Kenapa??

Muhammad Yamal Amilun
10 min readSep 12, 2024

--

Gambar diambil dari google, bkn aku yg gambar

Jujur aku awalnya asal milih, bahkan waktu tadi masuk kelas aku lupa nama matkulnya apaan wkwk. Aku cuman tau pokoknya tentang ngolah data gitu lah.. dan seingetku yg buat aku milih matkul ini tuh karena ada kata “generator data”.. dan kebetulan aku waktu itu lagi butuh cara untuk generate data buatan.. jadi aku pilih aja matkulnya TT

Terus kalo ditanya bakal tetep ngambil atau enggak? jawabannya ngambil sih, soalnya aku juga lumayan tertarik sama ngoding, programming, machine learning, dkk (walau gk tau yah ini menarik yg dibayanganku gk tau sama kyk nnt kuliahnya apa enggak wkwk). Terus beberapa alasan lainnya mungkin untuk menuhin sks, dosennya seru, kyknya rame sih ada anak 23 nya (kelas lain anak 22 semua soalnya 💀), terus harusnya gk terlalu susah (soalnya aku udh lumayan sering ngoding dl sma.. sering bolos kelas demi ngoding dan mabar minecraft wkwk), sama materinya InsyaAllah bermanfaat sih.

Terus apa lagi.. harus cerita 10 menit.. 💀

ouh iya, mungkin ilmu-ilmu yg aku ingin dapetin dari matkul ini tuh.. sbnrnya aku lebih tertarik ke generate data sih, kyk augmentation data gitu, gimana caranya kita bisa mensintesis data yg kita perluin tanpa perlu data lapangan (soalnya nyari data lapangan tuh cape TT). Itu yg kebayang aku sih generate data.. cuman gk tau nnt generate data tuh sbnrnya maksudnya apa..

Nah, terus untuk modeling sama analisis data mungkin aku lebih mau ke ilmu teorinya sih.. kyk penurunan/ penggunaan persamaan statistik gitu.. (walau kyknya lebih ke fistat). Kalau ilmu praktiknya.. aku sbnrnya udah pernah coba buat model ai buat ngebedain lantai/meja/permukaan basah sama yg kering make tensorflow. Cuman aku gk terlalu ngerti sama teori matematisnya.. sama cuman tau sedikit konfigurasi.. kalau nanti materinya lebih ke praktik gitu.. mungkin aku mau coba buat pake pytorch atau yg lain.. Tapi sebenarnya aku lebih suka ilmu-ilmu teori sih.. dan pingin tau teori matematis atau analisis data.

Ini udah 10 menit kah?? aku kalau ngerjain nanti suka kelupaan TT

Ini sisanya dipake buat apa ya??

Oke, mungkin yg kebayang aku ya.. setelah selesai matkulnya tuh aku bakal lebih pede kalo urusan ngolah data-data, terus punya portofolio juga di github (dan kyknya aku bakal make github lagi.. soalnya ada pemicu buat make), bisa generate data, bisa buat model AI apapun, tau teknik-teknik untuk ngolah, bisa cari solusi berdasarkan data juga.. bkn cuman solusi, bisa buat simulasi apapun (lebih ke metkom sih tp gk papa), dan bisa membanggakan orang tua.

Masih jauh dari 10 menit dong TT
oke.. kehabisan ide..

Oke, mungkin kurang detail..

Jadi, kenapa aku ngambil matkul ini? mungkin sedikit kompleks, cuman semuanya bermula dari waktu smp. Jadi, waktu smp tuh aku suka main growtopia sama temenku, nah dari situ aku suka mabar sama tetanggaku juga. terus kita ketemu hacker dan ngide buat coba ngehack growtopia make cheatEngine, website, dan lain-lain. Nah, aku gk cuman ngehack growtopia.. tapi semua game aku hack make cheatengine. singkat waktu dari aku yg coba belajar ngehack itu akhirnya kecanduan game.. dan ngide mau buat game sendiri. Itu waktu kelas 8 dan aku coba buat game make stencly.. nah, singkat waktu setelah buat beberapa game, dia kan stencly tuh masih make block-block an doang.. nah, kelas 9 aku mulai belajar java (aku lupa buat apa.. tp aku belajar aja.. walau akhirnya gk buat apa-apa).

