Menjelang peringatan International Day for the Elimination of Violence against Women pada tangga 25 November nanti, saya penasan untuk mengetahui fakta-fakta terbaru tentang kekerasan terhadap perempuan. Dalam pencarian saya menemukan fakta yang berasal dari negara sendiri, Indonesia. Saya pikir ada baiknya untuk saya bagikan agar kita bisa sama-sama meningkatkan perhatian terhada isu tersebut.

Sumber Gambar : Google Image

Pertama, Kekerasan terhadap perempuan di Indonesia cenderung melangalami peningkatan dari tahun ke tahun. Pada 2019 kekerasan terhadap perempuan sebanyak 431.471 kasus. Angka ini meningkat 693% dari 2008 yang hanya 54.425 kasus.


Nepal adalah produsen jahe segar terbesar ke-4 di dunia dan tujuan ekspor utamanya adalah India.

Petani Jahe di Nepal. Sumber : Taking a risk on ginger


BANGLADESH. Iya, negara paling tercemar yang menduduki peringkat nomor satu diantara negara-negara di dunia menurut Indeks Kualitas Udara IQAir tahun 2019. Semua jenis pencemaran terjadi disana, mulai dari pencemaran udara, pencemaran air, hingga pencemaran tanah telah merusak lingkungan Bangladesh.

Gambar : Debu tebal dan asap dijalan raya ibu kota Dholaipar. Foto: Amran Hossain

Sumber Gambar : Pollution the killer

PENCEMARAN UDARA

Berdasarkan data dari Indeks Kualitas Udara IQAir tahun 2019, negara yang paling tercemar adalah Bangladesh dengan konsentrasi rata-rata PM 2,5 sebesar 79ug / m3 atau konsentrasi rata-rata partikel polutan berukuran 2,5 mikron ditemukan 79 mikrogram partikel polutan. Partikel berdiameter…


Secara pribadi saya kecewa dengan ketidakhadiran Bapak Menteri dalam acara Mata Najwa.

Saya senang menonton Mata Najwa karena topik pembahasan yang diangkat selalu relevan dengan situasi dan kondisi yang terjadi di Indonesia. Selain itu Najwa Sihab sebagai pembawa acara selalu mampu mengarahan diskusi, mengkritisi narasumber, mengajukan pertanyaan yang tidak biasa, hingga mengemasnya menjadi sebauh kesimpulan yang baik. Berdasarkan kelebihan tersebut saya menempatkan acara Mata Najwa sebagai salah satu sumber analsisi yang kredibel.

Saya pikir bukan hanya saya yang berpandangan seperti itu. Kiprah acara Mata Najwa dimata masyarakat Indonesia sangat baik karena dinilai mampu mewakili keresahan mereka. Bahkan oleh beberapa pejabat…


Berbicara tentang pariwisata di Thailand siapa yang tidak tahu tentang keindahan pantainya, wisata sejarah, wisata malam atau wisata Ladyboynya yang terkenal itu. Terkenalnya pariwisata Thailand tentunya tidak terlepas dari usaha berbagai pihak seperti agen-agen pariwisata, masyarakat lokal, pengelolah tempat wisata bahkan wisatawan itu sendiri dan pemerintah.

Sumber Gambar : Google Image

Membahas kemajuan pariwisata suatu negara sepertinya sulit untuk menemukan indikator atau ukuran pasti tentang itu. Namun menurut saya salah satunya dapat dapat dilihat dari minat terhadap wisata itu sendiri. Minat wisata yang tinggi akan meningkatkan jumlah wisatawan yang datang berkunjung. Seperti yang ditunjukan pada diagram dibawah ini tentang jumlah…


Pro-Demokrasi Thailand dan Raja yang Tidak Mempedulikan Warganya

Membaca sebuah berita tentang pertumbuhan ekonomi Thailand yang paling minus di diantara negara-negara Asia Tenggara lainnya membuat saya tertarik untuk mencari tahu apa yang sedang terjadi di Thailand, sebagai berikut :

Pertama, Demonstarasi besar-besaran oleh Mahasiswa menuntut Reformasi Monarki Thailand

Setalah 6 tahun, demonstrasi besar-besaran kembali terjadi di Thailand. Demonstrasi kali ini terjadi pada tanggal 19–20 September 2020 yang dilakukan oleh mahasiswa di Thailand. Demonstras belangsung di Lapangan Sanam Luang, di sebelah istana kerajaan di Bangkok.

Menurut perkiraan wartawan AFP jumlah massa yang ikut dalam aksi tersebut berjumlah hampir 30.000 orang. Namun…

Wenny Yasinta

Freelance Event and Writer

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store