Dahulu di salah satu perusahaan tempat saya bekerja, saya diperkenalkan dengan 14 Prinsip-Prinsip Kepemimpinan di Amazon, yang juga secara resmi diadopsi oleh perusahaan tersebut. Secara keseluruhan, saya setuju dengan semua prinsip tersebut dan membantu menyebarluaskannya kepada rekan-rekan sekantor di Bandung. Bahkan saat itu saya sampai pernah mengadakan suatu sesi khusus yang membahas tentang prinsip-prinsip kepemimpinan ini, sehubungan dengan posisi saya di sana sebagai manajer yang membawahi sekitar 70-an orang Software Developer. Saya juga sempat membaca buku yang ditulis khusus untuk mengupas tuntas prinsip-prinsip tersebut.

Pada tulisan ini, saya akan membahas lebih dalam mengenai salah satu prinsip di dalamnya, yaitu Are…


Upaya menerapkan prinsip-prinsip dasar merapikan rumah ala Konmari ke dalam dunia digital.

Pernahkah Anda mendapati setumpuk daftar artikel menarik yang ingin Anda baca tapi tak kunjung terbaca karena keterbatasan waktu atau kesulitan dalam mengaksesnya kembali? Pernahkan Anda melewatkan sebuah email penting yang tenggelam di antara ratusan — atau bahkan ribuan — email tidak penting lainnya? Seringkah Anda merasa waktu berlalu begitu saja setelah beberapa saat menggunakan media sosial? Mungkin itu pertanda bahwa dunia digital Anda sudah terlalu berantakan dan perlu dirapikan kembali. 😁

Photo by Matthew Guay on Unsplash

Tahun lalu istri saya mulai belajar mempraktikkan Konmari di dalam rumah dan hasilnya cukup mencengangkan. Kami berhasil pindahan rumah mendadak hanya dalam waktu empat hari!


Sepenggal kisah unik kami sekeluarga pindahan rumah hanya dalam waktu 4 hari sejak keputusan pindah hingga duduk manis di rumah baru.

Pengantar

Februari ini tepat setahun kami sekeluarga tinggal di Singapura. Itu berarti habis pula masa kontrakan rumah kami yang hanya setahun. Beberapa bulan sebelumnya saya sempat dihubungi oleh pemilik rumah mengenai status perpanjangan kontraknya dan saya menyatakan bahwa saya bersedia memperpanjang kontraknya hingga dua tahun mendatang, karena kami sudah merasa sangat nyaman dengan lokasi dan lingkungan rumah yang kami tinggali ini.

Segala urusan perjanjian kontrak dari pihak saya sudah tuntas sejak November lalu, sehingga kami tinggal menunggu menjelang dimulainya periode baru kontrakan untuk mentransfer tambahan uang deposit yang menjadi kewajiban kami. …


Saya baru saja menyatakan bahwa saya akan sign-out dari Facebook. Tulisan ini menjelaskan beberapa alasannya dan hikmah yang saya peroleh.

Photo by William Iven on Unsplash

Alasan Utama

Sebenarnya sudah sejak lama saya ingin melepaskan ketergantungan diri dari Facebook. Hampir setiap waktu luang untuk membaca yang saya miliki, saya gunakan untuk membuka dan scroll News Feed di Facebook.

Padahal banyak bacaan lain yang seharusnya saya baca, seperti buku O’Reilly yg baru saja saya peroleh aksesnya melalui Safari Books Online, artikel-artikel Medium yang saya bookmark untuk saya baca kemudian, link-link di Refind yang saya masukkan daftar Reading list, ratusan tab di ekstensi OneTab yang saya gunakan untuk menandai halaman-halaman web yang perlu disimak kemudian hari.

Selain dalam bentuk bacaan, ada juga beberapa tontonan berbayar yang sempat saya beli dengan…


Berbagai peralatan yang saya gunakan dalam menjalani aktivitas saya sehari-hari sebagai Ninja di Ninja Van.