Terus akhirnya masuk SMA kelas 10 aku gk ngapa-ngapain.. Nah, terus waktu kelas 11 gitu.. kan libur panjang ya setahun lebih. Nah, disitulah aku buat server discord sm temen-temenku, dan kita mabar game kyk minecraft kyk hampir tiap hari gitu.. sampe kelas pun kadang bolos.. kadang main sambil kelas.. (klo ada yg dipanggil guru waktu main nnt lewat dc dikasih tau biar gk ketauan sambil main wkwk). Nah, selain main game.. aku sama beberapa temenku yg di discord juga belajar koding bareng. Nah, waktu itu tuh pokoknya aku buat banyak banget projekan aneh mulai dari flappy bird tapi di dosbox make bahasa pascal, bot discord, bot wa, web, games pc make unity, mobile (make flutter, react native, android studio semua dicoba wkwk). Temenku juga buat bot untuk auto absen wkwk, terus dia juga buat bot untuk namatin game grinding yg gk mungkin ditamatin :v. Yah, pokoknya kita banyak ngerjain projek.. sampe-sampe materi sma gk ada yg masuk sama sekali wkwk aku juga bahkan pernah sampe ngerjain ulangan mtk.. padahal aku kerjain semua soalnya.. tapi nilainya 0 TT

Dan pada akhirnya kelas 12 tiba, aku sadar diri selama hidup gk belajar apa-apa selain koding wkwk. Saking bingungnya dan udah mau utbk.. akhirnya aku mulai nyicil belajar mtk, fisika, dkk biar bisa masuk STEI (tentu stei dong, masuk fmipa gk pernah terlintas dalam pikiranku :d). Lalu, akhirnya setelah akhirnya mencoba belajar fisika (dulu kyk gk pernah belajar fisika karena gk ngerti, dan gk tau apa-apa ttg fisika wkwk) entah kenapa.. semakin belajar fisika semakin suka fisika.. kenapa?? jadi, awalnya aku belajar mtk dulu.. nah, tapi cara belajarnya agak beda.. pokoknya aku belajar mtk tuh cuman nurunin semua rumus mtk. kenapa?? yah.. penasaran aja sih, soalnya klo nyelesain soal tp gk tau rumusnya asa gk enak aja sih.. aneh gitu.. gk terlalu rame. Akhirnya setelah aku namatin hampir semua rumus mtk, aku coba nurunin rumus fisika.. dan ternyata.. gk bisa wkwk. Akhirnya aku coba nurunin rumus kimia dan ternyata bisa.. aku akhirnya mikir kimia juga susah dan rumusnya aneh-aneh tp terus aku sadar klo rumus-rumus kimia tuh sbnrnya kyk peluang aja. Nah, masalahnya beberapa rumus fisika tuh.. beneran aneh dan aku gk ngerti.. akhirnya makin sini aku makin rajin belajar fisika.. sekali nurunin rumusnya teh kek seneng banget.. dan akhirnya aku makin penasaran sama fisika dan makin suka aja.. terus aku ganti pilihan.. pilihan jurusan pertama fisika ITB dan pilihan kedua fisika UNPAD ✌️

Nah, waktu aku bilang aku ganti jurusan ke temenku.. dia beneran gk setuju.. dan yah.. pokoknya aku debat panjanglah sama temenku. Kyk sampe akhir dia gk setuju aku milih jurusan fisika haha.. tp yah.. begitulah.. ini aku cerita apaan TT

Pokoknya apakah aku menyesal? tidak, aku sekarang juga tetep masih mau masuk FTET walau FTMM juga mau sih (aku penasaran dan mau buat material-material aneh wkwk). Jujur malah aku makin sini makin yakin klo gk salah jurusan sih. Oke, jadi kenapa cerita tadi mempengaruhin aku ngambil matkul ini? ya mungkin karena aku dulunya bener-bener maniak koding.. terus entah kesurupan apa.. akhirnya maniak sains juga.. Jadi mungkin itu alasan aku milih matkul ini.. soalnya jiwa kodingku satunya lagi ya pingin aja gitu.. gk taulah.. ini udh 10 menit harusnya.. 😐

oke…

Mohon maaf kalau ada perkataan yang salah, tidak berkenan, dan tidak baku Pak 🙏

Sekian dan Terima Kasih 🍭

..

