Member SNSD Juga Doyan Baca

Arif Abdurahman
2 min readMar 1, 2016

--

“Bersama member SNSD lain, aku membaca buku di antara selingan rekaman dan konser,” sebut Seohyun — biasku tercinta. “Kami semua membaca, dan kami selalu bawa satu dua bku di tas kami. Karena aku paling hobi membaca, aku mendapat banyak hadiah buku dari fans, jadi ketika aku sedang di pesawat atau mobil, aku selalu membaca.

“Haruki Murakami sangat terkenal di Korea dan dia jadi penulis yang selalu kutunggu kisahnya,” ungkap Sunny yang mengaku masih ‘terjebak’ dalam dunia 1Q84. “Dalam novel ini beragam kehidupan tokoh-tokohnya saling terikat dalam jalinan kompleks, jadi ini sangat menarik. Karena aku selalu kesepian kalau habis beres baca buku, aku memutuskan membaca novel ini selambat mungkin, haha”

Yuri membaca ‘Essays in Love’-nya Alain de Botton. Sooyoung: ‘The Time Traveler’s Wife’, ‘Drawing Near’, ‘Writing Hope with The Eyes’, ‘The Bridges of Madison County’, dan mengutip sebuah puisi dari Kipling di blognya saat ultahnya kemarin. Dan favoritku, Seohyun, dia ini yang paling doyan baca buku, utamanya buku psikologi dan motivasi. Di suatu wawancara, Seohyun bilang kalau dia baru saja baca ‘The Word of Nietzsche’.

Jadi, sesibuk apa dirimu, sampai enggak sempet-sempetnya meluang waktu buat membaca?

“Apa pun, mudah-mudahan suatu hari Taeyeon dan teman-temannya di So Nyeo Shi Dae akan membaca mereka (karyaku),” harap Eka Kurniawan saat mendapat kabar kalau novelnya akan di terbitkan di Korsel. “Sebagai Sone, itu penting. Ho ho ho.”

Entar pas konser Phantasia di ICE BSD kasih bukumu yang udah diterbitkan dalam bahasa Korea itu buat Taeyeon dkk.

--

--