Keindahan Alam Bawah Laut Pulau Bunaken

Kecantikan alam bawah laut pulau yang satu ini selalu membuat wisatawan dari berbagai dunia berdecak kagum. Kaya akan biota laut menjadi penyebab mengapa pulau ini bagaikan sihir bagi para wisatawan yang silih berganti datang. Terumbu karang yang terjaga, jenis ikan cantik aneka warna, sangat mudah ditemukan di pulau yang berada di wilayah Sulawesi Utara ini. Pulau ini bernama Pulau Bunaken, satu dari 4 pulau di Taman Nasional Bunaken yang mendunia.

indahnya foto bawah laut di pulau bunaken

Pulau Bunaken terletak di Teluk Manado bersebelahan dengan Pulau Manado Tua, Pulau Siladen dan Pulau Mantihage. Secara administratif, pulau yang memiliki luas mencapai sekitar 8000 hektar ini masuk dalam wilayah Kota Manado.

Menuju ke Pulau Bunaken, wisatawan bisa datang ke pelabuhan Kota Manado atau Pelabuhan Marina yang hanya berjarak 10 menit dari pusat kota. Di pelabuhan ini banyak perahu dan kapal-kapal cepat yang siap membantu wisatawan untuk sampai ke Pulau Bunaken. Biaya sewa perahu berkisar antara Rp900.000-Rp2.500.000. Harga ini tergantung dengan besarnya perahu yang digunakan.

Perjalanan selanjutnya hanya membutuhkan waktu 30 menit untuk tiba di pulau yang telah menjadi kebanggaan Indonesia ini. Dermaga terbuat dari kayu yang memanjang hingga 200 meter, menjadi jalan bagi wisatawan sebelum menginjakan kaki dan masuk lebih dalam ke Pulau Bunaken. Setelah itu, pantai dengan hamparan pasir putih kehitaman menjadi pemandangan yang tersaji di sini. Tampak pula perahu-perahu nelayan dan perahu pengangkut wisatawan berjejer rapi seakan menjadi daya tarik lain dari pulau ini.

Menyusuri Lebih ke dalam lagi terdapat monumen yang memiliki bentuk Pulau Bunaken yang memanjang. Banyak wisatawan yang terlihat mengabadikan diri untuk foto bersama dengan monumen yang satu ini.

Jalan-jalan di tepian pantai menjadi aktivitas yang menyenangkan sebelum terjun ke air laut yang biru. Melihat pembuatan kapal atau melihat kegiatan nelayan yang bergotong royong mendorong perahu ke laut merupakan pemandangan yang bisa disaksikan saat berkunjung ke sini.

Pada bagian tepi ini juga banyak fasilitas penginapan dengan taraf internasional, wisatawan tinggal memilih mana penginapan yang akan dituju. Letaknya pun beragam, ada yang dibagian tepi ada juga yang berada di atas bukit.

Puas melihat keindahan bagian atas pulau, saatnya mencicipi bagian bawah laut Pulau Bunaken yang terkenal indah. Tidak punya atau lupa membawa perlengkapan, jangan khawatir, disini banyak penjual jasa penyewaan alat snorkeling. Bahkan bagi yang ingin menyelam, di sini juga terdapat kelas menyelam lengkap dengan instruktur dan alat penyelaman.

Kecantikan karang hingga ikan-ikan bawah laut Pulau Bunaken terhampar luas memanjang di balik air laut yang biru. Jernihnya air laut bahkan membuat terumbung karang yang tersembunyi dengan mudahnya terlihat.

Terumbung karang di pulau ini sangat unik karena berupa dinding atau tebing yang menjorok ke bagian bawah. Semakin ke bawah keindahan dan kekayaan biodivesitas pulau yang masuk dalam taman nasional ini akan lebih terlihat. Karena itu banyak sekali titik penyelaman yang dapat diselami untuk melihat keindahan bawah laut di pulau ini. Bahkan karena kayanya, banyak penelitian yang dilakukan di pulau ini.

Sebagai tambahan informasi, bagi yang tidak bisa melakukan penyelaman jangan gusar karena hanya dengan berenang di atas air sudah bisa menyaksikan keindahan alam bawah laut Pulau Bunaken. Jangan lupa membeli makanan ikan di tempat penyewaan alat snorkeling. Dengan memberi makanan yang sudah di tangan, dijamin ikan-ikan di sini akan lebih mendekat dan seakan-akan mengajak bermain Anda dengan lincah. [Riky/IndonesiaKaya]