Adjie Santosoputro

Saya sangat senang, kita bisa bertemu di sini. Selamat datang dan selamat memulai perjalanan dalam keheningan untuk belajar bahagia dalam hidup ini.

Website ini sebagian besar berisi tulisan-tulisan mengenai cerita pengalaman hidup saya yang berkaitan dengan belajar bahagia di tengah kegiatan sehari-hari saya, dan juga di dalam berkarya.

Kebahagiaanlah yang membuat kita mampu memberi makna kehidupan. Melalui tubuh di sini, pikiran juga di sini, berbekal kesadaran penuh kehadiran utuh di sini-kini (mindfulness) - bukan di masa lalu maupun masa depan - dan melatih diri hidup sederhana dan berhemat, bukan serakah mengejar kemewahan, maka kita akan dapat lebih mempererat hubungan dengan orang-orang yang kita cintai. Lebih mampu bersyukur, ikhlas, memperbaiki diri, mengelola marah, tenang, dan fokus kepada hal-hal yang memang benar-benar penting, sehingga soal kinerja pun jadi meningkat. Sehat pikiran, sehat raga.

Jika kamu merasa kewalahan menjalani rutinitas setiap hari, dan sering terlalu khawatir akan segala sesuatunya, saya bisa memahami yang kamu rasakan. Saya pernah mengalami situasi serupa. Saya bekerja terlalu keras, kurang istirahat, serakah dan boros. Sehingga saya telah menghabiskan banyak waktu percuma, sia-sia, hanya untuk menjadi lelah, stres, menderita dan sakit. Saya selalu merasa, untuk bahagia, berarti saya harus mempunyai keinginan lebih, lebih dan lebih lagi. Saya selalu butuh lebih banyak lagi supaya saya bahagia. Hingga tak berkesudahan, tak ada ujungnya.

Akhirnya, saya memilih untuk mengubah arah perjalanan hidup saya …

Sekarang, mungkin kamu ingin tahu mengenai diri saya. Tak kenal, maka tak sayang, sehingga izinkan saya memperkenalkan diri.

Nama saya, Adjie Santosoputro. Sering dipanggil, Adjie.

Saya adalah lulusan Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada dengan predikat cumlaude.

Sejak 2012, saya tinggal di Jakarta. Mulai menulis blog sejak Maret 2012. Senang menulis dan membaca serta belajar hidup, sesederhana hidup itu sendiri apa adanya.

Saya adalah praktisi mindfulness.

Sederhananya, mindfulness adalah melatih pikiran agar sadar penuh hadir utuh di sini-kini. Tubuh di sini, pikiran juga beristirahat di sini. Bukan tubuh di saat ini, tapi pikiran melamun ke masa lalu maupun mengembara ke masa depan.

Sejak 2010 sampai sekarang, sering diundang dan diminta berbagi mengenai “mindfulness” melalui pelatihan, seminar, konsultasi kepada orang-orang yang merasa membutuhkan solusi untuk meningkatkan fokus dan produktivitas kerja, menciptakan hidup bahagia dan tenang, cara mengelola stres, cerdas emosi serta hubungan damai dengan sesama.

Telah berbagi mengenai “mindfulness” kepada banyak perusahaan ternama, sebagian di antaranya adalah: BCA, Wijaya Karya, Jiwasraya, Kompas, Chevrolet, Adaro Indonesia, Sucofindo dan masih banyak lagi. Termasuk Prasetiya Mulya Business School, Universitas Gajah Mada dan Institut Teknologi Bandung.

Saya adalah finalis Wirausaha Muda Mandiri 2010.

Menjadi penggagas dari SukhaCitta, yaitu perusahaan yang mengelola sesi pelatihan, seminar, dan konsultasi yang berkaitan dengan hidup bahagia, menyembuhkan luka batin, dan termasuk bahagia dalam bekerja berkarya, melalui pendekatan “mindfulness”. Buat saya, SukhaCitta adalah perjalanan bersama dalam berbagi kebahagiaan dan anugerah dalam berkarya.

Saya adalah penulis buku national best seller berjudul Sejenak Hening dan Sadar Penuh Hadir Utuh.

Di luar perkiraan saya, karena itu semua, saya diundang di stasiun TV-stasiun TV nasional, di antaranya adalah Metro TV (Kick Andy) dan SCTV (Liputan6).

Dan saya juga diundang Bapak Presiden Jokowi, untuk bertemu dan mendengarkan pesannya langsung perihal pengembangan mental manusia Indonesia.

Setelah diberi kesempatan sedemikian rupa, saya merasa lebih nyaman memperkenalkan diri saya sebagai seseorang yang biasa-biasa saja, sebagai seorang teman seperjalanan masuk ke dalam diri kita masing-masing.

I don’t pretend I’m more than I am. I’m just a regular guy and learning on being nothing.

Perjalanan belajar bahagia adalah perjalanan bersama. Bukan hanya sebagai gelombang ombak yang berlalu begitu saja, tapi sebagai samudera yang selalu ada, asalkan kita mampu bergandengan tangan, berjalan beriringan.

Selamat menikmati tulisan-tulisan saya di sini. Semoga kamu menemukan yang kamu butuhkan untuk belajar bahagia dengan sederhana. Semoga kamu bertemu dengan dirimu sendiri, yang selama ini terus-terusan kamu cari. Anggaplah seperti di rumah sendiri …