UX Writing Case Study : WeLoveHonda App Racing Page (In Bahasa Indonesia)

Vito Lauda Putra Anta
3 min readNov 9, 2022

Disclaimer: Berikut ini adalah proyek saya di Bootcamp yang diadakan oleh Dibimbing.id.

Pengenalan

Halaman Home Pada Aplikasi Welovehonda

WeLoveHonda adalah aplikasi seluler pertama yang diperkenalkan oleh PT. Astra Honda Motor. Aplikasi ini memberikan berbagai kemudahan bagi pengguna untuk memperoleh informasi mengenai produk sepeda motor terbaru dari Honda.

Dalam UX Writing Case Study ini, saya ingin memfokuskan pada halaman “Racing” yang ada di aplikasi ini.

Apa yang ada pada halaman tersebut?

Halaman Racing Pada Aplikasi WeloveHonda

Halaman ini berisi undangan bagi pengguna untuk menerima notifikasi/pemberitahuan tentang berita balap Honda melalui langganan. Untuk berlangganan, pengguna perlu mengisi nama dan alamat email. Setelah informasi terisi dengan benar, pengguna hanya perlu menekan tombol “Subscribe” yang tersedia di bagian bawah halaman.

Lalu, dimanakah letak permasalahanya?

Copy Asli pada halaman racing di aplikasi Welovehonda

Pada halaman tersebut, terdapat sub-judul yang berisi kalimat “Lakukan subscribe untuk mendapatkan informasi (notifikasi) terupdate mengenai berita racing” Setelah melakukan pengamatan, saya menemukan bahwa kalimat pada sub-judul tersebut perlu diperbaiki karena terkesan kurang tepat dan berulang-ulang.

Oleh karena itu, saya ingin mencoba membuat kalimat pada sub-judul tersebut dengan copy yang lebih baik.

Riset

Rencana Riset

  • Tujuan Riset: Mengetahui pendapat user mengenai copy tersebut.
  • Metode riset yang digunakan : Metode Explain to My Friend. dengan metode ini, saya akan menjelaskan kepada pengguna, agar pengguna dapat memberikan pendapat mereka mengenai copy tersebut.
  • Segmentasi Riset: Pengguna aplikasi welovehonda, dengan rentang usia 18–35 tahun.
  • Copy yang akan di tes : Bagian subjudul yang berisi “Lakukan subscribe untuk mendapatkan informasi (notifikasi) terupdate mengenai berita racing”.

Hasil Riset

Berdasarkan riset yang saya lakukan, berikut adalah beberapa hal yang saya dapatkan :

  • Permintaan untuk berlangganan sudah cukup jelas, namun penggunaan kalimatnya tidak tepat
  • Kata-kata yang digunakan terlalu berulang-ulang, sebaiknya kalimat diubah menjadi lebih sederhana dan lebih memotivasi pengguna untuk berlangganan.

Solusi yang diusulkan

Halaman racing dengan Copy baru

Solusi yang dapat saya usulkan adalah dengan membuat copy yang lebih sederhana, mudah dipahami, dan tidak terlalu berulang. Dengan demikian, saya mengubah copy-nya menjadi “Ingin mendapatkan informasi dan berita balap terupdate? subscribe dengan mengisi formulir di bawah ini

Pelajaran yang dapat diambil

  • Walaupun terdapat banyak aplikasi di App Store dan Google Play Store, tidak semua aplikasi tersebut sempurna, karena masih terdapat banyak kekurangan yang ditemukan.
  • Melakukan penelitian dengan melibatkan pengguna merupakan hal yang sangat penting untuk menemukan kekurangan pada suatu aplikasi. Dengan melibatkan pengguna, kita dapat memperoleh berbagai sudut pandang dari beragam pengguna

Penutup

Berikut adalah penjelasan dari UX Writing Case Study yang telah saya kerjakan. Saya senang telah berhasil menyelesaikan proyek ini, meskipun saya menyadari masih ada banyak hal yang perlu saya perbaiki agar bisa menjadi lebih baik. Oleh karena itu, silakan berikan komentar, pendapat, dan saran di kolom komentar untuk membantu saya untuk menjadi lebih baik. Terima kasih.

--

--