Dalam rangka menjawab tantangan Mas Agung Setiawan untuk merutinkan menulis setidaknya sebulan sekali, pada kesempatan kali ini saya ingin sekaligus berbagi tentang perkakas yang saya gunakan dalam aktivitas keseharian saya di Ninja Van. Meskipun menurut saya setup workspace saya gitu doang, tapi kata Mas Agung Setiawan ini bisa jadi penyemangat teman-teman lainnya yang setup workspace-nya lebih keren daripada saya untuk bisa berkarya jauh melebihi saya saat ini. 😁

Arena Pertarungan 🏟 | Hardware

Di Ninja Van, by default setiap engineer mendapatkan jatah dua buah monitor eksternal, demikian pula saya. …


Ini adalah tulisan lanjutan dari tulisan saya sebelumnya yang membahas kebimbangan saya antara framework JavaScript React atau Vue. Bagi yang belum membacanya, silakan baca terlebih dahulu, supaya dapat memahami latar belakang tulisan ini. 😁

Dari judulnya, tentu Anda sudah bisa menebak bahwa pilihan saya jatuh pada React untuk saat ini. Sebenarnya saya sudah menentukan pilihan ini sejak beberapa bulan yang lalu, kira-kira sekitar 2–3 bulan setelah saya menulis tulisan di atas, tapi tidak segera saya tuliskan karena saya masih “kekurangan bahan” 😁. Dengan kata lain, saat itu saya masih belum benar-benar mantap untuk meninggalkan Vue.

Namun beberapa jam yang lalu…


Sistem zonasi yang baru diberlakukan dalam PPDB tahun ini mengundang banyak reaksi masyarakat. Berikut ini reaksi dan opini dari saya. 😁

Baru-baru ini ramai terdengar reaksi penolakan dari masyarakat mengenai sistem zonasi yang baru diberlakukan dalam proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di sekolah negeri di Indonesia.

Bagi saya yang anak-anaknya masih belum masuk usia sekolah, tentunya hal ini belum berdampak secara langsung kepada saya, dan saya tidak perlu ambil pusing karena bisa saja kebijakan ini berubah lagi dalam beberapa tahun ke depan. Tetapi seandainya kebijakan ini masih terus dijalankan hingga akhir masa sekolah anak-anak saya, saya tetap tidak akan ambil pusing atas hal ini.

Sikap saya ini mungkin berkebalikan dengan kebanyakan orang tua yang cenderung khawatir terhadap masa depan anaknya…


Alhamdulillaah, Allah masih memberi kita kesempatan untuk beramal di bulan suci Ramadhan tahun ini. Sepulang shalat tarawih di masjid tadi, saya merenung bersama istri mengenai tekad kami untuk memperbaiki diri dan amalan kami sekeluarga di bulan Ramadhan tahun ini. Renungan tersebut terkait erat dengan proses kepindahan kami ke Singapura.

Photo by Capturing the human heart. on Unsplash

Setelah dua bulan lebih saya tinggal di Singapura bersama keluarga, kami merasa banyak sekali hikmah yang kami peroleh semenjak kepindahan kami dari Bandung ke Singapura. Berikut akan saya bagikan tiga di antaranya.

Kepindahan kami ke Singapura sungguh sangat mendadak. Sebagai sedikit gambaran, bahkan dua bulan sebelum pindahan, saya masih sempat (memaksakan…


Empat tahun sudah saya meniti karir di industri IT. Pada tulisan ini akan saya bagikan berbagai pelajaran yang saya peroleh selama saya menggeluti karir di bidang IT.

Sedikit latar belakang, saya dulu berkuliah di jurusan Teknik Informatika ITB dan baru lulus setelah enam tahun menjalani masa studi, mentok di batas akhir kelulusan 😅. Bagi yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai kondisi saya saat itu, bisa membaca tulisan saya berikut ini 👇🏼.

Perjalanan ini dimulai sejak sebelum saya lulus kuliah, tetapi waktu itu saya sudah menikah. Pada saat itu, saya masih bimbang dengan jalur karir yang ingin saya tempuh, salah satu…

Zain Fathoni

A father, husband, & software engineering enthusiast. https://zainfathoni.com

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store