Selamat Ulang Tahun Twitter! #KarenaTwitter

Selamat Ulang Tahun Twitter! #KarenaTwitter

Typical orang Indonesia.

Kalau ada media sosial baru pasti pengen ikutan bikin, urusan terpakai atau tidak yang penting kalau ditanya “punya (media sosial) ini ga?”, bisa jawab “punya”.

Hal ini juga yang mendasari awal mula saya pertama kali membuat account twitter. Tahun 2010, kalau tidak salah di bulan Oktober akun @wisnukunt lahir. Saat itu Facebook masih menjadi kekasih hati untuk tetap berkomunikasi dengan teman-teman dan menyampaikan keluh kesah. Namun seiring berjalannya waktu ternyata Twitter menawarkan hal baru buat saya.

Awal mula sekali sebenarnya saya menggunakan twitter hanya untuk circle di lingkungan kampus saya. Membawa joke-joke kampus ke ranah publik, membuat hashtag untuk seru-seruan atau mendewakan hari Jumat dengan hastag #FollowFriday dimana kita bisa memberikan suggest pada follower kita akun apa yang bisa kamu follow (padahal ya, yang saya suggest itu temen saya sendiri, yang mana follower saya saat itu teman-teman sendiri yang sudah pasti follow teman yang saya suggest di #FollowFriday but its quite fun for me).

Itu dulu.

Saat ini, Twitter sudah menjadi bagian dalam hidup saya. Bangun tidur buka twitter, di kamar mandi buka twitter, di jalan mau kerja buka twitter, sampai mau tidur saya sempatkan untuk membuka twitter terlebih dahulu walaupun hanya untuk sekedar scroll timeline atau “nyelem” tab trending. Tidak bisa dipungkiri sebenarnya social media lain pun bisa menawarkan hal yang sama dengan apa yang ditawarkan oleh twitter, Facebook contohnya.

Namun, kunci dari Twitter bisa menjadi sesuatu yang enggage-able dengan penggunanya adalah

1. Real Time

Apa yang terjadi saat ini di belahan dunia manapun, bisa kamu baca beberapa menit kemudian di twitter. Siapapun mampu menjadi corong berita bagi followernya. Terlepas dari benar atau tidaknya berita tersebut, itu menjadi kewajiban kita untuk menyaring berita-berita yang hadir, namun betapa responsifnya twitter terhadap kejadian yang terjadi mampu membuat saya menjadikan twitter salah satu media sharing paling up to date saat ini, bahkan mengalahkan media konvensional, seperti televisi.

2. Viral dan Hashtag

#PrayforTurkey

#PrayForFrance

#KamiTidakTakut

#KarenaTwitter

Itu adalah contoh beberapa hashtag yang bisa kamu search di twitter. Dibuatnya hashtag menurut saya memudahkan kita sebagai pengguna twitter untuk menyaring berita dan melihat apa yang sedang ramai dibicarakan oleh pengguna twitter. Tidak hanya pengguna personal, namun hal ini juga dimanfaatkan oleh brand-brand untuk membuat produknya menjadi viral dan mudah ditemukan oleh calon konsumen. Chris Messina adalah pencetus penggunaan hashtag ini yang akhirnya digunakan oleh Tiwtter hingga detik ini untuk menandai sebuah topik yang dibahas.

Penggunaan hashtag (#) untuk membuat pesan twitter lebih teroganisir dan viral adalah salah penemuan paling ajaib yang dihasilkan. Bagaimana kita bisa menggiring netizen untuk membahas sesuatu hanya dengan mencantumkan hashtag dan membuat sebuah topik itu menjadi viral awalnya hanya dapat kita temui di twitter.

3. Eksklusifitas

Hal ini berkaitan dengan personal branding.

Kenapa saya bicara seperti ini? Ini ada hubungannya dengan pengalaman teman saya Koh Afit Husni yang memiliki salah satu nama akun twitter dari tahun 2009, yang akhirnya dijual ke pengguna twitter seharga kurang lebih $1000. Ini membuktikan bagaimana akun twitter itu mampu membangun sebuah image secara personal ataupun perusahaan. Bagaimana eksklusifitas itu didapatkan dari sebuah username. Bagi akun-akun perusahaan, ini bisa menjadi salah satu cara paling mudah untuk diingat oleh netizen. Betapa kecewanya kamu kan jika tidak dapat menggunakan username yang sudah kamu pilih namun ternyata digunakan oleh orang lain? Mending orang, ternyata akun telor yang sudah tidak pernah update lagi.

