Apa itu Startup ?

Photo by rawpixel on Unsplash

Sebagai seorang anak it pertanyaan itu sering banget muncul, kadang saya bingung harus menjawab apa, karena definisi startup bagi saya juga masih begitu abstrak, sehingga saya harus jawab dengan sekena saya seperti :

“Pokoknya ya perusahaan rintisan yang memanfaatkan teknologi”

atau semacamnya.

Akan tetapi hari ini saya membaca buku Hello Startup (Yevgeniy Brikman, 2015) disitu disimpulkan dari berbagai sumber bahwasanya startup itu adalah :

Organisasi yang didesain untuk tumbuh secara masif, sedang mencari bisnis model yang repeatable dan scalable serta membangun solusi dalam lingkungan yang sangat-sangat tidak menentu.

Saya bersyukur bahwa Mamiprint.com yang dulu sempat saya rintis masuk kedalam kategori startup tersebut sehingga rasa bersalahku karena menjawab dengan sotoy berkurang hehehe.

Dan saya bersyukur bahwa pekerjaan baru saya juga merupakan startup tersendiri karena menurut Steve Blank dan Bob Dorf di buku The Startup Owner Manual Startup (2012) adalah :

A startup is a temporary organization designed to search for a repeatable and scalable business model. Within this definition, a startup can be a new venture or it can be a new division or business unit in an existing company.

disitu dikatakan bahwa startup bisa merupakan divisi baru atau unit bisnis di dalam sebuah perusahaan, jadi anggap saja saya sedang menjalankan startup hehehe.

Jadi mari kita fokus menjadi sebuah startup yang bener-bener startup, selalu cari masalah dan jangan pernah puas atas kondisi saat ini (tapi tetap bersyukur atas apapun itu ya, nanti dikira saya ngajarin kufur aja) dan responsif akan uncertain condition.

Semangat! jangan lupa ngopi :)