Askara Permaculture

Yosoemito
2 min readApr 1, 2018

--

Hallo Semuanya,

Saya ingin sharing nih tentang Permaculture, apasih Permaculture itu?, permaculture banyak yang mengartikan juga Permanent Agriculture, Nah di Indonesia sendiri menurut Saya sistem permaculture itu sudah berjalan dengan sendirinya, tanpa dijadikan teori yang tertulis, namun ada seorang dari Australia yang membukukan teori itu (Sepengetahuan Saya), namanya Bill Mollison, dia disebut “Father of Permaculture”, orang-orang banyak mendapatkan referensi dari Dia terkait Permculture.

Nah Permaculture sendiri akhir-akhir ini menjadi sorotan bagi anak muda hingga orang tua, karena melihat situasi keadaan sekarang terutama dalam konsumsi keseharian yang sudah banyak bahan sintetis masuk kedalam tubuh, akhirnya banyak yang mulai memperhatikan hal tersebut, sehingga banyak gerakan “Hidup Sehat”, terutama di Indonesia sendiri, dan Permaculture adalah hal basic sekaligus holistic dalam memandang fenomena tersebut.

Permaculture sendiri memiliki tiga etika dasar yang biasa digunakan untuk menjalaninya, yaitu: Peduli terhadap Manusia, Peduli terhadap Bumi dan Berbagi Adil. Hal tersebut bisa menjadi landasan untuk memulai. Nah disini Saya akan banyak sharing mengenai Permaculture yang Saya bangun di rumah Saya, tempatnya di Bandung. Saya beri nama “Askara Permaculture”, dengan memanfaatkan rooftop rumah yang tidak digunakan oleh keluarga Saya agar bisa menjadi tempat untuk memproduksi sayuran dan kebutuhan pokok dapur dari rumah sendiri.

Askara sendiri saya ambil dari bahasa sansekerta, yang artinya “Cahaya”, dengan harapan Saya membuat Askara Permaculture ini dengan banyak menyebar kebahagiaan pada sekitar. Sebelumnya, Saya belajar Permaculture sendiri di Bumi Langit, Yogyakarta. dengan dibimbing oleh guru Saya bernama Pak Iskandar Waworuntu. Beliau membawa Saya pada dunia Permaculture dengan sederhana. Yang membawa Saya juga pada orang-orang spesial dalam hidup.

Di postingan pertama ini, cukup sekian yaaa. nanti di postingan berikutnya Saya akan bercerita lagi mengenai perkembangan bayi Askara dan tentang Permaculture yang lainnya..

Bisa di Follow Instagram Askara : @askara.permaculture

Salam Semesta :)

--

--