blueinbin☀️
2 min readJan 1, 2024

Kode Pos — Anin

Ada banyak yang ingin disampaikan untuk Anin ketika di akhir-akhir magang. Kita memang nggak akrab sejak opt atau bahkan sejak hari pertama magang. Tapi, kita punya banyak hal untuk dibagi belakangan ini.

Yang aku ingat dari Anin, Anin salah satu orang yang selalu meyakinkan aku untuk tau kapasitas dan value aku. Aku tau kalau kita semua punya letak ketidak percayaan diri, keyakinan sama diri sendiri, dan aku sering merasakan itu. Anin salah satu yang sering narik aku untuk gak kejebak di keadaan di mana aku lebih sering menyalahkan diri. Kamu yang selalu tanya “are you okay?” dan tentu aja ke semua rekan magang. Manusia selalu ada letak salah dan benarnya, begitu juga kurang dan lebihnya. Aku selalu ingat hal-hal baik yang kita semua punya.

Untuk hari-hari yang berat, magang yang tugasnya berasa gak ada hentinya dan semakin akhir, justru semakin dikejar waktu. Aku mau berterima kasih karena selalu ada cerita setiap harinya yang jauh lebih besar dari capek itu sendiri.

Anin, kamu salah satu rekan magang yang tegas, punya pendirian (lagi-lagi, aku cuma mencatat hal-hal baiknya, ya. Jangan kepedeanಥ_ಥ hehehe). Dan, kamu juga punya rasa peduli yang tinggi untuk rekan-rekan kamu. Aku bisa liat gimana kamu khawatir waktu salah satu dari kita sakit, salah satu dari kita kesusahan, sampai salah satu dari kita kena musibah.

Kalau liat Anin, aku inget bunga aster, kalau liat bunga aster pasti keinget Anin. Bunga aster punya makna penuh kasih sayang, hangat, persis kepribadian Anin. Semoga, bunga asternya gak mudah layu, ya.

You know, the truth is i fell into a slump because i always tried to live up to others’ standards. I struggled because I felt that I was doing a terrible job, when everyone else was thriving. So now, i’m trying to not to worry about others and get to know myself better.

Semoga, di perjalanan selanjutnya. Anin bertemu dengan banyak orang baik, apa pun yang menjadi struggle Anin nanti, bisa kamu lewati. Untuk hal-hal yang nantinya datang tapi bukan kehendak Anin, nggak perlu takut. Karena, hal-hal besar selalu datang, tapi akhirnya bisa melewatinya juga.

Aku mana mungkin lupa jalan-jalan naik motor cari makan, sambil nyanyi lagunya Jaz. Dan berakhir rambut selalu lepek karena kena angin Turen.

See u Anin cantik. Pasti ketemu lagi.

Salam, Nana.