Perkembangan Aplikasi Pesan

Aplikasi Pesan
Pesan adalah setiap pemberitahuan, kata, atau komunikasi baik lisan maupun tertulis, yang dikirimkan dari satu orang ke orang lain. Aplikasi pesan adalah salah satu aplikasi pokok yang akan selalu di pakai oleh manusia.
  1. Aplikasi pesan pertama
Nokia 3210

Pada tahun 2008 adalah kali pertama saya mempunyai HP. HP pertama yang saya miliki adalah Nokia 3210. Pada HP tersebut aplikasi pesan masih sangatlah sederhana, karena hanya bisa mengirim pesan dengan menggunakan SMS yang juga memakan pulsa. Selain itu, tampilan dari pesan pun masih sangat sederhana karena hanya menampilkan tampilan hitam putih dan dengan desain grafisnya yang sangat tidak menarik selain itu pada pesan tersebut tidak terdapat emoji-emoji.

2. HP China pertama

HP etouch

Setahun setelahnya, mulai muncullah HP china yang mendominasi pasar dan juga harganya yang murah. Pada masa ini pesan tidak hanya melalui sms saja, tapi sudah bisa mengirim pesan gambar dan suara melalui MMS. Handphone juga sudah bisa mengakses internet dan sudah bisa mengakses facebook, sehingga pengiriman pesan juga banyak dilakukan di facebook. Apalagi facebook memiliki tampilan yang lebih menarik daripada sms dan juga lebih murah dibanding dengan SMS

3. Handphone BlackBerry

HP BlackBerry

Setelah itu muncullah hp BlackBerry, hp ini memiliki aplikasi unggulan yaitu BBM. aplikasi BBM ini, adalah aplikasi mengirim pesan yang lebih menarik di bandingkan dengan SMS. Karena di BBM kita bisa mengirim pesan text, gambar, suara, dan pengirimannya gratis hanya membutuhkan paket internet sehingga tidak seboros mengirim menggunakan pesan. Selain itu, pesan yang dikirim juga lebih cepat sampai dan kita bisa tau apakah pesan tersebut sampai atau tidak dan juga telah dibaca atau belum dari tanda yang di tampilkan di BBM. Selain itu dengan BBM kita bisa membuat status serta mengubah foto profil BBM kita dan juga pertemanan dapat dilakukan dengan mudah, yaitu dengan mengetahui pinnya maka kita bisa mengirimkan pertemanan.

4. Munculnya HP Android

Samsung J3 2016

Dan kini, sudah muncul banyak aplikasi pengiriman pesan seperti WhatsApp dan Line yang paling populer sekarang. Aplikasi-aplikasi ini memiliki desain grafis yang lebih baik dan juga lebih menarik dibandingkan dengan aplikasi SMS biasa. WhatsApp adalah aplikasi pengiriman pesan yang sangat mirip dengan SMS biasa tapi juga mirip dengan BBM dimana kita bisa mengetahui apakah pesan tersebut sudah terkirim dan sudah terbaca atau belum. Perbedaannya adalah, tampilan WhatsApp lebih sederhana dan juga aplikasi tersebut lebih kecil dibandingkan dengan bbm, selain itu WhatsApp juga terhubung dengan nomer handphone kita sehingga kontak dalam smartphone kita secara otomatis akan menjadi kontak WhatsApp kita.

Line juga menjadi aplikasi berkirim pesan paling populer saat ini karena dalam line ada stiker-stiker lucu yang akan menemani dalam berkirim pesan. selain itu tampilan line juga sangatlah lucu dengan tema-tema yang di sediakan oleh line. dan keunggulan line yang lain yaitu ada pada lineToday yaitu portal yang menampilkan berita-berita terkini.

Aplikasi Pesan

Dengan perkembangan teknologi, aplikasi pesan yang dulunya menggunakan SMS kini mulai berganti menjadi aplikasi yang dapat diakses menggunakan internet. Desain grafis pada aplikasi pengirim pesan sekarang pun berbeda dengan aplikasi yang dulu, karena tampilan aplikasi pengiriman pesan sekarang lebih menarik tidak hanya berupa teks tapi juga ada stiker dan emoji-emoji yang lucu sehingga pengguna tidak akan bosan dalam berkirim pesan. Namun, SMS sebagai aplikasi default masih dipertahankan sampai sekarang.

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.