Evolution of Video Game Graphics

Game, zaman ini semua orang sudah pasti mengenal apa itu game bahkan bagi orang awam sekalipun. Perkembangan game di dunia ini memang sangatlah cepat, yang dulunya game atau sebuah permainan itu hanya dimainkan dalam bentuk kegiatan secara nyata, namun memasuki era digital sudah banyak game dalam bentuk tampilan antarmuka grafik yang bermunculan di dunia ini.

Saya lahir sebagai anak generasi 90an, pada saat itu sudah banyak bermunculan game-game menarik salah satunya dalam bentuk console playstation. Saat itu sedang boomingnya playstation 1, generasi pertama dari playstation yang memang dapat memainkan game secara interaktif dan menyajikan grafik sangat menarik pada masanya.

Salah satu game favorit saya saat itu adalah winning eleven.

Winning Eleven Playstation 1

Winning eleven merupakan game sepakbola yang sering saya mainkan dulu, game tersebut dapat dimainkan secara multiplayer bersama teman sehingga menjadikannya sangat menarik untuk di mainkan, grafik yang disajikan pun cukup bagus pada zamannya walau masih terlihat 2D, dan juga sudah memiliki bentuk permainan sepak bola yang sesungguhnya.

Beberapa tahun kemudian muncul generasi berikutnya yaitu playstation 2. Pada console ini, game winning eleven tampil dengan grafik yang semakin membaik dan mulai ada kesan 3D pada karakter gamenya.

Winning Eleven Playstation 2

Detail dari grafik game yg ditampilkan semakin membaik dan lebih halus di bandingkan dengan game pada console generasi sebelumnya, perbedaan kualitas grafik saat itu sangat saya rasakan.

Seiring berjalannya waktu, perkembangan tekhnologi di dunia IT sangatlah cepat, tidak lama selang beberapa tahun kemudian mulai muncul banyak sekali game-game dengan kualitas yang sangat baik. Saat itu saya mulai mengenal PC dan berbagai jenis game baru. Bahkan Game sepakbola seperti winning eleven dulu sudah banyak jenisnya seperti PES, FIFA. Tentu dengan grafik yang hampir benar-benar sepertinya nyata.

FIFA 2017

Selain itu bahkan permainan sepakbola yang dulu hanya dapat dimainkan oleh 2 orang, kini dapat dimainkan secara online dengan berbagai orang di penjuru dunia.

Perkembangan tekhnologi yang benar-benar saya rasakan sendiri perbedaannya. Evolusi grafik suatu game yang tak pernah terbayangkan sebelumnya.

Luar biasa bukan?

Like what you read? Give Yoga Permana S a round of applause.

From a quick cheer to a standing ovation, clap to show how much you enjoyed this story.