Rumah-Kantor Ternyata Solusi Hemat Bisnis Keluarga Anda

Ketika saya masih kecil, saya sering berkeliaran di rumah dan melihat kesibukan sehari-hari bisnis keluarga papa dan mama saya. Dulu saya berpikir itu sangatlah normal, ketika saya beranjak dewasa saya baru sadar kebanyakan bisnis orang tua teman saya memisahkan kantor dan rumah mereka.

Saya sangat menikmati melihat berbagai aktivitas di rumah pada waktu itu, saya dpt melihat ketika papa dan mama kerja. Kami juga dapat menjadi lebih dekat dibandingkan keluarga yang papa dan mama kerja di luar.

Belakangan ini ketika saya ngobrol dengan mama, saya akhirnya mengerti kenapa dia menggabungkan rumah dan kantor. Ternyata menggabungkan rumah dan kantor itu sangat efektif khususnya untuk bisnis keluarga. Di bawah ini saya akan berbagi tentang kenapa Rumah-Kantor sangatlah berguna dan hemat untuk bisnis keluarga Anda.

Waktu bersama anak

Sebenarnya tujuan utama kita bekerja apa? Menurut saya, untuk membahagiakan keluarga kita. Pemikiran ini sama persis dengan mama saya. Dia bercerita bahwa dulu anak-anak masih kecil, jadi dia berhenti dari pekerjaannya di perusahaan besar untuk memulai bisnis dan kerja dari rumah. Tujuannya adalah agar dapat menemani dan menjaga anak-anaknya. Berkat keputusan mama, semua anak-anaknya termasuk saya mendapatkan gizi yang cukup. Saya dan adik laki-laki saya sama-sama mempunyai tinggi di atas 175 cm. Itu karena mama yang sering ingatin untuk minum susu setiap pagi dan malam, hehe..

Selain itu, kami bertiga juga selalu berprestasi dalam berbagai bidang, karena mendapatkan dukungan dan saran dari mama dalam pertumbuhan kami. Kakak perempuan saya selalu menjadi juara kelas, saya masuk ke SMA yang bagus di Jakarta, dan adik saya mendapatkan beasiswa kuliah.

Untuk era jaman sekarang, lebih gampang lagi untuk memulai bisnis di rumah dengan menggunakan sistem berjualan online. Internet telah mengubah kesempatan ini untuk hampir semua orang. Semua orang punya kesempatan untuk menghabiskan banyak waktu dengan keluarga mereka.🙂

Hemat biaya sewa kantor

Harga sewa kantor tidaklah murah. Untuk sewa kantor di Jakarta, harganya sudah melambung tinggi. Sebuah ruko setidaknya mempunyai harga sewa 50–200 jt per tahun, tergantung lokasinya. Membeli ruko juga tidak selamanya adalah investasi yang baik, karena memiliki banyak biaya maintenance dan harga beli yang terlanjur tinggi untuk banyak wilayah. Setiap penghematan beberapa juta per bulan, bisa dipakai untuk menabung. Uang hasil penghematan juga bisa digunakan untuk memajukan bisnis keluarga Anda.

Hemat waktu di jalan

Jakarta macet-cet-cet. Siapa yang sering kena macet 2 jam di Jakarta? Haha.. sepertinya lumayan banyak ya. Semua orang yang kerja di kantor minimal harus di kendaraan 2 kali dalam sehari, ke arah kantor dan ke arah rumah. Tiap kali berkendaraan, tetap saja harus menghabiskan 30 menit — 2 jam. Ini mungkin terlihat sangat lumrah, tetapi ini sangat merugikan waktu Anda. Sebagai contoh, 2 jam di kendaraan per hari itu sama dengan 48 jam dalam sebulan (asumsi 24 hari kerja per bulan). Berarti Anda di kendaraan selama 2 hari penuh per bulan. 2 hari penuh tersebut bisa Anda pakai untuk mengembangkan bisnis Anda, menghabiskan waktu dengan keluarga Anda, olahraga, memberi pelatihan kepada pegawai dan tim Anda, dll.

Hemat biaya transportasi

Biaya transportasi seperti bensin, tol, dan parkir tidaklah murah. Apalagi kadang-kadang kena tilang, haha.. Peraturan pemerintah seperti ganjil-genap di area Jakarta pusat memang sering menelan korban yang kebingungan. Bensin mobil per bulan berkisaran dari 1–2 juta. Uang tol per bulan bisa mencapai 500 ribu. Uang parkir bisa mencapai 200–300 ribu, tergantung biasa parkir dimana. Biaya transportasi seperti ini bisa dihemat jika kantor dan rumah digabung. Pikiran juga jadi tidak stress dan lebih fokus dalam bekerja. Terkadang setelah terkena macet dan sampai di kantor, pikiran agak penat dan tidak fokus dalam bekerja. Dengan menghemat biaya sewa kantor dan biaya transportasi, sebenarnya uangnya cukup untuk cicilan KPR untuk rumah atau apartemen yang terjangkau.

Hemat biaya listrik dan maintenance

Biaya listrik dan maintenance tidak bisa diremehkan, total keduanya bisa mencapai 1–3 juta per bulan. Biayanya bisa lebih tinggi jika kantor Anda juga harus membayar biaya jasa cleaning service profesional, dsb. Biaya yang tinggi ini bisa dihemat dan mungkin menambah pegawai sales untuk menaikkan omset dan mengembangkan bisnis Anda.

Suasana kekeluargaan dengan para pegawai

Ketika saya masih kecil, saya melihat papa dan mama saya sangat dekat dengan pegawainya. Pegawai-pegawai mereka juga sering bercanda dengan saya dan saudara saya. Karena kantor digabung dengan rumah, suasananya menjadi lebih kekeluargaan. Lebih enjoy aja ketika bekerja, tidak seperti suasana yang punya tekanan jika di kantor. Hasilnya, kinerja menjadi lebih bagus karena mereka senang dan santai ketika bekerja. Mereka menjadi lebih fokus. Tidak hanya itu, mama dan para pegawai membangun hubungan yang lebih dari hubungan antara bos dan pegawai, mereka menjadi seperti sahabat yang saling percaya. Saya yakin suasana kekeluargaan di dalam sebuah bisnis itu sangat bernilai untuk membangun hubungan tim yang erat.

Semoga artikel ini berguna dan menginspirasi Anda dan keluarga Anda.

Jika ingin mengetahui lebih lanjut dapat menghubungi Vincent di +6287769558812.

Info Rumah: Dijual Rumah-Kantor Bersih dan Tenang di BSD City Tangerang (Klik untuk melihat foto-foto rumah)


Originally published at vincenthuberta.com on October 15, 2016.