Tadi aku udah upload tapi kata mediumnya baru 5 menit TT

Mungkin karena aku udah bingung mau nulis apa.. aku mau cerita yg lain aja deh.. maaf klo gk nyambung sm topik yg diminta 🙏

hmm.. sebenarnya yah.. dulu tuh aku agak skeptis sama data.. kyk data analis atau apapun itu yg membuat keputusan berdasarkan data… menurutku agak konyol sih. Contohnya kyk data analis di suatu perusahaan itu kan dia buat model ai yg nnt bisa ngolah data terus ngebuat prediksi.. bisa prediksi harga.. target konsumen.. dkk. Nah, aku tuh dulu mikir kyk strategi bisnis gitu.. nentuin target pasar.. barang yg akan laku.. pokoknya semua prediksi bisnis itu.. aku mikir idealnya dilakuin oleh manusia lah. Kyk, klo kita jago buat strategi yah.. jualan kita laku gitu.. Nah, ternyata ideologi aku tuh.. terbantahkan haha. Jadi, waktu itu aku iseng-iseng buat model AI untuk ngeprediksi kaggle make tensorflow. Dan, yg ngebuat aku kaget tuh.. akurasi dari prediksi modelnya.. gila 90% lebih. Padahal datanya aku udh bagi 2 kan.. ada data khusus training ada data khusus ngevalidasi akurasi si modelnya. Kalo datasetnya sendiri aku dapetin dari kaggle. Darisitu aku mulai ngubah pandangan aku tentang pengolahan data, sekaligus tentang ai, dan tentang cara dunia ini bekerja haha.

Yang menarik tuh kyk.. ternyata banyak sekali pola-pola yg tdk mungkin kita sadari.. tapi ada dan ternyata disadari AI. Pokoknya darisitu aku kagum banget.. dan ngerasa bisa ngeprediksi apapun sumpah.. kyk keren banget dan gk nyangka lah.. Mungkin contohnya tuh ada dataset tentang karakteristik rumah dan harganya. Dengan data ratusan ribu, mungkin kita sebagai manusia gk akan sadar kalau misalnya rumah warna biru itu harganya secara rata-rata jauh lebih mahal dari rumah warna merah.. tapi kalo model ai tuh pasti ketauan yg begitu.. dan bisa dipelajari dalam waktu yg sangat singkat. Itu tadi juga salah satu contoh yg masih masuk akal bagi manusia.. tapi mungkin ada hasil/ pola yg kita gk akan expect bakal keluar sama sekali. Contoh walaupun rumah warna biru harganya jauh lebih mahal dari rumah warna merah, tapi entah kenapa rumah warna merah yang punya kolam ikan harganya akan jauh lebih mahal dari rumah warna biru yang punya kolam ikan. Nah, kita mungkin sebagai manusia gk akan pernah nyangka hal itu.. tapi klo model ai tuh.. pasti bakal sadar dan dipelajari sm dia.. (bisa jadi overfitting sih, cuman beberapa kasus emg ada pola umum dan bukan overfitting yg kita gk sadari tp ai bisa sadari dan pelajari).

oke.. nulis apa lagi ini TT

Mungkin rencana kedepannya mau ngapain klo punya skill ngoding/ngolah data ini ya? Hmm.. sbnrnya klo rencana jauh aku gk ada.. aku juga bingung.. cuman kalo projek deket tuh ada sih.. ouh iya..

tar aku lanjutin ngetiknya deh.. kapan-kapan.. semoga gk kelupaan.

Oke cerita serius lagi.. jadi sebelumnya aku sempat mention kalau lagi butuh untuk generate data. Nah, data yang digenerate itu dataset dari kolong mobil (bukan kolong mobilnya.. tapi permukaan bagian bawah mobil) kalau bahasa inggrisnya “undercarriage vehicle.” Jadi, aku dapat requestan dari dosen (bukan ITB) sekaligus bos ku di suatu perusahaan (istilahnya magang gitu.. tapi langsung kerja) untuk buat model ai yang bisa ngedeteksi anomali-anomali di permukaan bagian bawah mobil. Kita harus buat perangkat yg bisa ngedeteksi anomali seperti oli bocor, perubahan/ penambahan benda asing, bom, dll. Nah, salah satu permasalahan terbesar itu.. kita gk nemu dataset untuk ngelatih si model ai nya (kyk aku dh nyari di internet buka semua pagenya gk nemu.. nemu aih.. bahkan yg ngejual datasetnya jg gk nemu). Terus kami mikir mau buat dataset sendiri, beberapa caranya bisa dengan buat perangkat hardwarenya dulu terus dibiarin ngerekam semua kendarann yg lewat, buat data sintesis, augmentasiin data-data dikit yg tadi, untuk anomalinya kita kepikiran buat ngedit gambarnya secara manual atau mungkin bisa make model ai lain atau cara lainnya… intinya kita kesusahan karena susah dapet datasetnya. Terus gimana?.. yah akhirnya ganti projek wkwk (gk tau beneran ganti atau enggak sih.. aku liat soalnya udah terlanjur beli beberapa barang untuk projek ini, tp skrg emg lg fokus projek lain, robot sawah [walau aku gk ikutan projekan yg ini dan skrg lagi nganggur TT]).

