namun, tahukah Anda bahwa ternyata jumlah kalori dalam nasi dapat dikurangi? Bagaimana caranya ya? Berikut veganesia akan membagikan tipsnya.

1. Tambahkan Minyak Kelapa Saat Memasak

Nasi mengandung dua jenis pati yaitu pati yang mudah dicerna dan tidak mudah dicerna. Sementara tubuh kita hanya bisa mencerna pati jenis pertama, untuk itu pati jenis kedua harus dihilangkan dengan cara menambahkan minyak kelapa murni saat memasak. Tentunya Anda harus memilih minyak sehat seperti minyak kelapa lingkar organik atau sahani, karena minyak ini diproses dengan dengan hati-hati demi menjaga kualitas.

Cara memasak nasi dengan cara ini adalah Anda perlu menyiapkan beras yang telah dicuci, air, dan minyak kelapa. Takaran minyak yang dibutuhkan sekitar 3% dari beras. Setelah itu masak nasi berserta minyak tersebut hingga benar-benar matang.

2. Melakukan proses pendinginan

Setelah matang lakukanlah pendinginan selama 12 jam. Ini bertujuan untuk menurunkan kadar kalori dalam tubuh. Pendinginan yang dimaksudkan adalah dapat dengan memasukan nasi dalam lemari es atau membiarkannya dingin secara alami (mengeluarkan dari rice cooker).

Cara ini mungkin terkesan merepotkan namun tidak ada salahnya dicoba demi kesehatan. Bagi Anda yang ingin menikmati nasi untuk sarapan perlu memasaknya di malam hari ya.

Itulah tips yang dapat veganesia bagikan. Untuk mendapatkan minyak kelapa berkualitas Anda dapat mengunjungi www.veganesia.com atau follow IG @veganesia. Selamat mencoba.

Sumber :

http://health.liputan6.com/read/2197385/teknik-baru-masak-nasi-sembari-kurangi-kalorinya

https://food.idntimes.com/recipe/winda-carmelita/penelitian-menemukan-cara-baru-masak-nasi-untuk-mengurangi-kalori/full

https://beritagar.id/artikel/gaya-hidup/tip-meminimalkan-gula-saat-konsumsi-nasi

http://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20150325111347-262-41677/cara-memasak-nasi-yang-bisa-kurangi-kandungan-kalori/