7 Karakteristik ini melambangkan anda adalah leader sejati

*Banyak definisi leader bertebaran di sekitar kita. Tapi yang jelas, jabatan tak berkaitan dengan pemimpin atau leader. Pimpinan sih iya, tapi pemimpin bukan. Pemimpin bukanlah perkara gaji yang tinggi, bukan pula soal posisi di struktur organisasi, melainkan pemimpin adalah tentang kemampuan seseorang untuk menggerakkan, mendorong, memotivasi, dan mempengaruhi orang-orang disekitarnya untuk berjalan bersama-sama pada visi yang diinginkan.*

Dalam bukunya "entrepreneurship", Hisrich, Peters, dan Sheperd (2010) menjelaskan bahwa beberapa karakteristik yang dapat diidentifikasi pada seorang leader, yaitu:

1. Memahami lingkungan
 
Seseorang yang sedang memimpin sesuatu maka ia harus mengenal medan dimana ia berada. Bagaimana lingkungan sekitarnya, bagaimana orang orang di sekitarnya, apa potensi dan peluang yang bisa dikembangkan. Kejeliannya ntuk mengamati lingkungan akan membuatnya berhasil dalam mengelola apa yang sedang direncanakan, kemudian mencapai visi besar yang sudah ditetapkan.

2. Visioner dan fleksibel
 
Jika seseorang itu mampu melihat jauh ke depan, itu tanda tanda leader ada padanya. Kondisi terus berubah sedangkan visi memang tak dapat ditarik mundur, maka seorang pemimpin yang baik ia akan fokus pada pendekatan yang akan ia gunakan untuk menggapai visi tersebut. Memadukan visi dengan fleksibilitas. Fleksibel membuatnya dapat berjalan mengikuti perubahan yang ada. Membuatnya lebih bertahan dalam berbagai goncangan. Ibarat sebuah rumah yang terbuat dari batu, yang satu lagi terbuat dari kayu, maka tatkala gempa melanda, rumah kayu yang bersifat lebih fleksibel akan selamat dari kehancuran.

3. Menghadirkan management options
 
Seorang leader itu tampak saat ia mampu mengakomodasi berbagai pendapat yang ada dalan kafilahnya, mampu menengahi berbagai masukan dan memberikan berbagai alasan yang logis dibalik setiap keputusan yang di ambil.

4. Membangun teamwork, bukan individual

Karakter lain yang diidentifikasi dari seorang leader adalah caranya bekerjasama dan menjadi ibarat dirigent yang menggerakkan orang orang disekitarnya untuk bekerja secara harmonis.

5. Mendorong open discussion

Seseorang tersebut juga menghadirkan diskusi terbuka. Tidak tertutup. Tidak saklek. Tidak pula keras kepala untuk kokoh pada satu atau dua keputusan. Dengan diskusi terbuka, dia mencoba menelurkan lebih banyak solusi. Lebih banyak kepuasan. Sehingga ikatan emosional pun lebij tergerakkan.

6. Peduli dengan orang disekitarnya

Ia menghargai. Ia mencintai. Ia menyayangi. Ia pula yang menaruh perhatian dan empati kepada orang orang disekitarnya. Tanpa perlu diminta, ada secercah inisiatif untuk tanggap lebih cepat ketimbang orang lain tatkala melihat situasi yang menyulitkan orang orang disekitarnya.

7. Tahan banting, dan punya komitmen yang tinggi

Karakter lainnya yang tampak pada seorang leader adalah sikapnya yang pantang mundur. Punya kemauan keras. Tahan banting, meski diuji dengan berbagai kesulitan dan rintangan. Semua ia lalui bak meloncati bebatuan sungai yang mengalir di bawahnya aliran air yang deras. Komitmen yang ia tunjukkan tersebut secara tidak langsung pula membawa gairah ke seluruh pihak disekitarnya.

Di akhir ini, saran saya kepada siapapun yang rindu untuk menjadi seorang leader, maka pertama tama jadilah leader yang baik bagi diri anda. Mampu mengakomodasi semangat positif berupa komitmen terhadap apa yang telah di deklarasikan.

Setelah itu, cukupkan membaca buku buku tentang leadership, langsung aksi dan turun ke tengah lingkungan anda, berbuatlah sesuatu. Karena cara terbaik agar anda paham terhadap poin poin di atas dalah dengan, melakukannya sendiri. Biarkan tangan anda kotor. Biarkan keringat mengucur. Biarkan tubuh berpeluh. Biarkan saja! Sampai anda paham bahwa hal tersebut tidak mudah

.
.
.
Radikal Yuda
@Masjid Pogung Dalangan

Sumber gambar: unsplash

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.