ABP Incubator sebagai salah satu Startup Ecosystem builder di Jogja

Donni Prabowo
Nov 3 · 5 min read

Dalam 5 tahun terakhir, ecosystem industri digital berkembang dengan sangat pesat di beberapa kota besar di Indonesia.

Salah satu indikator berkembangnya ecosystem digital di suatu daerah ditandai dengan banyaknya kegiatan yang lahir dari komunitas-komunitas penggiat industri digital. Banyaknya coworking space serta inkubator bisnis juga merupakan daya ungkit untuk mewadahi event-event komunitas agar bisa tumbuh secara subur.

Inkubator ABP merupakan salah satu inkubator yang sedang mencoba untuk berkontribusi menumbuhkan ecosystem startup di Yogyakarta. Inkubator ini sebenarnya sudah berdiri dari tahun 2013. Pada awalnya inkubator ABP di inisiasi dari kerja sama antara Universitas Amikom dan Kementrian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) dengan nama “Inkubator Industri Telematika Yogyakarta”. Beriringan dengan berakhirnya program kominfo pada akhir tahun 2015, Inkubator ini di kelola secara mandiri dibawah Unit Usaha Yayasan Amikom dan berganti nama menjadi “Inkubator Amikom Business Park (ABP)”.

Inkubator ABP memiliki beberapa program sebagai bentuk kontribusinya menumbuhkan ecosystem industri digital di Yogyakarta.

Startup Talk

Startup Talk merupakan event yang rutin di selenggarakan oleh inkubator ABP setiap 2 minggu sekali. Event ini merupakan event yang terbuka untuk umum yang sekaligus bisa menjadi wadah untuk memberikan panggung bagi para pelaku Industri Digital di Yogyakarta untuk sharing tentang pengalamannya. Sampai sejauh ini, sudah terselenggara 43 kali kegiatan dengan topik yang berbeda-beda, mulai dari pembahasan yang sifatnya teknikal maupun bisnis.

Startup Conference

Sebagai bagian dari pembentuk ecosystem, ABP juga menyelenggarakan event yang mengundang speaker dengan kabiber Nasional maupun Internasional. Harapannya bisa semakin banyak lagi pihak yang melirik Jogja sebagai salah satu tempat dengan ecosystem startup digital yang baik. Startup Conference biasanya ABP adakan 1 sampai 2 kali dalam 1 tahun. Di tahun 2018, Event startup confference yang ABP adakan pada tanggal 12 Mei 2018, dengan speaker Natali Ardianto, Co-founder & ex CTO tiket.com.

Dan tahun ini, 2–3 November 2019, ABP Incubator bekerja sama dengan berbagai pihak menyelenggarakan Event Startup Terbesar di Jogja di Tahun 2019. Yaitu Jogja Startup Day (jogjastartupday). Dalam acara ini ABP Incubator mengundang :

  • 40 Exhibitor
  • 56 Peserta Pitching Competition
  • 30 Narasumber
  • 5 Komunitas
  • 4 Inkubator
  • 6 Investor
  • >1000 Perserta
  • >10 Sesi talkshow dan seminar
  • 25 Startup yang ikut Speed dating
Panel Investor ( Dari Angin, Gobi Venture, Salim Venture, Finix, UMG Idealab)

Startup Clinic

Startup Clinic merupakan program untuk membantu orang-orang yang baru memulai masuk dan tertarik di Industri ini. Peranan inkubator ABP dalam startup clinic adalah sebagai coach, coach tersebut bertugas untuk menggali potensi-potensi yang ada pada peserta program Startup Clinic yang datang ke Inkubator ABP. Sejauh ini masalah yang sering dikeluhkan adalah tentang bagaimana menemukan team dan bagaimana mereka harus memulai membangun startup. Pada kegiatan ini biasanya coach memberikan tantangan-tantangan sederhana untuk menguji konsistensi dan keseriusan peserta. Contohnya, meminta peserta untuk melakukan validasi dengan cara wawancara ke 50 orang yang menjadi calon customernya, atau bisa juga meminta peserta startup clinic untuk menghadiri beberapa event yang diadakan di sekitar Jogja.

Bahkan di tahun 2019 ini, ABP bekerja sama dengan RBTV untuk menyelenggarakan program startup clinic on TV yang dapat tonton di RBTV setiap hari Rabu.

