Yustina Utami
6 min readFeb 7, 2020

Wedding Day! 21 April 2019 👰

Aloha!

Ini adalah kali pertama aku nulis blog pribadi setelah sempat sekitar 2 tahun lalu jadi content writer untuk salah satu blog wisata di Kota kelahiranku, Magelang.

First of all, aku mengucap syukur alhamdulillah karena sampai detik cerita ini ditulis, berarti aku sudah menjalankan pernikahan selama hampir 9 bulan dan sedang hamil memasuki usia 8 bulan 🙏🏻

Di ceritaku kali ini, aku pengen berbagi tentang hari paling membahagiakan dalam hidupku. Yap! Hari pernikahanku sendiri yang jatuh ditanggal 21 April 2019 lalu. Walaupun pernikahan itu bukan “My Wedding Dream”, tapi alhamdulillah berjalan dengan sangat lancar dan berkesan 🥰

So, konsep awal pernikahanku adalah Intimate Wedding dengan garden party yang dihadiri hanya oleh keluarga dekat. Namun, berhubung ibuku belum pernah mengadakan pesta pernikahan yang bener bener dirayain gede gedean (padahal anaknya 2 cewek semua), jadilah konsep weddingku seperti yang ada di foto dibawah ini.

Anyway, aku adalah anak bungsu dari dua bersaudara. Kakakku (Citra) sudah menikah dengan suaminya seseorang berkewarganegaraan Amerika pada tahun 2015/2016 lalu. Nikahnya sih bener bener simple ala ala nikahan bule yg intimate gitu. Jadilah ibuku cuma syukuran kecil kecilan di rumah.

Suamiku, Dewan, adalah anak bungsu dari dua bersaudara juga. Kakaknya kebetulan belum menikah dan kalo orang Jawa bilang dia “nglangkahi” kakaknya. Jadi dia harus nyerahin semacam kado untuk kakaknya sebagai tanda hormat dan minta ijin untuk menikah duluan.

Kenapa aku menikah dengan suamiku secepat itu? No! Kami sudah pacaran sejak 22 Mei 2010 di bangku SMA. Kebetulan, kakakku juga sedang pulang ke Indonesia bulan April tahun lalu. Berhubung keluarga intiku sedang lengkap, menikahlah aku dengan suamiku di bulan April 2019 kemarin.

Alhamdulillah selama proses meminta ijin untuk menikah, menyiapkan pernikahan, prewedding, sampai hari H, tidak ada halangan yang berarti. Walopun aku saat itu masih kerja di Kalimantan dan suamiku di Magelang, tapi semuanya berjalan lancar berkat jasa keluarga besar dan WO yang sudah aku pilih.

Let’s back to the wedding yaaa 🧐

Konsep weddingku itu percampuran antara Tradisional, Rustic, dan Minimalis. Ibuku adalah orang pertama yang pengen liat anaknya nikah dengan baju adat dan upacara adat ditengah maraknya pernikahan dengan gaun gaun pastel yang super lucu dan gemas.

Bisa dilihat kan baju yang aku dan keluargaku kenakan berupa kebaya dan beskap juga basofi. Bahkan aku memakai “siger” yaitu sejenis mahkota yang identik dengan pernikahan suku Sunda.

Kenapa pake siger sih? Kan kamu bukan orang Sunda. Entah kenapa aku selalu jatuh cinta dengan pengantin yang memakai siger. Terlihat sopan, anggun dan cantik. Pakaian pengantin Jawa sebenarnya juga anggun dan cantik, tapi boleh lah ya momen sekali seumur hidup aku pake siger. Kapan lagi dong kalo ngga pas nikah 😂

Untuk warna, aku memang memilih hitam dan gold yang langsung di acc sama ibu sebagai bundahara terbaik sepanjang masa. Hehe~ Dua warna itu terlihat solid dan tidak mencolok tapi tetap memberikan kesan “mriyayeni” kalo kata orang Jawa.

