2021 Kursus Morgan Empat Set untuk Amerika

weslim kusuma
3 min readJul 27, 2020

taruhan besar Morgan pada masa depan roda empat di Amerika Serikat.Morgan berubah perlahan dan biasanya tidak sama sekali. Struktur inti dari Plus 4 yang baru saja pensiun hampir tidak berubah dari yang digunakan oleh model mobil roda empat pertama pembuat mobil sport Inggris, 4/4 yang diluncurkan kembali pada tahun 1936. Itu bukan retro; itu benar-benar tua.

Plus Four yang baru terlihat identik dengan kecepatan 10 langkah namun hampir seluruhnya berbeda di bawahnya. Sasis baja mobil yang kurang kaku ini hilang, digantikan oleh struktur aluminium yang lebih kuat. Hilang juga adalah kombinasi kuno dari suspensi depan pilar geser dan poros hidup bermunculan di bagian belakang, dengan mobil baru mendapatkan lengan kontrol di setiap sudut.

Morgan selalu agnostik dalam hal mesin, dengan peluncuran asli Plus 4 pada tahun 1950 dengan mesin standar 68-hp yang juga digunakan pada traktor Ferguson. Setelah banyak perubahan selama bertahun-tahun, Plus 4 mengakhiri produksi dengan 154-hp 2.0-liter inline-empat yang dibangun oleh Ford. Sekarang, dalam satu pergantian generasi tunggal, Plus Four membawa peningkatan daya yang lebih besar daripada Plus 4 selama lebih dari tujuh dekade dalam bentuk BMW 2.0-liter turbo-four-liter BMW-4 di bawah kap aluminium. Itu tidak terlalu jauh dari Aero 8 (juga bertenaga BMW) yang memulai debutnya di Amerika Serikat pada tahun 2004.

Plus Four yang nyaris tidak berubah dari aslinya mencerminkan preferensi pelanggan Morgan yang berpikiran tradisional. Tetapi perusahaan juga ingin memulai kembali penjualan mobil yang sepenuhnya dibangun di A.S. di bawah undang-undang mobil replika yang akan datang, yang mengharuskan mobil secara visual hampir identik dengan yang diproduksi setidaknya 25 tahun yang lalu. Di atas sasis baru yang keren, mobil baru ini menempel dengan kombinasi merek dagang Morgan dari aluminium bodywork yang dibentuk dengan tangan di atas kerangka kayu yang terbuat dari kayu ash.

Meskipun tampak seperti bahasa Inggris tradisional seperti penginapan jerami di Cotswalds, Plus Four memberikan pengalaman berkendara yang sangat berbeda dari pendahulunya. Untuk mendemonstrasikan seberapa besar, Morgan membiarkan kami mengendarai Plus 4 terakhir dan Plus Four baru ke belakang, yang terasa sedikit seperti membandingkan obat abad pertengahan dengan operasi modern.

Kelemahan struktur mobil tua dan tidak tepatnya suspensi-nya membuatnya gemetar seperti anjing basah di atas aspal yang kelihatannya halus, sementara berjuang untuk memberikan cengkeraman menikung dalam jumlah yang kecil. Itu memiliki rem kayu-perasaan, kemudi tanpa bantuan yang berat dan hampir sama sekali tanpa umpan balik, dan kabin jaket yang jelas dirancang untuk mengakomodasi orang-orang yang lebih kecil, lebih ramping tahun 1950-an.

Tidak mengherankan bahwa Plus Plus drive baru seperti mobil yang jauh lebih modern, meskipun banyak pesona dunia lama juga membuat transisi. Struktur aluminium jauh lebih kaku, meskipun Morgan bahkan tidak bisa mengatakan dengan tepat berapa banyak. Perusahaan tidak pernah mencatat angka torsional untuk mobil lama, jadi jalur resmi adalah peningkatan beberapa ratus persen.

Masih ada beberapa obrolan dari trim Four di atas permukaan kasar — ​​rangka kayu masih digambarkan sebagai “semi struktural” — tetapi suspensi lengan kontrol jauh lebih unggul dalam menyerap gundukan dan menjaga ban tetap bersentuhan dengan jalan. Ternyata sangat tajam juga, dengan ban Avon musim panasnya menemukan cengkeraman berlimpah dan traksi yang mengesankan, bahkan ketika (ini adalah Inggris di musim panas) ia mulai turun hujan. Kemudi lebih tidak langsung daripada di mobil sport yang lebih fokus, tetapi responsnya masih cukup akurat untuk memungkinkan Empat membawa kecepatan yang mengesankan di jalan berbelok.

--

--