Pra Incubation

Peserta yang mengikuti program pra inkubasi merupakan peserta yang sudah memiliki team dan solusi untuk menyelesaikan suatu masalah. Pada program yang berlangsung 1 bulan ini, peserta akan dibekali dengan materi-materi berkaitan dengan validasi masalah dan solusi. Output dari program pra inkubasi ini yaitu setiap team harus sudah memiliki MVP (Minumum Viable Product) yang sudah di validasi.

Incubation

Pada program inkubasi ini, inkubator akan menghubungkan startup binaannya dengan jaringan inkubator ABP untuk memperoleh pendanaan awal. Sejak 2015 inkubator ABP secara konsisten berhasil mengantarkan startup binaannya untuk mendapatkan modal awal.

  1. Pada tahun 2015, Inkubator ABP menginkubasi 1 tenant dan memfasilitasi funding 250jt.
  2. Pada tahun 2016, Inkubator ABP menginkubasi 2 tenant dan 1 tenant di antaranya memperoleh funding 300jt.
  3. Pada tahun 2017, Inkubator ABP menginkubasi 11 tenant dan memfasilitasi funding masing-masing kurang lebih 350–500jt.
  4. Pada tahun 2018, Inkubator ABP menginkubasi 4 tenant dan memfasilitasi funding kurang lebih 250–350jt
  5. Pada tahun 2019 ini, Inkubator ABP melakukan manuver manuver tajam, ABP menginkubasi 20 Startup yang terbagi menjadi 2 program yaitu Inkubasi Mandiri dan Inkubasi PPBT (kerjasama dengan Kementrian). Hasilnya 8 startup mendapatkan funding sekitar 300 juta dari goverment, dan 2 startup mendapatkan investasi dari Angel Investor dengan nilai jutaan dolar USD.

Selain memfasilitasi dari sisi pendanaan awal, inkubator ABP juga memfasilitasi startup binaannya dari sesi network, co-working space dan mentoring secara intensif. Outcome yang diharapkan dari program Inkubasi ini, diharapkan para startup dapat bertumbuh dengan sangat pesat dan bisa mencapai product market/fit.

Demo Day

Demo Day merupakan kegiatan setelah masa inkubasi berakhir. Pada event ini inkubator ABP akan mengundang stakeholder dan relasi bisnisnya untuk menyaksikan pitching dari startup-startup binaan inkubator ABP. Diharapkan melalui event ini akan tercipta kolaborasi antara startup binaan inkubator ABP dengan stakeholder yang di undang. Bentuk kolaborasi bisa bermacam-macam, bisa berkolaborasi berkaitan dengan akses pasar, maupun kolaborasi dalam bentuk funding untuk round berikutnya.


Lalu sudah sejauh mana keberhasilan Startup binaan Inkubator ABP? Dengan segala keterbatasan yang ada, tim kecil kami selalu berusaha memberikan yang terbaik. Ya, Tentu saja tidak semua startup kami berhasil sustainable. Tapi kami sangat bersyukur, setidaknya kami sudah berhasil membantu “beberapa” startup merealisasikan ide bisnis mereka dan membuat tumbuh berkali kali lipat, ada startup yang ketika datang ke kami revenuenya masih dibawah sepuluh juta lalu menjadi memiliki revenue Milyaran Rupiah saat ini.

Inkubator ABP menyadari membangun ecosystem industri digital tidak bisa dilakukan seorang diri. Oleh karena itu inkubator ABP terbuka untuk berbagai pihak yang ingin berkolaborasi untuk menumbuhkan ecosystem startup digital, khususnya di Yogyakarta. Hal itu kami wujudkan dengan langkah kongkrit dengan membuat event Jogja Startup Day 2019 (jogjastartupday.com), Kami mengundang berbagai stakeholder termasuk Inkubator Inkubator yang sama sama ingin membangun ekosistem Jogja.

Saat ini semua program Inkubator ABP terbuka untuk umum (tidak hanya untuk mahasiswa atau alumni Amikom). Jadi bagi siapapun yang ingin datang untuk sekedar berkonsultasi atau networking bisa datang ke Inkubator ABP. Atau bisa juga mulai dengan follow IG kami, @abpincubator . Juga follow chanel medium kami di

ABP incubator

liputan bisnis startup terkini

Donni Prabowo

Written by

Startup Enthusiasm | CEO at indonesiait.com | Manager at Inkubator Amikom Business Park

ABP incubator

liputan bisnis startup terkini

Welcome to a place where words matter. On Medium, smart voices and original ideas take center stage - with no ads in sight. Watch
Follow all the topics you care about, and we’ll deliver the best stories for you to your homepage and inbox. Explore
Get unlimited access to the best stories on Medium — and support writers while you’re at it. Just $5/month. Upgrade