CPNS 2020 : Apa yang Perlu Diketahui tentang SKD CPNS?

jadi pinter
Aug 31 · 2 min read

SKD CPNS merupakan singkatan dari Seleksi Kompetensi Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil. SKD CPNS merupakan salah satu tahapan tes dalam rekrutmen CPNS yang terdiri dari 100 soal. Dalam pengerjaan tes ini, ada sistem skoring dan passing grade yang menentukan pelamar lolos atau tidak.

Lantas, apa saja yang perlu diketahui mengenai SKD CPNS? Berdasarkan Permenpan RB Nomor 24 Tahun 2019, disebutkan tes SKD meliputi Tes Wawasan Kebangsaan ( TWK), Tes Integelegnsi Umum ( TIU), dan Tes Karakter Pribadi ( TKP).

Untuk TWK, peserta akan dinilai dari segi penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan materi Nasionalisme, Integritas, Bela Negara, Pilar Negara, dan Bahasa Indonesia.

Sementara untuk TIU, peserta tes akan dinilai dari aspek kemampuan verbal (analogi, silogisme, analitis), kemampuan numerik (berhitung, deret angka, perbandingan kuantitatif, soal cerita), dan kemampuan figural (analogi, ketidaksamaan, dan serial).

Kemudian untuk TKP dilakukan untuk mengukur pelayanan publik, jejaring kerja, sosial budaya, teknologi informasi dan komunikasi, serta profesionalisme.

Image for post
Image for post

Jumlah keseluruhan soal CPNS adalah 100 butir, yang terdiri dari 35 soal TKP, 35 soal TIU, dan 30 soal TWK. Penilaian dilakukan dengan sistem Skoring. Soal CPNS TIU dan TWK dinilai benar dan salah. Jika peserta menjawab dengan benar, maka akan mendapatkan nilai 5 (lima). Sementara, jika salah atau tidak menjawab diberi nilai 0 (nol). Untuk penilaian materi soal TKP, jika peserta menjawab nilainya memiliki rentang dari 1–5 (satu hingga lima), dan tidak menjawab diberi nilai 0 (nol).

Oleh karena itu, nilai kumulatif maksimal sebanyak 500, terdiri dari nilai maksimal untuk TKP sebesar 175 (5 x 35 soal), TIU sebesar 175 (5 x 35 soal), dan TWK sebesar 150 (5 x 30 soal).

SKD CPNS 2020 memang ditiadakan sebab masih merebaknya Covid 19 di Indonesia. Kabarnya akan digabung dengan SKD CPNS 2021. Namun apa salahnya jika kita menyiapkan belajar SKD CPNS sejak dini. Ada banyak cara untuk belajar SKD CPNS, salah satunya adalah mempelajari soal-soal CPNS secara mandiri. Salah satu referensi yang bisa Anda lakukan adalah mengikuti group atau follow Instagram yang memuat banyak soal — soal CPNS yang diberikan GRATIS. Salah satu Instagram yang bisa Anda ikuti adalah @soalcpns1menit pada link berikut : Kumpulan Soal SKD CPNS.

Soal CPNS 1 menit ini merupakan Instagram yang memiliki konten contoh soal-soal SKD CPNS yang dibahas maksimum 1 menit. Bagaimana? Penasaran?

Yuk, join!

Tanya Soal SKD CPNS : 0857 3013 5166 (Whatsapp Only)

Welcome to a place where words matter. On Medium, smart voices and original ideas take center stage - with no ads in sight. Watch

Follow all the topics you care about, and we’ll deliver the best stories for you to your homepage and inbox. Explore

Get unlimited access to the best stories on Medium — and support writers while you’re at it. Just $5/month. Upgrade

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store