PKB: Mungkin Ada Perbedaan Perspektif PAN di Koalisi Pemerintah

Wasekjen PKB Daniel Johan (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta — Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto berharap PAN keluar dari koalisi pendukung pemerintah jika kerap beda suara. PKB sebagai sesama parpol pendukung pemerintah, menilai mungkin saja selama ini ada perbedaan sudut pandang antara PAN dengan koalisi pemerintahan.

“Mungkin ada perbedaan perspektif, tapi harus diklarifikasi ke PAN dan PDIP. Perbedaannya mungkin PAN merasa yang harus didukung kebijakan-kebijakan yang eksekutif, bukan kebijakan-kebijakan di luar eksekutif,” ujar Wasekjen PKB Daniel Johan saat dihubungi, Kamis (13/7/2017).

Daniel menuturtkan, bisa saja ada perbedaan pandangan, apalagi soal angka presidential thresold termasuk di internal parpol koalisi pemerintahan. Ia menyarankan sebaiknya jika ada perbedaan diselesaikan di tingkat internal koalisi.

“Itu kan menyangkut kajian parpol, kalau salah menyangkut hidup dan matinya parpol. Jadi, perlu ada persamaan persepsi koalisi sejauh mana, tetapi bagi saya seharusnya jadi urusan internal koalisi lah,” tuturnya.

Sebelumnya, Hasto mengatakan Jokowi membutuhkan dukungan kabinet yang solid serta komitmen dari partai politik yang sudah menyatakan dukungan kepada pemerintah. Parpol yang beda dari perkataan dan tindakan dalam hal loyalitas, tentu mendapat catatan tersendiri. Hal itu disampaikan Hasto saat ditanya soal sikap PAN yang berbeda dengan pemerintah.

“Ketika pihak-pihak sudah menyatakan berbeda ya tentu saja kita harapkan ada sebuah kedewasaan untuk menyatakan berada di luar pemerintahan sekalipun, kita akan hormati. Karena apapun posisi politiknya, baik di dalam maupun di luar pemerintahan itu akan menyehatkan demokrasi. Tapi jangan bersikap setengah setengah, jangan bersikap tidak jelas. Itu yang diperlukan PDIP,” kata Hasto di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Kamis (13/7).
(dkp/knv)

PKB, Mungkin Ada Perbedaan Perspektif PAN di Koalisi Pemerintah

Read more : http://id.vltrends.com/2017/07/14/pkb-mungkin-ada-perbedaan-perspektif-pan-di-koalisi-pemerintah.html

Like what you read? Give Vinh Tạ a round of applause.

From a quick cheer to a standing ovation, clap to show how much you enjoyed this story.