Scheduling Job in Android

Dalam mendevelop sebuah aplikasi, terkadang kita harus menentukan sebuah proses yang di jalankan secara terjadwal. Misalnya kita membuat sebuah aplikasi movie, dimana ada fitur notifikasi tentang update movie terbaru. Kemudian, kita memerlukan sebuah notifikasi ke user tentang movie terbaru walaupun user tidak sedang berada di dalam aplikasi.

Nah masalah diatas dapat diselesaikan dengan scheduling job. Jadi flow nya di saat waktu yang sudah kita tentukan secara programmaticaly, kita jalanin notifikasi nya. Oke paham yah

Untuk masalah ini dapat kita selesaikan dengan yang namanya AlarmManager. Tapi AlarmManager memiliki kekurangan, yaitu dari sisi performa. So muncullah JobScheduller, kelebihan yang diberikan JobScheduler adalah proses eksekusinya sudah termanajemen dengan baik. Kekurangan dari JobScheduller ialah dia tidak mampu mensupport versi Android dibawah Lollipop.

JobScheduller pun pada dasarnya sama seperti service yang berjalan pada MainThread.

Flow dasar dari JobScheduller seperti ini, kita membuat JobScheduller -> Create objek JobInfo sebagai parameter -> di dalam JobInfo kita tentuin kondisinya untuk mengeksekusi proses -> setelah selesai kita hanya tinggal menset objek JobInfo tersebut.

Kalo kamu udah ngerti konsepnya, bagaimana cara menggunakannya, boleh coba nih easy JobScheduller buatanya om Yigit. Link nya di bawah ini.