#FormFollowFunction — Outerwear

Outerwear

adalah sebuah jargon kekinian untuk menyebut jaket atau luaran. Kata tersebut datang sebagai akibat dari maraknya penetrasi fast fashion brand kebanyakan ataupun brand lokal yang mempopulerkan kata tersebut.

Jadi apakah kalo saya punya jaket bisa dibilang saya memiliki outerwear?
Hmmm, secara harafiah memang bisa dibilang begitu. Tapi konteks outerwear di sini adalah merujuk kepada jaket-jaket dengan siluet yang stylish dan juga memiliki variasi bahan/fabric yang berbeda dibanding jaket pada umumnya.

Terkadang saya juga berpikir bahwa outerwear merupakan istilah yang cukup feminin karena menurut saya arti lain dari outerwear merujuk pada luaran tipis seperti cardigan yang umum dipakai oleh wanita, sementara untuk luaran pria sendiri lebih didominasi oleh bahan yang lebih tebal dan durable seperti denim jacket, field jacket, dan lainnya.

Namun istilah outerwear sekarang juga menjadi abu-abu dengan banyaknya jaket pria yang menggunakan banyak fabric dengan siluet beragam. Pria modern yang begitu banyak mengkonsumi konten fashion dan semakin terpapar tentang pengetahuan style, mempunyai begitu banyak pilihan dalam memilih outerwear, tidak terbatas oleh luaran/jaket yang bersikap tradisional dan maskulin.

Coba kasih contoh dong?!
Bluesville Sakara — Menjadi pionir outerwear pria di ranah brand lokal
Paperfeed co — Laki-laki sudah semakin pede dan sering memakai cardigan untuk tampilan smart casual
Jadi jika memiliki outerwear itu begitu keren dan menunjang penampilan saya, outerwear apa saja yang harus saya punya?

Banyak faktor yang bisa diambil untuk menjawab pertanyaan ini. Faktor-faktor umum seperti karakter masing-masing, preferensi, style, serta tempat tinggal menjadi faktor yang paling mempengaruhi pemilihan.

Preferensi saya dalam pemilihan outer adalah sebagai berikut:

  1. Medium weight / Tinggal di negara tropis membuat kita harus melupakan bahan wool tebal, tetapi juga tidak terlalu tipis hingga membuat kita kedinginan di bawah ac atau pada saat musim hujan.
  2. Versatile / yang bisa kamu pakai untuk naik motor sekaligus berkencan
  3. Timeless / tidak lekang oleh waktu seperti denim jacket.
Penulis suka outerwear kaya gimana sih?

Selain preferensi saya di atas, saya suka outerwear yang mengadopsi konsep militer ke dalam produknya, contohnya jaket M-43 atau jaket M-65. Selain itu, saya juga menyukai jenis field jacket yang memiliki kantong jaket yang fungsional serta stylish. Kalo denim jacket? Tentu saja, itu kan essential wardrobe. Berikut saya kasih beberapa outerwear yang saya pakai sehari-hari:

timemachineco — Covert Military Jacket/ The design is maybe too military with the shoulder flap and four pockets, but that’s how i like it.
Taka Craft — Vision Jacket / Silhouette comes from M-65 jacket.
Paperfeed Coverall — An effortless outerwear that you can easily combine with tees and shirts.
Uniqlo Denim Jacket Type 3 / The deep blue that will fades well and will be your personal favorite.
Punya Inspirasi dalam memakai outerwear nggak?
He’s so cool, right?
I dig this one

Form Follow Function — is a series where I specifically write about my personal take of dynamic wave about style & fashion industry.