Mungkin ada yg penasaran kenapa aku bisa magang sekaligus kerja di perusahaan itu? alasannya karena yg punya perusahaannya temen ayahku wkwk. Jadi pure orang dalem.. bukan aku nyari-nyari kemana-mana wkwk. Tapi, yah aku juga bisa diajakin karena emg punya portofolio yg kuat.. waktu semacam wawancara aku nunjukin dan ngasih tau web (sosmed, ai-integrated), aplikasi mobile, game, model ai, pengalaman sql dan mongodb, dkk akhirnya orangnya percaya dan masuk tahap magang sekaligus keterima kerja? (terus remote jg hehe).

Jadi, yah intinya di waktu senggang cobalah mengoding dan buatlah aplikasi-aplikasi aneh sebagai portofolio. Karena kita gk tau kesempatan dan rezeki kita tuh masuknya lewat mana gitu. Ouh iya mungkin yg penasaran darimana aku belajar-belajar gitu.. Pokoknya kalo mau belajar machine learning itu kamu ikutin aja course dari kaggle itu lengkap banget (menurutku untuk buat model yg bagus udah cukup sih, sisanya pinter-pinter kita ngatur konfigurasi model sama augmentasi data). Sebenarnya ngetraining model tuh lebih ke jam terbang sih, pahamin setiap fungsi dari konfigurasinya kyk fungsi dari kernel_size, batch, epoch, optimaze, dkk terus pahamin juga fungsi tiap layer dan pengaruh jumlah node sama konfigurasi lainnya. Pemahaman terkait konfigurasi model ai tuh bisa kita baca dulu teorinya terus akhirnya yah.. coba-coba (tentu karena kita dh paham teorinya.. coba-cobanya tuh lebih teratur.. klo misal gk sesuai dugaan.. berarti ada persepsi yg salah). Terus bagi yg mau belajar buat web.. karena aku make react js, kalian bisa belajar dari docsnya langsung atau di channel yt Codevolution, terus untuk yg mau belajar aplikasi mobile bisa langsung buka docsnya aja.. disitu udah lengkap banget sumpah.. ikutin aja tutorial “build my first app”. Terus yg mau buat bot server apapun yg punya fitur aneh.. cari aja di github terus ikutin docsnya. Terakhir yg mau belajar tensor, relativitas umum, spinors, dkk tontonin channel youtube EIGENCRHIS (asli enak banget ngajarnya aih TT)

Ouh iya, untuk 1 menit terakhir aku mau cerita juga tentang competitive programming. Ini cuman pandanganku yah.. tapi menurutku competitive programming tuh harusnya jadi kurikulum wajib di universitas atau bahkan di SMA gitu. Mungkin sebelumnya bagi yg belum tau competitive programming tuh (disingkat cp) itu kyk kita harus mecahin suatu masalah dengan logika dan programming (kyk klo tpb tuh soal-soal waktu praktikum pengkom). Kenapa ini sangat penting?? soalnya bagiku sendiri dampaknya sangat-sangat kerasa, kyk semakin sering kita ngecp semakin jago kita menganalisa suatu masalah dan nyelesain masalah secara ilmiah. Emg di ITB kan udah ada pengkom ya.. tapi kurang merujuk ke cp nya itu.. bagusnya sih ada matkul cp sendiri wajib 4 sks, uts dan uas full soal cp dan bahkan klo bisa ITB adain lomba lah. Soalnya kyk aku liat anak-anak cp tuh kyk bisa nyelesain masalah apapun, saking susah problem-problem cp jadi mereka udah terlatih gitu otaknya buat nganalisa dan nemuin solusi dari permasalahan yg sangaaaatttt sulitt gitu.. Yah.. intinya di waktu senggang kalian ngecp lah.. sumpah klo dh nyelesain beberapa kasus ngebuat kecanduan cuy. Ini kalau aku bisa buat univ sendiri aku bakal masukin ini ke kurikulum dah.. aku juga bakal nyuruh adik ku buat ngecp haha.. dah lah.. sampe sini kemungkinan udh gk ada yg baca juga TT

Oke.. kalo kata chatgpt udah 12–15 menit klo org Indo yg baca..

Sekali lagi mohon maaf dan terima kasih 🙏

--

--