Astronaut: Interview? Let’s make it FUN

Smart, easy & fun. It’s like an interview but much easier. ( Astronaut )

“Astronaut” merupakan sebuah aplikasi mobile yang memungkinkan wawancara dilakukan tanpa harus bertemu. Aplikasi ini mempermudah proses seleksi yang umumnya dilakukan dengan tatap muka. Orang-orang dapat melakukan proses wawancara kapanpun! dimanapun!

Begitulah kira-kira yang dapat saya simpulkan setelah mencicipi aplikasi ini beberapa pekan lalu saat menjalani sesi wawancara suatu organisasi.

Disini saya akan mengulas Astronaut Apps dengan saya sebagai pengguna baru.

#catatan : user merupakan orang yang akan diwawancara

Sederhana, sangat sederhana

Astronaut tidak meminta login atau signup apapun saat pertama kali user membuka aplikasi ini.

Welcome Screen

User hanya diminta unutuk memasukkan kode unik yang telah dikirim melalui email atau media lainnya yang telah diberi tahu penyelenggara sesi.

Namun, bila user ingin mencoba lebih jauh Aplikasi ini tanpa harus memiliki kode unik. User dapat menggunakan kode unik yang disediakan developer sebagai sarana trial bagi user baru.

Welcome Screen

Lengkap, namun tidak ribet

Sesi wawancara identik dengan berkas cetak yang harus dipersiapkan jauh-jauh hari ataupun berkas biodata diri yang banyak. Hal ini sering saya alami bila ingin menjalani suatu wawancara konvensional.

Namun, Astronaut dapat mengatasi permasalahan tersebut dengan digitalisasi berkas user.

input Code

Jelas, instruksi tidak bias

Setelah user meng-input data yang diperlukan, sesi wawancara akan segera dimulai. Diawali dengan halaman konfirmasi apakah user sudah siap atau belum dilengkapi total pertanyaan, prakiraan durasi, dan kuota data yang akan terpakai.

InputData

Informasi yang ditampilkan sangat berguna bagi user baik user baru maupun user yang telah berpengalaman sebelumnya. Terdapat fitur Practice yang memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai tata cara wawancara yang benar.

Instructions

Asyik, apakah ini benar wawancara?

Suasana menegangkan yang tibul saat sesi wawancara merupakan momok yang menjadi rahasia umum. Banyak orang yang pede, mendadak diam saat menjalani sesi wawancara formal.

Lagi-lagi Astronaut telah menyelesaikan permasalahan ini. Sesuai dengan mottonya yakni “Smart, easy & fun. It’s like an interview but much easier”. Astronaut jelas-jelas telah sukses mewujudkan motto-nya.

User akan diberikan sesi untuk mempersiapkan kondisi terbaik untuk menjawab pertanyaan yang akan direkam.

10 seconds before begin

Lalu setelah menekan tombol “ready” user mendapat waktu 10 detik untuk membaca serta memahai pertanyaan yang diberikan. Lalu setelah 10 detik berakhir, user diberikan waktu 45 detik untuk menjawab pertanyaan.

user mendapat informasi real time mengenai volume suara yang terekam serta waktu yang tersisa.

Setelah wawancara berakhir, ada pertanyaan yang memberikan sesi review. User dapat mengulang menjawab pertanyaan, melihat hasl jawaban, dan melanjutkan ke pertanayan selanjutnya.

Canggih, bener deh!

Astronaut bukanlah aplikasi “main-main” yang sekedar jadi. Terkhusus di Indonesia dan negara berkembanga lainnya, koneksi internet yang cepat dan murah masih menjadi impian belaka. Oleh karena itu, Astronaut mampu meng-kompresi video hasil jawaban user sehingga user tidak perlu khawatir mengenai koneksi internet yang kurang stabil.

Compressing Video

Sempurna? Nggak juga sih..

Astronaut saya akui memanglah aplikasi yang keren. Namun, yang saya rasakan masih ada beberapa kekurangan disana-sini.

  1. Tidak ada fitur sinkronisasi akun yang telah ada pada smartphone.

Hal ini menyebabkan uer harus meng-inputdata yang sama berulang kali setiap ingin melakukan sesi wawancara. Alangkah lebih baik bila diberikan fitur sinkroniasai akun.

Kekurangan lain yang di timbulkan yakni celah bagi user untuk meng-input email serta data diri palsu.

2. Tidak ada fitur “selesai menjawab” sebelum timer berakhir.

Default durasi menjawab satu pertanyaan adalah 45 detik. Namun, apabila user telah menjawab sebelum timer berakhir, user tidak bisa melakuka apapun kecuali menunggu. Hal ini sangat menggangu karena user akan tetea terekam hingga akhir waktu menjawab.

3. Tidak ada fitur ganti bahasa.

Belum hadirnya fitur ganti bahasa. Walau memang di zaman globalisasi ini bahasa inggris menjadi satu dari beberapa kemampuan wajib seorang manusia. Apabila ada fitur ganti bahasa tampilan pastinya akan memudahkan user dengan bahasa ibu non-english beradaptasi dengan Astronaut.

#berikut video ulasan astronaut

Sekian ulasan saya mengenai Astronaut Apps. Terima kasih.

Like what you read? Give Vito Rizki Imanda a round of applause.

From a quick cheer to a standing ovation, clap to show how much you enjoyed this story.