From Newbie to Android Dev Heroes

Artikel ini akan berisi kesalahan kesalahan yang sering dilakukan oleh newbie di bidang android development dan saran seharusnya seperti apa agar mereka bisa berubah menjadi heroes.

Gak bisa bahasa inggris

really ? mau belajar programming tapi gak bisa bahasa inggris ?

kenapa kalian harus bisa bahasa inggris ?

  • dokumentasi bahasa pemrograman kebanyakan ditulis menggunaka bahasa inggris, kenapa dokumentasi penting ? karena ketika kalian ingin belajar suatu bahasa pemrograman mulailah membaca dokumentasinya
  • tutorial bagus banyak yang ditulis dengan bahasa inggris
  • gak ada ruginya belajar bahasa inggris

Gak bisa make search engine

kenapa gak googling dulu ?

biasakan cobalah untuk googling dulu sebelum menanyakan hal2 yang umum seperti ini, perhatikan hasil dibawah ini

cobalah beberapa tutorial hasil googling tersebut, ketika menemukan masalah, baru bawa ke diskusi group. Sebagai programmer kalian akan selalu bersahabat dengan search engine, kalian akan sering googling problem kalian ke search engine, kemudian baca literatur yang ditemukan entah itu stackoverflow, atau tulisan blog orang luar.

Bingung mulai belajar darimana

selalu mulai dari official, akses ke link berikut https://developer.android.com/index.html

disana sudah ada banyak sekali materi untuk belajar android development, mulai dari yang sederhana sampai yang advance, jika kurang di halaman tersebut juga disediaka course video online yang dapat juga diunduh secara gratis.

Gak ngerti cara debugging

android sudah pnya tool debugging yang sudah cukup lengkap namanya logcat, jika force close selalu cek logcat untuk mencari masalahnya.

Nanya kayak ke dukun

nanya keforum tapi penjelasannya kurang, terkesan orang2 di forum disuruh nebak kehendak Thread starternya, tips untuk bertanya diforum formattnya paling tidak seperti ini :

  • masalah
  • logcat kalo ada logcatnya
  • snippet code (kalo panjang tempatkan di pastebin.com)
  • apa yang sudah kamu lakukan

sebelum menekan tombol post, pastikan tulisanmu sudah ada point-point diatas, biar yang bantu juga gampang.

Gak bisa java, tapi maksain ngoding android

apps android itu codenya ditulis menggunakan bahasa pemrograman java, please deh belajar java dulu aja kalo mau ngoding android, paling enggak situ paham OOP di java, ngerti cara bikin object, ngerti error-error yang sering terjadi kalo make java (NullPointerException),

contoh kasus ss diatas ini, problemnya adalah javaLangArrayIndexOutOfBonds, kalo dah belajar dari javanya dulu, harusnya doi paham kalo ini error karena akses array dengan index yang salah, array yang panjangnya cuma sampe index 1, tapi mau diakses index 2 nya, ya jelas bakal error.

Show your support

Clapping shows how much you appreciated Annisa’s story.