Design UI/UX KRAMA for Binar Academy

KRAMA adalah apps yang team kami kembangkan ketika menempuh pendidikan di BINAR Academy Batch 7. Apps ini lah yang mengantar kami menjadi Best Team pada Batch 7 Binar Academy.

Masalah yang diangkat disini sesuai tema yaitu “Seni dan Budaya” adalah “Tidak semua pengunjung tempat wisata di jogja itu tahu tentang adat istiadat di tempat itu.” terutama larangan dan aturan khusus di tempat budaya tertentu. Solusinya adalah “Apps yang didalamnya terdapat info yang spesifik tentang larangan dan hal yang harus diketahui user di tempat wisata yang dituju.”

Flowchart nya seperti berikut:

KRAMA Flowchart

Saat first lunch, user akan masuk pada menu onboarding yang didalamnya terdapat info tentang KRAMA dan fitur yang ada di dalamnya, lalu user akan masuk ke homepage. Dari homepage, user dapat mengakses seluruh info tentang tempat dan event. Untuk Wireframe nya seperti di bawah:

KRAMA Wireframe

Setelah beberapa kali usability testing, didapat data bahwa user cenderung menginginkan menu yang simple, dan dapat mengakses info yang diinginkan secepat mungkin. Lalu didapat flow seperti di atas, cukup dengan “Slide and Click” user sudah dapat mengakses fitur utama yaitu info tentang tata krama di tempat yang dituju, sesuai yang ada di database KRAMA.

Krama ada pada 3 platform yaitu Android, iOS dan Web. Untuk mockup nya seperti berikut:

Mockup KRAMA (Android)
Mockup KRAMA (iOS)
Mockup KRAMA(WEB)

Fungsi dari web adalah untuk manajemen konten yang nantinya akan terupdate di apps dan web kami. Di dalamnya terdapat konten CMS yang di setiap row nya ada tips yang memudahkan user dalam pengisian CMS.