Materi 3. Membuat Project Pertama Java Di Intelij Idea

Yohanes Ardianus Wee
3 min readOct 14, 2021

--

Hello teman-teman perkenalkan nama saya Andi saya berasal dari Flores Nusa Tenggara Timur Indonesia. Saat ini saya merupakan lulusan Fresh Graduated Program Studi Sistem Informasi. Kali ini saya akan menulis lanjutan materi Java tentang bagaimana membuat project pertama kali di Java dengan menggunakan Intelij Idea.

Catatan : pastikan teman-teman sudah menginstall Intelij Idea nya ya !

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara membuat project Java pertama kali di Intelij Idea bagi teman-teman yang baru pertama kali masuk ke dunia programing atau bisa dikatakan masih pemula yang ingin belajar bahasa pemrograman Java, next langsung saja ya teman-teman :

1.Langkah pertama teman-teman membuka terlebih dahulu Intelij Idea nya kemudian klik button New Project seperti pada tampilan dibawah ini :

3.1 Tampilan Welcome to Intelij Idea

2. Setelah kotak dialog New Project terbuka langkah berikutnya pastikan pilihannya adalah project Java kemudian pada Additional Libraries And Frameworks yang aktif adalah pilihan Kotlin/JVM kemudian klik button next Seperti pada tampilan dibawah ini :

3.2 Tampilan New Project

3. Pada tahap ini teman-teman akan diarahkan ke tampilan yang meminta teman-teman untuk memasukan nama project dan lokasi penyimpanan project Java yang akan dibuat. Pada kasus ini saya memasukan nama project saya adalah Latihan1 dan lokasi project saya berada di directory D:\My Project\Spring Java\Latihan1, teman-teman bebas ya untuk menentukan nama dan lokasi project Java nya, kemudian klik button Finish .

3.3 Tampilan Project Name Dan Project Location

4. Next berikutnya teman-teman arahkan pointer ke folder src pada project Latihan1 kemudian klik kanan pilih New → Java Class dan masukan nama file java nya, silakan teman-teman menentukan sendiri nama file java nya. Pada kasus ini saya berikan nama file Java saya adalah Project1

3.4 Tampilan New → Java Class
3.5 Tampilan Input Nama File Java

Kemudian tekan tombol Enter maka akan muncul tampilan file java seperti dibawah ini :

3.6 Tampilan File Class Java

5. Untuk menjalankan file Java Class tersebut teman-teman terlebih dahulu mengetik Main Function pada Java Class

3.7 Tampilan Fle Java

kemudian klik Logo segitiga terbalik pada panel sebelah kiri untuk merunning program tersebut

3.8 Tampilan Program Java

Oke next berikutnya kita akan belajar Tipe Data Pada Java di artikel berikutnya.

Materi Sebelumnya | Materi Selanjutnya

--

--