Refleksi Sebuah “C”

Saat itu hari Senin, hari pertama perkuliahan term kedua. Dan nilai term sebelumnya baru saja dirilis.

Advanced Macroeconomics I. 5,9. Grade: C.

Sejenak aku termenung. C?

Merujuk ke peraturan sekolah, nilai C itu dikategorikan pass alias lulus. Kuperhatikan pula nilaiku yang lain, hanya ada nilai yang sejajar dengan good alias bagus. Tidak ada very good, apalagi excellent atau outstanding.

Kapan terakhir kali aku dapat C? Ah, itu tiga tahun yang lalu, saat aku mengambil Pengantar Geometri Diferensial alias PGD. Mata kuliah antah berantah yang kuambil demi mengejar syarat kelulusan.

Saat itu aku memaki diri sendiri. Aku datang ke ibukota Catalunya, jauh-jauh dari ibukota Jawa Barat, untuk belajar makroekonomika dengan saksama. Mata kuliah ini seharusnya bukan mata kuliah antah berantah seperti PGD.

Memang salahku juga. Terlena dengan cara penilaian yang 100% dari final exam. Ketika aku tidak bisa mengerjakan problem set, kuhibur diri sendiri dengan mengatakan, ah, masih ada waktu. Dan ketika waktu menuju ujian sudah semakin dekat, aku tak sadar bahwa catatanku yang puluhan halaman dan berwarna-warni itu tak bisa kubawa ke ruang ujian.

Dan hasilnya mengenaskan. Aku lupa persamaan Euler untuk model Ramsey di tengah ujian. Aku tak cukup paham model directed technological change untuk menjawab soal isian singkat di ujian. Hanya keajaiban yang membuatku ingat untuk memaksimalkan preferensi di soal isian panjang, memberiku jarak 0,9 poin dari nilai D alias fail.

Apa yang salah? Apakah karena aku mengambil tiga kelas advanced padahal belum punya dasar yang memadai? Apakah karena aku memang tidak pernah paham model-model ekonomi yang dipresentasikan dosen di kelas? Atau apakah karena memang topik Macro I, tentang faktor-faktor di balik tren pertumbuhan ekonomi jangka panjang, tidak menarik bagiku?

Mungkin semuanya ada benarnya. Entahlah.

Harusnya, di term kedua ini lebih baik. Aku memutuskan untuk tidak lagi mengambil kelas dengan embel-embel advanced di term ini. Topik Macro II juga sekarang tentang short and medium run dynamics, yang (moga-moga) lebih menarik. Dan, ya, kerjakan problem set dengan baik dan benar.

Semoga ini terakhir kalinya kulihat nilai C.