Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Dagang Secara Lengkap

Laporan keuangan perusahaan dagang — Salah satu jenis perusahaan yang mudah untuk dijalankan adalah perusahaan dagang. Kenapa? Karena kegiatan bisnisnya hanya sebatas membeli barang dagangan kemudian menjualnya kembali tanpa mengubah bentuk barang tersebut. Oleh sebab itu perusahaan ini disebut dengan perusahaan dagang, yaitu perusahaan yang memperdagangkan produk melalui pembelian dan penjualan kembali.

Pada dasarnya laporan keuangan perusahaan dagang sama seperti perusahaan lain. Namun yang membedakan adalah elemen-elemen atau jenis akun yang termasuk di dalam laporan keuangan tersebut. Pada artikel kali ini, kami akan menyajikan contoh laporan keuangan perusahaan dagang secara lengkap.

Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi adalah laporan yang mencerminkan aktivitas operasi perusahaan. Laporan ini menyajikan rincian informasi tentang penghasilan, beban, laba atau rugi perusahaan pada periode tertentu. Terdapat dua komponen utama dalam laporan laba rugi, yaitu penjualan dan beban. Sedangkan komponen lainnya adalah harga pokok penjualan. Berikut adalah contoh laporan laba rugi perusahaan dagang.

Neraca

Neraca adalah laporan yang mencatat informasi tentang daftar aktiva, kewajiban, dan modal suatu bisnis pada periode tertentu. Bentuk neraca secara umum dalam laporan keuangan dibagi menjadi dua, yaitu bentuk Staffel atau neraca yang disusun ke bawah dan meletakkan saldo pada bagian samping dengan kolom debit krefit, dan bentuk Scontro yang memisahkan antara aktiva dan pasiva pada posisi kanan dan kiri. Berikut adalah contoh neraca dengan bentuk Staffel.

Laporan Arus Kas

Laporan arus kas adalah laporan yang memperlihatkan jumlah kas yang diterima, seperti pendapatan tunai dan investasi tunai dari pemilik serta jumlah kas yang dikeluarkan perusahaan, seperti beban yang harus dikeluarkan, pembayaran utang, dan pengambilan prive. Berikut adalah contoh laporan arus kas.

Laporan Piutang

Laporan piutang adalah laporan yang menyajikan rincian transaksi penambahan dan pengurangan piutang perusahaan serta saldo akhir piutang masing-masing pelanggan. Laporan piutang biasanya akan menyajikan data-data kode pelanggan, nama pelanggan, saldo awal piutang, penjualan, uang muka, potongan penjualan, retur penjualan, PPN leluaran, pembayaran piutang dan saldo akhir piutang. Berikut adalah contoh laporan piutang yang biasa disajikan oleh Jurnal.

Laporan Utang

Laporan Utang adalah laporan yang menyajikan rincian transaksi penambahan dan pengurangan utang perusahaan, serta saldo akhir utang masing-masing supplier. Dalam laporan utang biasanya akan menampilkan daftar kode supplier, nama supplier, saldo awal utang, pembelian, potongan pembelian, retur pembelian, PPN masukan, pembayaran utang dan saldo akhir utang. Berikut adalah contoh Laporan Utang.

Laporan Persediaan atau Stok Barang

Laporan ini menyajikan rincian stok barang seperti daftar barang beserta kodenya, harga penjualan, stok awal, pembelian barang, retur pembelian, penjualan, retur penjualan, hingga stok akhir yang tersedia pada toko maupun yang ada pada gudang. Berikut adalah contoh laporan persediaan.

contoh ringkasan persediaan barang

contoh rincian persediaan barang

contoh penilaian persediaan barang

Itulah beberapa contoh laporan keuangan perusahaan dagang secara lengkap beserta transaksinya. Dengan laporan keuangan yang lengkap, detail, dan tepat, Anda akan lebih mudah membuat suatu keputusan dalam mengembangkan bisnis Anda. Jika masih merasa kesulitan dalam membuat laporan keuangan, Anda dapat memanfaatkan konsultan pembukuan dari Jurnal. Dengan konsultan keuangan dari Jurnal, Anda tak perlu lagi repot melakukan input data dan mengelola laporan keuangan sendiri. Karena, konsultan keuangan Jurnal akan siap membantu Anda menyajikan laporan keuangan yang baik dan tepat sehingga dapat menjadi acuan atau informasi dalam membuat suatu keputusan.

Namun, jika Anda memiliki karyawan sebagai admin perusahaan, Anda dapat memanfaatkan Jurnal sebagai software akuntansi online yang membantu memudahkan dalam membuat laporan keuangan secara instan sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan bisnis Anda. Dengan Jurnal, Anda juga dapat memonitor keuangan bisnis di mana pun dan kapan pun secara realtime. Info lebih lanjut temukan di sini.