Next, pelaminan dan dekorasi.

Konsep pelaminan yang aku pilih memang sangat simple. Aku pengen semua orang fokus ke pengantinnya, bukan ke dekorasinya. Jadilah dekorasi ala ala yang terinspirasi dari pinterest 🥰

Lokasi acaraku ini semi outdoor. Jadi ada pendopo yang tidak terlalu luas, dikelilingi halaman yang super luas. Jadi bagian luar untuk wedding gate dibikinkan gate rustic dari kayu dengan warna yang tidak mencolok. Sederhana banget tapi terlihat bagus kata banyak orang.

Disebelah kanan pelaminan, dijadikan tempat makan VIP. Dan di samping pendopo, dijadikan tempat makan untuk tamu undangan umum yang terdiri dari 9 gubug makanan dan 2 meja prasmanan ditambah bonus dari vendor catering berupa coklat fountain yang super duper enak 😍 sayangnya, aku ngga punya dokumentasi foto bagian catering ini 😭

Nah untuk vendor catering, aku sengaja cari yang deket rumah aja. Selain menekan budget catering yang super banyak untuk 600 undangan which is 1200 orang, tentunya kalo ada apa apa dengan mudah didatengin rumahnya si catering itu hehe.

Disini aku pake CINTA CATERING MUNTILAN. Sebelum acara ada test food gratis, bahkan makanannya diantar kerumah saking deketnya sama venue. Ngga main main lho ya nganter makanannya udah kayak mau acaraan, bukan mau test food. Buanyaaaak banget dan enak. Buktinya saudara-saudara semua memuji kelezatan menu masakan catering di wedding day ku ❤️

Untuk Fotografer, aku pake bundling dari WOnya. Nanti semua aku tulis dibawah ya siapa siapa aja vendor yang dipake. Just in case ada yang sedang mencari referensi untuk wedding di sekitaran Kabupaten Magelang, Jawa Tengah 😊

Nah, entertainmentnya, aku sempet bersitegang sama babe. Aku maunya pake band. Tapi tempatnya terlalu sempit. Akhirnya pakai organ dengan dua penyanyi dan lagunya harus lagu islami. No dangdut no koplo no campursari. Gapapalah ya yang penting ngga sepi aja gitu nikahanku 🙃🙃🙃

Oh iya, the last but not least. MUA yang aku pake ini adalah MUA favoritku! Namanya kak Bayu Karisma. Aku jatuh cinta banget sama make up kak Bayu dari pertama nemu di Instagram. Cek cek cek bandingin harga sama yang lainnya, terpilihlah paket Sunda Siger ini untuk wedding dayku.

Memang ya ada harga ada rupa. Aku super duper suka banget sama hasil make upnya yang halus, bold (padahal biasanya pengantin kak Bayu tu sukanya soft hihi), tahan lama, dan aku pede banget setelah di make up. Ya karena memang sebagus itu make upnya beb 😍

Pengantin dan keluarga inti semuanya pakai jasa MUA dari Kak Bayu Karisma and team. Sedangkan among tamu dan penjaga buku tamu aku percayakan ke Salon punya temen kecilku bernama Mba Putri. Overall aku suka sama semuanya ❤️

Sebagai penutup, aku mau bikin list vendor yang aku pakai di hari pernikahanku ini ya. Untuk harga dan lain lain aku kasih contact person sekalian jadi kalian bisa tanya tanya sepuasnya hihi

  • Wedding Organizer (IG : @lee_khan_69)
  • MUA (IG : @bayukarismas)
  • Dekorasi (IG : @alkurnia_wo)
  • Dokumentasi (IG : @roy_anditiya)
  • Seserahan (IG : @syarierpu)
  • E-invitation (IG : @halalindong)
  • Undangan (IG : @kamajaya_kreasindo)
  • Catering (CINTA MUNTILAN, alamat di Dusun Pepe, Muntilan)
  • Venue (IG : @ndalemdjoglo)