Followership

day by day, dengan menjadi leader event terbesar institut malah bikin aku belajar tentang “Followership”

heran aja, kenapa di setiap pelatihan, buku-buku, dan semacamnya yang paling digetol-in orang orang mengenai sifat leadership. Jarang banget kita membahas tentang followership, ato bahkan kalian baru pertama kali denger kata itu haha

Followership, the ability or willingness to follow a leader.

tentang bagimana menjadi anak buah yang baik, tentang bagimana kita mempercayai pemimpin kita, memahami kebijakan-kebijakan yang ada, memposisikan diri, selalu memikirkan “apa peranku di kondisi seperti ini” or kayak “apa yang bisa kulakukan untuk mensukseskan tim ini”

bagiku, orang yang punya followership itu lebih mahal daripada sekedar belajar leadership.

and trust me, followership juuuuuuaauh lebih susah daripada leadership. analogi nya gini

ibarat kan kamu adalah seorang pemimpin pleton, ditempatkan di garda paling depan oleh pemimpin. Kemampuan untuk percaya bahwa kamu ditempatkan oleh pemimpin mu di tempat yang sesuai dengan kondisi, kemampuan untuk mau mengeksekusi sebaik mungkin plan pemimpin mu meskipun kamu gak tau secara pasti apa yang dipikirkan pemimpin mu, kemauan untuk respect pada pemimpin itu lah yang dinamakan followership :)

ga gampang kan ya?

idk jaman sekarang apa yang terjadi seakan-akan “Berontak itu keren” menjadi trend, dan hal tersebut yang membuat followership ini menjadi mahal akhir akhir ini

no no no! aku tidak meminta temen-temen untuk menjadi follower yang kayak kacung yang harus nurut sama atasan no no. aku cuma berharap temen-temen menjadi follower yang cerdas, elegant, dan mampu membawa kemenangan tim eventhough temen-temen belum di puncak.

“kemenangan besar selalu diperoleh dari kemenangan kecil-kecil dibawahnya”

satu lagi..

“kemampuan leadership tanpa diikuti kemampuan followership seperti koin 500 tanpa sisi garuda. ga laku”