Paper clips challenge

YS_Designer
4 min readAug 15, 2023

--

assalamualaikum warhmatullahi wabarakatuh.

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِي هَدَانَا لِهٰذَا وَمَا كُنَّا لِنَهْتَدِيَ لَوْلَا أَنْ هَدَانَا اللّٰهُ ، اَشْهَدُ اَنْ لۤا اِلٰهَ اِلَّا اللهُ وَاحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ، وَ اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدً عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، لَا نَبِيَّ بَعْدَهُ

baik lewat tulisan kali ini , saya akan sedikit berbagi pengalaman dan cerita pada challenge paper clips yang saya ikuti pada minggu kemarin tepatnya pada tgl 13 agustus 2023.

sebelumnya saya jelasin apasih arti dari challenge ini? yah nama challenge ini adalah paper clis .

yah paper clip . yang mungkin benda ini tidak asing di mata kita yah , jadi challenge nya atau tugas nya adalah . kami di kasi 1 paper clips setiap satu mahasiswa , dan di tugaskan untuk menukar barang sekecil ini ke barng yang sedkit lebih berharga, sampai dengan penukaran yang lebih tinggi. jadi tugasnya seperti itu , apakah kalian yakin ini bisa ? yah awalnya sih ragu , ada gak yah orng yang mau nuker barang semisal ini , liat aja wujudnya sekecil ini gak punya harga pulak. ragu sih , tapi klw gak di coba ragunya gak berubah hihi…wes lah meskipun terbilang sulit yah harus di coba dulu yah kan, barangkali dapet mobil hihihi.. lajut

jadi pagi itu jam 7.00 saya coba lah ke kios fotocopy berharap bisa di tuker jadi apalah gitu , pulpen bisa juga hihi… tpi nihilnya malah di tolak mentah, caranya kasar pulak :( langsung kena mental saya… baru aja mulai dah kyk gini

tapi mentalnya masih kuat kok. yah harus di coba lagi mungkin krn lupa baca basmalah jadinya di tolak hihi…. canda :)

selnjutnya saya tawarin lagi lah di beberapa tempat sekitaran pasar dayeuh , tpi gak ada satu pun yang mau nuker . ada yang jutek ada yang gak peduli banyak lah pokoknya :(

gak smpe di situ saya tidak menyerah , saya inisiatif cari tempat yang jauh , berngkatlah bareng teman , naek motor ke pasar sentul lumayan jauh dari dayeuh.

nyampe di sana kita coba tawarin lagi . alhamdulillah setelah kesekian kali penawarn ada juga yang mau nuker jadi pulpen hihi….

jadi semngat lagi nihhh ,nyari lah terus smpai 4 kali penukaran dan dapet kaos kaki… alhamdulillah gak menyerah smpai di situ kita terus mencari tapi naasnya tertolak terus, tapi kita tetap berusah mencari smpai waktu tiba,

dan krn waktunya udh larut jadi kita balik ke kosan lah takut telat masuk ke IDN jam 03:00 saya dapet 4 doang, sebenarnya dapetnya bnyak tpi yang bnyak itu penolaknnya :) gak kehitung hihi…..saking bnyaknya.

sampai di kosan, pemeritahuan masuknya di undur ke jam 08:00

akhirnya saya inisiatif mencari lagi , karena saya sedikit iri keteman-teman dapetnya ada yang smpai 12 sedangkan saya masih 4 . tapi dari itu saya gak putus asa , setelah sholat ashar saya inisiatif mencari tempat di sekitar pasar dayeuh lagi , tapi seblum saya mencari.. kadarullah hp saya malah ilang, yah tanpa hp gak ada dokumentasi , seblumnya itu saya sudah mencari ke berbagai tempat sekitaran, mungkin jatoh atau terselip , dan memakan waktu yang lumayan lama karena mondar mandir ke sana sini cari hpnya , alhamdulillah hpnya ketemu, inisiatif lagi untuk mekanjutkan mencari penukaran , dan kadarullah gak dapet, dapetnya cumn penolakan

alhamdulillah terus berjuang meskipun tertolak terus….

yah dari sini saya bnyak beljar dari challenge ini, ternyata tugas ini sangat bermanfaat bagi saya, meskipun hal ini berat awalnya , malu lah,gak pede lah, takut lah. tapi klw gak mencoba gak bakaln mampu

dalam challenge ini benar-benar melatih ke tangguhan , kesabarn dan mental , bgamn kita bisa bersosialisi di muka umum , belajar manajemen cara berdagang , di sini juga kita bisa melihat berbagai macam penolakan , berbagai macam kata-kata penolakan , dari yang kasar lembut dan ada juga yang gak peduli sama sekali ,

challenge ini benar-benar membuat kita menjadi tangguh, kuat dan membangun kepercayaan diri alhamdulillah

paper clip document

semogah dengan kegiatan ini membawa banyak manfaat terutama bagi kami , mahasiswa IDN politeknik , semogah keberkahan selalu tercurah dari segala bentuk atas semua kegiatan-kegiatan yang telah kami lalui, dan keberkahan hidup, harta ,keluarga. atas guru-guru kami dan semua yang ikut andil dalam kegiatan ini termasuk kating-kating yang telah menyempatkan banyak waktunya untuk membimbing kami sampai sekarang, amin.

Barakallufikum……

assalamualaikum warahmatullahi wabraktu.

--

--