4. You Got What You Follow

Kamu merasa menggunakan twitter itu ga asik?

Mungkin kamu harus cek lagi following twittermu. Mengutip dari twitter mas @arioadimas sebenernya kamu bisa mangkategorikan akun twitter apa saja yang ingin kamu follow.

Supaya gampang, saya ikutin saran mas @arioadimas ya.

Akun informatif:

@detikcom, @kompascom, @mashable, @NGONOOcom, @roysimangunsong, @aMrazing,

@pitra, @goenrock, @pinotski, @fxmario, @arioadimas, @falla_adinda,

@halief, @arieparikesit, @jokoanwar

Akunkocak: @dewahoya,@makmummasjid, @SBKCF, @seterahdeh, @ariestyorizk,

@RADTHERANDOM, @muktientut,

Akun retweet-able: @Karizunique, @9GAG, @imandita, @pergijauh, @thepopoh

Akun Idola: @CHVRCHES, @SoniaEryka, @raisa6690

Akun tokoh penting: @jokowi

Akun timelinya rapi: @acmilan

Akun dengan satu keminatan: @MilanEye, @MilanEye

Kalau masih kurang kamu bisa cek following saya @wisnukunt.

Nah ini bisa menjadi acuan simple untuk membuat timeline kamu terlihat menyenangkan. Pilihan ada di tanganmu untuk membuat twitter menyenangkan. Menurut saya tidak alasan twitter itu menjadi membosankan, tinggal bagaimana kamu menata followingmu. And let the magic begin.

5. Media sharing

Ada istilah kalau Twitter adalah

“media monolog yang berharap tanggapan dari orang lain”.

Bagaimana kita mengemas pesan 140 karakter itu bisa menjadi menarik bagi orang lain yang akhirnya ditanggapi, dan mendapat respon dari banyak pengguna twitter lain.

“Twitter, twitter ku, saya mau ngomong apa bebas, tapi kalau kamu mau menanggapi ya saya makin senang”

Begitu kira-kira.

Namun akhirnya tidak hanya curahan hati saja yang bisa kita bagikan dengan orang lain, tapi juga hal-hal yang kita ketahui dan rasanya ingin berlomba dengan orang lain menjadi yang pertama mengabarkan tentang situasi apa yang terjadi di dunia ini.

Jika saya berharap membuat sesuatu yang dapat dibagikan kepada orang-orang, viral dan real time, twitter masih menjadi salah satu pilihan penting bagi saya sampai saat ini. Sampai detik ini.

Bagaimana saya diajak untuk membangun personal branding yang dikemudian hari memberikan pekerjaan bagi saya. Bagaimana saya akhirnya bisa membuka koneksi makin luas dan mendapatkan banyak hal positif, Twitter ada dalam bagian itu semua.

Kini usianya sudah 10 tahun, sudah banyak kontribusi yang diberikan Twtter bagi penggunanya baik secara personal maupun massal. Twitter semakin mengembangkan diri dengan banyak sekali fitur-fitur baru yang ditawarkan yang membuat saya sebagai pengguna twitter aktif makin betah untuk menggunakan media sosial ini. Walaupun belum sebesar Facebook, namun yang menarik adalah di perhitungan terakhir ternyata pendapatan twitter semakin meningkat , walaupun pengaksesnya menurun namun ini menjadi berita baik bagi Twitter.

Semoga ini menjadi sinyal positif bagi Twitter dan di usia 10 tahun ini mampu bertahan untuk tahun-tahun berikutnya ditengah persaingan dengan media sosial lain, serta selalu dengan dengan penggunanya. Selamat Ulang Tahun Twitter! #KarenaTwitter

Kalau kamu suka tulisan ini dan ingin mencari tahu tulisan saya yang lain silahkan kunjungi website saya di http://wisnukunt.com/

Enjoy!

Like what you read? Give Wisnu Anugrah a round of applause.

From a quick cheer to a standing ovation, clap to show how much you enjoyed this story.